إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

جوكوي: ترامب شخصية محرجة، مزعجة، وعصبية

Jokowi: Trump Mengejutkan, Menjengkelkan, Mendongkolkan

0 344

 

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – من المقرر أن تعقد منظمة التعاون الإسلامية (OKI) اجتماعها في اسطنبول بتركيا الأسبوع المقبل، 13 ديسمبر 2017. وستجتمع جميع الدول الاعضاء في المنظمة. وقد أكد الرئيس جوكو ويدودو (جوكوي) على حضوره في هذا الاجتماع.

وقال جوكوي في افتتاح سيلاتناس لدى رابطة المثقفين الاندونسيا (ICMI) في القصر الرئاسي يوم الجمعة (8/12) ” انه فى اليومين الماضيين قد أجرى عدة اتصالات مع عدد من قادة منظمة المؤتمر الاسلامى. ومؤخرا تحدث جوكوي مع أمير قطر الشيخ تميم، للتأكد من حضور الاجتماع. فالحمد لله يبدو أن الجميع سيحضرون”

واضاف أن حضور جميع أعضاء منظمة المؤتمر الاسلامى سيظهر ان الدول الإسلامية كلها تقدم دعما كاملا للشعب والحكومة الفلسطينية. ولن يتغير هذا الدعم بأي حال من الأحوال ، بما في ذلك ظهور بيان الرئيس الأمريكي دونالد ترامب الذي يدعم القدس عاصمة لإسرائيل.

وأردف سعادته قائلا: “لقد حاولت أن أتصل الرئيس محمود عباس، رئيس فلسطين، ولم ينجح بسبب سوء الشبكة وربما في وقت لاحق سنتصل به مرة أخرى”.

ولقد أبدى جوكوي امتعاضه بشأن تصرفات ترامب خاصة مع بيانه الأخير. لأنه بالتأكيد سيهز الاستقرار الأمن العالمي. وهذه القضية هي أيضا ما يلاحظه الآن كثير من مسؤولي الدول في العالم.

وكان الرئيس جوكو ويدودو (جوكوي) يشعر بالامتعاض والانزعاج من موقف رئيس الولايات المتحدة دونالد ترامب. وأدهشه جدا لأن ترامب أدلى مرة أخرى ببيان مذهل يتعلق بمدينة القدس.

هذا و في وقت سابق، كان جوكوي أيضا لم يوافق على موقف ترامب بشأن التوترات بين الولايات المتحدة وكوريا الشمالية. ولم تنته هذه المشكلة حتى عاد ترامب بصنع مشكلة أخرى. وقال سعادته: “نحن نتوقع من موقف كوريا الشمالية تجاه ترامب، ولكن أدهشنا بمشكلة أخرى وهو اعتراف حكومة الولايات المتحدة بالقدس عاصمة لإسرائيل، وهذا هو في الحقيقة في منتهي الاحراج والازعاج “.

المترجم : هان هان علوم الدين | المحرر: فارس البدر | المصدر: صحيفة ريفوبليكا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Seluruh negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) akan melakukan pertemuan di Istanbul, Turki. Pertemuan ini direncakan pekan depan, 13 Desember 2017. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun memastikan akan hadir dalam acara ini.

Jokowi mengatakan, dalam dua hari ini dia semakin sering menghubungi para petinggi negara OKI. Terakhir tadi malam Jokowi telah berbincang dengan Emir Qatar, Syekh Tamim, untuk memastikan bisa hadir dalam pertemuan tersebut. “Alhamdulillah kelihatannya semua bisa hadir. Saya sendiri juga akan hadir,” kata Jokowi dalam pembukaan Silaknas ICMI di Istana Kepresidenan, Jumat (8/12).

Menurutnya, kehadiran seluruh anggota OKI akan menunjukan bahwa negara-negara yang mayoritas berpenduduk Muslim memberikan dukungan total untuk rakyat dan pemerintah Palestina. Dukungan ini tidak akan berubah apapun alasannya, termasuk dengan adanya pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mendukung Yerusalem menjadi ibu kota Israel.

“Ini tadi siang saya telepon ke Presiden Mahmoud Abbas, Presiden Palestina. Tapi apa ininya enggak tahu, beliau ada di mana sambungannya kurang (bagus), jadi kami undur. Mungkin nanti malam saya coba lagi,” ujarnya.

Jokowi sangat kesal dengan prilaku Trump khususnya dengan pernyataan yang terbaru. Sebab, hal ini sudah pasti akan mengguncang stabilitas keamanan dunia. Persoalan ini pulalah yang sekarang sangat dicermati banyak petinggi negara di dunia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) merasa jengkel dan dongkol dengan sikap Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Jokowi sangat terkejut karena Trump kembali membuat pernyataan yang mengagetkan terkait dengan Kota Yerusalem.

Sebelumnya, Jokowi juga tidak senang dengan sikap Trump mengenai ketegangan AS dan Korea Utara. Belum selesai mengenai konflik tersebut, Trump justru kembali berulah. “Kita sedang mengantisipasi sikap Korea Utara, eh ternyata dikejutkan oleh sikap yang satunya lagi. Pemerintah Amerika Serikat yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Ini sungguh mengejutkan, menjengkelkan, mendongkolkan,” ujar Joko Widod

Penerjemah: Han Han Ulumuddin | Editor: Fares albadr | Sumber: ROL

 

تعليقات
Loading...
Click Me