جراب تطلق خاصية جديدة تتيح للمستخدمين معرفة جداول المواصلات العامة في جاكارتا

Rute, Fitur Baru Grab yang Terintegrasi Transportasi Umum

0 637

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – إدارة تطبيق جراب تعلن عن خاصية جديدة لمستخدمين تحت اسم (روت) أو (مسار) تساعدهم في معرفة الخيارات المتاحة في المواصلات العامة عند التنقل بين جاكارتا والمناطق المحيطة بها (جاكارتا وبوجور وديبوك وبيكاسي وتانجارانج).

يمكن للمستخدمين جراب كار وجراب بايك استعمال هذه الخاصية عند ذهابهم إلى محطات القطار ومحطات الحافلات ومحطات القطار الكهربائي (MRT).

تعمل شركة جراب مع الحكومة الإندونيسية وبعض الشركات الخاصة لدعم هذه الخاصية وتحقيق هدف الحكومة لجعل 60% من حركة التنقل اليومي تكون بإستخدام المواصلات العامة بحلول عام 2030.

قال رزقي كراماديبراتا –رئيس شركة جراب- في بيان رسمي: “يستخدم الناس في رحلاتهم من وإلى وسط المدينة دراجاتهم النارية وسياراتهم الخاصة بنسبة 70% ، بالإضافة إلى أن الدراجات النارية يزداد عددها سنويًا بنسبة 8.1%”.

أوضح رزقي أن هذه الخاصية سوف تجعل التنقل بإستخدام المواصلات العامة أكثر سهولة بدلًا من استخدام السيارات والدراجات الخاصة.

قالت شركة جراب أنه في الثلاث أسابيع الأولى منذ صدور هذه الخاصية ، تم إستخدامها من قبل أكثر من 500 ألف مستخدم.

تقدم هذه الخاصية جداولًا محددة لخطوط السكك الحديدية وقطارات المطار وحافلات ترانس جاكارتا وأكثر من 50 جدول لحافلات مواعيدها ثابتة بين جاكارتا والمدن المحيطة بها ، تقول شركة جراب أن هذه الخاصية سوف تزيد من عدد مستخدمي المواصلات العامة.

حتى تتمكن من استخدام هذه الخاصية ، عليك أن تختار كلمة (مسار) أو (تخطيط الرحلة) في الصفحة الأولى في التطبيق. ثم عليك أن تُدخل موقع البدء والوجهة المراد الذهاب إليها وسوف تظهر لك الخيارات المتاحة التي يمكن أن تستخدمها.

يمكن أيضًا عرض كل الجداول المتاحة للمواصلات العامة من خلال كلمة (الطريق) بينما سوف يكون هناك كلمة (تحذير) إذا وقعت أي مشكلة في أحد هذه الخطوط.

المترجم : محمد علي | المصدر: وكالة سي إن إن الإخبارية


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Grab mengumumkan fitur baru ‘rute’ yang membantu pengguna menemukan petunjuk rute transportasi umum yang akan digunakan ketika hendak bepergian di sekitar Jabodetabek.

Fitur ini bisa digunakan oleh pengguna Grabbike dan Grabcar untuk menuju dan dari stasiun, terminal bus, dan stasiun MRT.

Perusahaan yang berstatus decacorn ini bekerja sama dengan pemerintah kota, badan pengelola transportasi publik, serta perusahaan swasta untuk menyediakan fitur ‘rute’. Kemunculan fitur ini disebut sebagai komitmen untuk mendukung visi pemerintah kota mengalihkan 60 persen mobilitas perkotaan ke angkutan publik pada 2030 mendatang.

“Saat ini di Jakarta lebih dari 70 persen perjalanan harian masyarakat dilakukan dengan menggunakan sepeda motor dan mobil pribadi saat mereka melakukan perjalanan dari dan ke pusat kota. Sementara itu, jumlah kendaraan bermotor telah meningkat sekitar 8,1 persen setiap tahunnya,” ungkap Rizki Kramadibrata, Presiden Grab Indonesia dalam keterangan resmi.

Ridzki menerangkan jika fitur ini akan memberi akses ke pilihan transportasi massal untuk penggunaan sehari-hari serta menjadi alternatif penggunaan kendaraan pribadi.

Grab mengklaim pada tiga pekan pertama sejak dirilis, hampir 500 ribu pengguna telah menjajal fitur ‘rutue’ atau ‘trip planner’.

Sebagai penghubung, fitur ‘rute’ akan menampilkan jadwal transportasi publik seperti commuterline, kereta bandara, bus TransJakarta, dan lebih dari 50 jadwal tetap bus umum di Jabodetabek. Grab mengklaim kerja sama dengan transportasi publik dapat memperluas jaringan serta mendatangkan lebih banyak penumpang.

Untuk dapat mengakses fitur ‘rute’, pengguna dapat menemukan ikon ‘rute’, atau ‘trip planning pada halaman depan aplikasi. Setelah itu, pengguna dapat memasukan lokasi awal, hingga arah tujuan, dan aplikasi akan memberikan daftar akses transportasi umum yang dapat digunakan pengguna Grabcar dan Grabbike.

Pengguna juga dapat melihat jadwal dan jalur transportasi umum melalui kolom ‘jalur’ yang ada pada fitur, sementara pada kolom ‘peringatan’, akan ditampilkan informasi  bila ada masalah yang terjadi pada salah satu jalur.

Penerjemah: Mohamed Ali | Sumber: cnnindonesia.com

تعليقات
Loading...