تَعرف على واقِعة الحساب المُزيف على فيس بوك لمحافظ مدينة مالانج

Hati-hati, Akun FB Wali Kota Malang Dipalsu, Pelaku Minta Donasi

0 619

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – في حادثة غريبة، صَنع أحدهم حساب على موقف فيس بوك يَدعي فيه أنه محافظ مدينة مالانج سوتياجي، وطَلب من المواطنيين تبرعات. ولحسن الحظ، عُرف هذا الأمر سريعًا وطلب محافظ مالانج من المواطنيين أن يتجاهلونه.

طَلب الفاعل من أصدقاء سوتياجي على الفيس بوك أن يعطونه تبرعات، لإنه يريد أن يصنع أنشطة للأيتام.

قال الفاعل في رسالة أرسلها لاحد أصدقاء المحافظ على الفيس بوك: “أخطط أن أصنع فاعلية لليتامى غدًا، هل سوف تتبرع أم لا”.

وقال أيضًا أن النقود يمكن ارسالها عن طريق الحساب البنكي لامين الصندوق.

أعلن محافظ مالانج أنه عَرف بالأمر من الأخبار التي وَصلت إليه. لذلك، قام بفتح حسابه على الفيس بوك الذي نادرًا ما يفتحه. وتأكد من أن الفاعل قام بعمل حساب آخر مشابه لحسابه.

قال محافظ مالانج، اليوم الثلاثاء (16/04/2019): “أطلب من المواطنيين أن يتجاهلوا هذا الأمر”.

وأكد على ضرورة عدم تصديق هذا المُدعي الذي صَنع حساب باسمه على الفيس بوك.

قال: “لا تصدقه، ولا تتردد في أن تُبلغ الشرطة لإنه حساب مزيف”.

عبر سوتياجي عن رأيه في هذا الأمر، وقال أن تلك ليس هي المرة الأولى وأن الأمر مشهور، ولكن يوجد بعض المواطنيين خُدعوا أيضًا.

قال ستوياجي: “قابلنا أمور مثل تِلك مرات عدة، وهو أمر معروف. ومع ذلك، خُدع بعض المواطنيين. هذا ليس أنا لإن حسابي على الفيس بوك غير مُفعل منذ فترة طويلة”.

توصلت حكومة مدينة مالانج مع الشرطة الإندونيسية حتى يتمكنوا من القبض على الفاعل ومعرفه هويته ومحاسبته.

 

 

المترجم : محمد علي | المصدر: وكالة نيوز ديتيك الإخبارية


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Akun Facebook milik Wali Kota Malang Sutiaji dipalsu orang tak bertanggung jawab. Atas nama Sutiaji pelaku menyebar permintaan donasi kepada publik. Beruntung, ulah pelaku segera diketahui dan imbauan untuk mengabaikan diserukan langsung oleh Sutiaji.

Dalam modusnya, pelaku menyebar permintaan donasi untuk kegiatan anak yatim dengan mengirim pesan kepada kolega Sutiaji yang berteman dengan akun Facebooknya.

“Aku besok pagi mau adakan acara berikan bantuan santunan ke anak” panti. Bagaimana ada niat mau bantu menyumbang buat mereka juga tidak,” tulis pelaku melalui FB mesangger.

Pelaku turut menyampaikan donasi bisa dikirim melalui nomor rekening bendahara kegiatan. “Ini aku berikan no rek bendahara penggalangan dana njih,” tulis pelaku kembali.

Wali Kota Malang Sutiaji mengaku, awal mengetahui akun facebook-nya di duplikat pelaku dari banyaknya informasi yang dia terima hari ini. Mendengar kabar itu, dia kemudian mengecek akun facebook yang sudah lama di-nonaktifkan itu.

“Saya mengetahui pertama, dari banyaknya informasi dan melakukan konfirmasi langsung kepada saya. Karena itu bukan saya, maka saya minta untuk mengabaikan,” ujar Sutiaji, Selasa (16/4/2019).

Dia berharap masyarakat untuk berhati-hati dan tidak langsung mempercayai pelaku yang menduplikat akun facebook-nya itu.

“Jangan dipercayai dan jangan segan serta takut untuk melaporkan. Karena itu akun palsu,” tandasnya.

Menurut Sutiaji, modus pelaku dengan menduplikat akun facebook seseorang memang banyak dijumpai. Tetapi, masih saja ada masyarakat yang terperdaya.

“Modus modus seperti ini sering kita temui, dan cenderung masih saja ada yang terperdaya. Jangan sampai ini terjadi lagi, karena itu palsu, bukan dari saya, karena akun facebook saya sudah non aktif sejak lama,” kata Sutiaji.

Pemkot Malang sendiri telah berkoordinasi dengan kepolisian untuk melacak akun palsu yang menduplikat facebook milik Sutiaji. Diharapkan, identitas pelaku bisa terungkap dan bisa diamankan untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.

Penerjemah: Mohamed Ali | Sumber: news.detik.com

تعليقات
Loading...