جاكرتا تريد من جزر ألف لتكون “الشرفة الأمامية”

DKI ingin Kepulauan Seribu jadi "beranda depan"

0 613

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – تعتزم حكومة جاكرتا لتحسين البنية التحتية للكهرباء وجلب الطاقة الجديدة المتجددة في جزر ألف لتلبية احتياجات المواطنين ودعم تنمية السياحة في محاولة لجعل المنطقة والمحافظات “الشرفة الأمامية”، وليست “الفناء الخلفي”.

قد يهمك: يوم دون ظل في بونتياناك

وقال نائب حاكم جاكرتا ساندياغا أونو في جاكرتا ، الثلاثاء ، “سوف نتعاون مع إحدى المؤسسات الإقليمية المملوكة لجاكرتا، وهي شركة جاكبرو أوتليتاس في إعداد احتياجات الكهرباء لتلبية احتياجات الناس ومناطق سياحية في جزر ألف”. قال ذلك نائب حاكم جاكرتا ساندياغا أونو في جاكرتا، الثلاثاء، عند تقديم التوجيهات في منتدى مجموعة مناقشة شركة جاكرتا أوتيلتاس برابرتيندو بشأن مشروع احتياجات الكهرباء في جزر ألف.

قد يهمك: السعودية تعدم عامل إندونيسي

وأضاف :”نريد أن تتقدم جزر ألف مثل المناطق الأخرى في منطقة جاكرتا، لأن جزر ألف لم يعد الفناء الخلفي، ولكن الشرفة الأمامية لحكومة جاكرتا”.

وأوضح أن في جزر ألف 75 كيلومترا من سلك الكهرباء داخل البحر ولكن هذا لا يكفي لدعم تلبية احتياجات الكهرباء بالإضافة إلى أن استخدامه لم يكن مثاليا بعد.

قد يهمك: حكومة مدينة باندونج قامت بتوزيع 1000 موقع ويب مجاني لرجال الأعمال

وقال إن جزر الألف جزر تضم 105 جزر، إلا أن 16 جزيرة تعمل بالطاقة الكهربائية. وسكان جزيرة سيبيرا هؤلاءِ الذين لم يتمكنوا من استخدام الطاقة لمدة 24 ساعة. وإنهم يستخدمون مؤقتا محطة ديزل للطاقة (PLTD).

“لذلك، في المستقبل يجب أن نكون قادرين على توفير الحلول في شكل الطاقة الجديدة المتجددة. فبهذه الطاقة، يمكن أن تصل الطاقة الكهربائية إلى أقصى منطقة في جزر الألف، وهي جزيرة سيبيرا”. قال ذلك ساندياغا.

قد يهمك: وزارة التجارة ضبطت برتقالة وتفاحة غير قانونية من الصين

وقال إن إضافة شبكات وزيادة إمدادات الكهرباء في جزر الألف، سيشجعان على زيادة الصناعات المنزلية وتحسين الخدمات التعليمية.

وقال ساندياغا أونو :”يجب أن نتذكر أيضا أن إيجاد احتياجات الكهرباء في جزر الألف هو أيضا من أجل الترحيب بالحدث الرياضي الكبير في دورة الألعاب الآسيوية لعام 2018″.

قد يهمك: عشر فوائد للكمثرى لصحة القلب

 

المترجم : أحمد شكري |المحرر : فارس البدر| المصدر: أنتارا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana memperbaiki infrastruktur listrik dan menghadirkan energi baru terbarukan di Kepulauan Seribu untuk memenuhi kebutuhan warga dan mendukung pengembangan pariwisata dalam upaya menjadikan daerah itu sebagai “beranda depan” provinsi, bukan lagi “halaman belakang”.

“Kami akan bersinergi dengan salah satu BUMD DKI, yakni PT Jakpro Utilitas dalam menyiapkan kebutuhan tenaga listrik untuk kebutuhan masyarakat dan obyek-obyek wisata di Kepulauan Seribu,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Jakarta, Selasa, saat menyampaikan pengarahan dalam Forum Group Discussion PT Jakarta Utilitas Propertindo mengenai Proyeksi Kebutuhan Listrik di Kepulauan Seribu.

“Kami ingin Kepulauan Seribu maju seperti daerah-daerah lain yang ada di wilayah Jakarta, karena Kepulauan Seribu itu bukan lagi halaman belakang, tetapi beranda terdepan Pemprov DKI Jakarta,” ia menambahkan.

Di Kepulauan Seribu, ia menjelaskan, saat ini sudah ada kabel listrik bawah laut sepanjang 75 kilometer namun itu belum cukup untuk mendukung pemenuhan kebutuhan listrik, ditambah pemanfaatannya belum optimal.

Ia mengatakan bahwa Kepulauan Seribu memiliki 105 pulau namun baru 16 pulau yang teraliri listrik. Warga Pulau Sebira termasuk yang belum bisa menikmati pasokan listrik selama 24 jam. Mereka sementara menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD).

“Oleh karena itu, kedepannya kita harus sudah bisa memberikan solusi berupa EBT. Dengan adanya EBT, maka energi listruk bisa menjangkau sampai ke wilayah Kepulauan Seribu yang paling ujung, yaitu Pulau Sebira,” tutur Sandiaga.

Penambahan jaringan dan peningkatan pasokan listrik di Kepulauan Seribu, dia mengatakan, antara lain akan mendorong peningkatan industri skala rumah tangga dan perbaikan layanan pendidikan.

“Perlu diingat pula bahwa pengadaan kebutuhan listrik di Kepulauan Seribu juga dalam rangka menyambut perhelatan event olah raga akbar Asian Games 2018,” demikian Sandiaga Uno.

Penerjemah I Ahmad Syukri I Editor: Fares alBadr I Sumber: Antara

 

 

تعليقات
Loading...