جوكوي على إندونيسيا انتهاز فرص الثورة الصناعية

Jokowi Ingin Indonesia Manfaatkan Peluang Revolusi Industri

0 787

جاكرتا، إندونيسيا اليوم- أكد الرئيس جوكو ويدودو (جوكووى) على ضرورة أن تتمكن الحكومة والمجتمع من الاستفادة من مختلف الفرص في عصر العولمة والثورة الصناعية اليوم، مع سرعة التغير في عصر العولمة، فإن المنافسة بين البلدان باتت أمرا لا مفر منه وأصبحت أكثر تشددا.

إن تطوير التكنولوجيا يؤثر جدا في التطور البشري وكذلك في توزيع السلع. وكذا مع تطور النظام الرأسمالي والمعلوماتي الذي ينمو بسرعة فائقة.

ولذلك، ذكر الرئيس رؤساء الجامعات بأن عالم التعليم لابد من مشاركته في تغيير الثورة الصناعية  4.0 حاليا. ويرى أن تطوير الرقمنة، والقدرة الحاسوبية وتحليل البيانات أيضا خلقت تطورات جديدة في مختلف المجالات.

“حتى إنه الذي يغير حضارتنا وهو الذي يغير المشهد الاقتصادي العالمي، والوطني، والإقليمي فضلا عن المناظر الطبيعية من السياسة العالمية والوطنية والإقليمية.كل شيء سيتغير”، ذكره جوكووي عند فتح اتفاقية الحرم الجامعي XIV جمع XX السنوي الأندونيسي في منتدى عمداء 2018 في بناء بارودا أندي بانجران باتاراني، جامعة حسن الدين، مكسار.

على الرغم من وجود الثورة الصناعية 4.0 إلا أنها تحمل بعض الآثار السلبية، فمثلها كمثل الأخبار الكاذبة من خلال وسائل الاعلام الاجتماعية وتحول نموذج عالم الأعمال مما أدى إلى إهمال عدد من الوظائف ولم يلتفت إليها، ولكن الثورة الصناعية كان لها تأثير إيجابي أيضا.

“ولكن هناك أيضا العديد من الفرص الإيجابية التي يمكننا استخدامها للفوز إذا استطعنا الاستفادة من هذه الفرص”. قال جوكووي، المنقول من البث الرسمي للقصر يوم الجمعة (16/2).

وأشار إلى وجود التكنولوجيا السيبرانية المادية التي تتميز بظهور المركبات المستقلة والسيارات من غير السائق والتكنولوجيا ذات الأبعاد الثلاثية التي يمكن أن تسهل وصول السلع بطريقة سريعة ورخيصة، والتكنولوجيا الروبوتية المتقدمة التي يمكن أن تأخذ دور البشر.

وكذا مع تطور الإنترنت من الأشياء، والبيانات الكبيرة، إنتليجانس الاصطناعي والواقع الافتراضي في هذا العصر وظهور كريبتوكيرنسي وهي العملة التي لا تتعامل مع البنوك المركزية، التي كثيرا ما يحدث بسببها التنازع بين الناس.

ليس ذلك فحسب، وهناك أيضا تطوير التكنولوجيا الحيوية في هذا العصر. مثل استخدام قوة الحوسبة في علم الأعصاب، وتحرير الحمض النووي التكنولوجي لتطوير العلاج لكل شخص على أساس الحمض النووي. أيضا عن التكنولوجيا الحيوية للزراعة الحديثة مثل الزراعة متعددة الطبقات الحضرية التي يمكن أن تضاعف الإنتاجات دون الحاجة إلى أرض إضافية.

كما طلب جوكووى أن تستخدم الفرص في تطوير الثورة الصناعية لرفاهية وتقدم الامة. وقال الرئيس :”إننا نستفيد من العلوم والتكنولوجيا من أجل تعزيز طابع وطننا والقضاء على الفقر والحد من عدم المساواة وخلق فرص العمل وتطوير رواد الأعمال الجدد وخدمة جميع المواطنين بعدالة في جميع أنحاء البلاد.”

المترجم: أحمد شكري | المحرر: فارس البدر | المصدر: صحيفة ريفوبليكا

 Jakarta, Indonesiaalyoum.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pemerintah dan masyarakat harus mampu memanfaatkan berbagai peluang di era globalisasi dan revolusi industri saat ini. Dengan perubahan yang sangat cepat di era globalisasi ini, kompetisi antarnegara semakin tak terhindarkan dan semakin ketat.

Perkembangan teknologi pun sangat berpengaruh terhadap mobilitas manusia dan juga distribusi barang. Begitu juga dengan lalu lintas modal dan juga informasi yang semakin cepat berkembang.

Karena itu, Presiden mengingatkan kepada para rektor perguruan tinggi agar dunia pendidikan juga turut mengantisipasi perubahan revolusi industri 4.0 yang sedang berlangsung saat ini. Menurut dia, perkembangan digitalisasi, computing power dan data analytic juga telah menciptakan terobosan baru di berbagai bidang.

“Bahkan mendisrupsi peradaban kita. Yang mengubah lanskap ekonomi global, nasional, dan daerah serta laskap politik global, nasional dan daerah. Lanskap interaksi global, nasional, dan daerah. Semuanya akan berubah,” kata Jokowi saat membuka Konvensi Kampus XIV dan Temu Tahunan XX Forum Rektor Indonesia 2018 di Gedung Baruga Andi Pangeran Pettarani, Universitas Hasanuddin, Kota Makassar.

Meskipun revolusi industri 4.0 turut membawa beberapa dampak negatif seperti halnya sebaran hoax melalui media sosial serta pergeseran model dunia usaha yang mengakibatkan sejumlah pekerjaan tak lagi dibutuhkan, namun revolusi industri juga memberikan dampak positif.

“Namun juga banyak kesempatan positif yang bisa kita pakai untuk menjadikan sebagai pemenang. Apabila kita bisa memanfaatkan peluang-peluang ini,” sambung Jokowi, dikutip dari siaran resmi Istana, Jumat (16/2).

Ia mencontohkan adanya teknologi Cyber-Physical yang ditandai dengan munculnya Autonomous Vehicle, mobil tanpa awak serta teknologi Three-D-Printing yang bisa membuat barang secara sempurna dengan cara yang cepat dan murah, dan juga teknologi Advanced Robotic yang dapat mengambil alih peran manusia.

Begitu juga dengan perkembangan internet-of-things, big data, artificial intellegence dan virtual reality di era ini serta munculnya cryptocurrency yaitu mata uang yang tanpa bank sentral, yang saat ini sedang diperebutkan banyak orang.

Tak hanya itu, terdapat pula perkembangan bio-teknologi di era ini. Seperti penggunaan computing powerdalam ilmu syaraf, Teknologi Edit-DNA untuk mengembangkan pengobatan spesifik orang per orang berdasarkan DNA-nya. Serta Bio-teknologi untuk pertanian modern seperti multi-layer-urban-farming yang bisa meningkatkan produksi berlipat ganda tanpa butuh tambahan lahan.

Jokowi pun meminta agar peluang dari perkembangan revolusi industri tersebut dimanfaatkan untuk kesejahteraan dan kemajuan bangsa. “Kita manfaatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk memperkokoh karakter bangsa kita, memberantas kemiskinan, mengurangi ketimpangan, menciptakan peluang kerja, mengembangkan wirausaha-wirausaha baru serta untuk melayani semua warga negara secara berkeadilan di seluruh Tanah Air,” ujar Presiden

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: ROL

 

تعليقات
Loading...