جوكووي: جيب جريسيك ستكون منطقة مثالية

Jokowi Sebut JIIPE Gresik Jadi Kawasan Percontohan

0 649

 

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – افتتح الرئيس جوكو ويدودو المنطقة الصناعية جافا الصناعية والميناء (JIIPE) في جريسيك، جاوى الشرقية. وتعتبر هذه المنطقة مثالية لأنها تدمج الصناعة مع مشاركة البنية التحتية الداعمة في التجارة.

وقال جوكووي: من خلال هذه المنطقة فإن الصناعة لن تكون صعبة عند الرغبة في تصدير المنتجات المنتجة من خلال الميناء. ولا يستغرق وقتا طويلا لأن من السلع المصنعة يمكن أن ترسل مباشرة إلى الموانئ حول (JIIPE).

وقال جوكوي يوم الجمعة (9/3): “لدي ثقة بأن لدينا مجالات متكاملة كهذه، ويمكننا أن نتغلب ما كنا نخشاه من الخسارة أمام ماليزيا، وأمام تايلاند، وأمام فيتنام، خاصة التصدير والاستثمار”.

ويرى أن إندونيسيا حسب البيانات الموجودة فإنها لا تزال متأخرة من حيث الصادرات مع البلدان المجاورة. وإذا استمر هذا الوضع، فسوف تكون إندونيسيا دولة تستمر في النوم ولا تنهض مثل اقتصاد الدول الأخرى.

حتى مع قطاع الاستثمار، على الرغم من تزايد استثمارات إندونيسيا كل عام، إلا أن نموها لم يعادل دولا مجاورة. ويأمل بوجود المناطق مثل (JIIPE) أن يؤدي ذلك إلى تعزيز تدفق الاستثمار ومن ثم التأثير على تجارة التصدير.

ولكن ما ينبغي تذكره هو كيف يمكن للوزارات والمؤسسات والحكومات المحلية تحسن الإجراءات حيث إنها طويلة للغاية. فالتصريح يمتد إلى بضعة أشهر أو السنة حتى إن المستثمرين يشعرون بالكسل إذ أرادوا الاستثمار في إندونيسيا

وقال :”في مارس من هذا العام سأحرك الجميع. وسيكون هناك برنامج واحد لتقديم الطلبات ، بحيث سيكون هذا البرنامج في غاية البساطة في إصدار الترخيص أو الإستئذانات. وسنغير كل شيء في لائحة الرئاسية التي أعددتها. وفي نهاية مارس ستكون جاهزة”.

المترجم : أحمد شكري | المحرر : فارس البدر | المصدر: صحيفة ريفوبليكا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara langsung meresmikan Kawasan Industri Java integrated Industrial & port estate (JIIPE) di Gresik, Jawa Timur. Kawasan ini dinilai menjadi percontohan bagus karena mengintegrasikan industri dengan berbagi infrastruktur penunjang dalam perdagangan.

Jokowi menuturkan, melalui kawasan ini maka industri tidak akan kesulitan ketika ingin mengekspor produk yang dihasilkan melalui pelabuhan. Tidak butuh waktu lama karena dari pabrik barang bisa langsung ke pelabuhan yang ada di sekitar JIIPE.

“Saya memiiki keyakinan dengan kita punya kawasan-kawasan terintegrasi seperti ini, kita bisa mengalahkan yang tadi kita khawatir kalah seperti dengan Malaysia, kalah dengan Thailand, kalah dengan Vietnam, terutama untuk ekspor dan investasi,” ujar Jokowi, Jumat (9/3).

Menurutnya, Indonesia berdasatkan data yang ada memang masih kalah dalam hal ekspor dengan negara tetangga. Jika hal ini terus dibiarkan maka Indonesia akan jadi negara yang terus tertidur dan tidak bangkit untuk mengalahkan perekonomian negara lain.

Pun dengan sektor investasi, meski investasi Indonesia tiap tahun meningkat tapi pertumbuhannya masih belum setara dengan negara tetangga. Dia berharap dengan adanya kawasan seperti JIIPE bisa memperkuat masuknya arus investasi dan kemudian berdampak pada perdagangan ekspor.

Namun yang perlu diingatkan kembali adalah bagaimana Kementerian dan Lembaga serta pemerintah daerah bisa memperbaiki tata cara perizinan yang terlalu lama. Jangan sampai perizinan itu dibiarkan berbulan-bulan bajkan bertahun-tahun sehingga investor malas ketika ingin berinvestasi di Indonesia

“Maret ini akan saya obrak-abrik semuanya. Akan ada program single submission, dengan ini semua akam sangat sederhana dalam perizinan.Kita akan rombak semuanya dalam sebuah Perpres yang sudah saya siapkan. Nanti akhir bulan Maret biar matang,” ujarnya.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: ROL

 

تعليقات
Loading...