إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

جوكوي سيزور بابوا في أول سبتمبر

Jokowi Kunjungi Papua Awal September

79

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – الرئيس جوكو ويدودو يقول أنه سوف يقوم بزيارة جايابورا في بابوا في بداية سبتمبر 2019. لتكون الزيارة هي الأولى بعد الأحداث التي سورابايا و مالانج بجاوا الشرقية، و التي أدت إلى ارتفاع سخونة الوضع في بابوا و بابوا الغربية.

قال جوكوي عقب تفقده لأحواض الملح في نونغكوسير: “لقد رتبنا للأمر مؤخرًا، لتكون الزيارة في إطار افتتاح حسر هولتيكامب. ربما يكون ذلك في بداية الشهر المقبل”. الأربعاء 21/8.

أكد جوكوي على أنه يراقب تطورات الأوضاع في بابوا و بابوا الغربية. وقد اتصل جوكوي صباح اليوم بمحافظ بابوا الغربية، دومينجوس مانداتشان، للاطمئنان على الوضه الحالي هناك. قال جوكوي بأن المحافظ أكد على أن الوضع في مانوكواري، و سورونج، و فاكفاك يسير إلى الهدوء.

قال جوكوي: “أتابع الوضع باستمرار، صباح اليوم اتصلت بالمحافظ مانداتشان في بابوا الغربية لأجل السؤال عن الأوضاع في مانوكوارو، و سورونج، و فاكفاك، والأوضاع الآن أفضل”.

بالأمس 20/8 تم جمع عدد من المنظمات الشبابية، التي كانت قد هاجمت السكن الجامعى الخاص بطلاب بابوا، في مقر شرطة جاوا الشرقية في مدينة سورابايا، و قد قام ممثلوا تلك المنظمات بالاعتذار عما بدر منهم مما قد يتسبب في إغضاب أهل بابوا.

المنظمات التي حضرت في مقر الشرطة بالأمس هم ثلاث منظمات، الأولى هي جبهة المدافعين عن الإسلام، و الثانية هي منتدى تواصل أبناء و بنات القوات المسلحة و الشرطة المتقاعدين، و المنظمة الثالثة هي شباب البنشاسيلا.

 

 

المترجم : مؤمن السيفي | المصدر: ريبوبليكا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan akan melakukan kunjungan kerja ke Jayapura, Papua, pada awal September 2019 mendatang. Bila terlaksana, maka kunjungan nanti adalah yang pertama kali dilakukan pascainsiden di Surabaya dan Malang, Jawa Timur yang berujung memanasnya situasi di Papua dan Papua Barat.

“Baru kita atur tetapi dalam rangka meresmikan Jembatan Holtekamp. Mungkin awal-awal bulan depan,” ujar Presiden usai meninjau tambak garam di Nunkusir, Kabupaten Kupang, Rabu (21/8).

Jokowi juga menegaskan terus memantau perkembangan situasi di Papua dan Papua Barat. Bahkan pagi ini, Jokowi sudah menghubungi Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan terkait kondisi terkini di sana. Informasi yang didapat dari Gubernur Papua Barat, ujar Jokowi, situasi di Manokwari, Sorong, dan Fakfak semakin kondusif.

“Dan juga, saya ikuti terus kok ya. Tadi pagi saya telepon Pak Gubernur Mandacan di Papua Barat untuk tanyakan mengenai Manokwari seperti apa sudah baik, Sorong seperti apa sudah baik. Di Fakfak juga mulai terkondisikan baik semuanya,” kata Presiden.

Kemarin (20/8), sejumlah organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) yang menggeruduk asrama mahasiswa Papua di Surabaya beberapa waktu lalu, dikumpulkan di Mapolda Jatim Surabaya. Dalam kesempatan itu, mereka meminta maaf jika ada tindakan yang memicu kemarahan warga Papua.

Tiga OKP yang mendatangi Polda Jatim itu adalah Front Pembela Islam (FPI), Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI/Polri Indonesia (FKPPI), dan Pemuda Pancasila (PP).

Translated by: Momen Alsayfi | Source: REPUBLIKA

(79)

تعليقات
Loading...
Click Me