إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

جوكوي لا يسأم من طلب الاستثمار والتصدير بصورة قوية مستمرة

Jokowi tak Bosan Minta Investasi dan Ekspor Terus Digenjot

- الإعلانات -

0 97

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – الرئيس جوكو ويدودو كأن لم يمل وأوصل رغبته في أن جميع الوزارات والمؤسسات (K / L) يمكن أن تشجع النمو الاقتصادي من حيث الاستثمار والتصدير. لأن هذين القطاعين يعتبران مفتاحا في قيادة عجلات الاقتصاد الإندونيسي.

وقال جوكو ويدودو(جوكوي): إنه لتحسين هذين القطاعين، يجب أن تكون إندونيسيا قادرة على تحسين المناخ للاستثمار وسهولة محاولة البدء فيه من مستوى الحكومة المركزية إلى الحكومة المحلية. ولا سيما سهولة العمل وهذا ما ينتظره رجال الأعمال.

“نحن على وشك التأخر عن البلدان الأخرى التي تفعل أيضا نفس الشيء مثلنا، إذا تأخرنا، فإنهم سيتركوننا، وسوف ينتقل الاستثمار إلى البلدان التي توفر مناخ أفضل، في حين أننا بحاجة إلى وظائف جديدة، للتغلب على البطالة الموجودة”. قاله جوكوي في الجلسة العامة يوم الاثنين (12/2).

وبالإضافة إلى الاستثمارات، ذكر جوكوى أيضا أن قطاع التصدير له مساهمة كبيرة في إجمالية الناتج المحلي بنسبة 20.37%. ولا يزال هذا الرقم صغيرا وينبغي إعادة تعريفه بإحراز نجاحات جديدة، مما يؤدي إلى تسريع الحواجز بالنسبة للمصدرين.

ومن ناحية أخرى، يطلب رئيس منطقة سولو السابق أن تشارك الجهات الفاعلة في الأعمال التجارية والشركات المملوكة للدولة أيضا في العمل على أسواق التصدير غير التقليدية. وقد أوعز جوكوي لوزارة الخارجية بعقد معارض في دول غير تقليدية مثل باكستان وبنغلاديش وبلدان أخرى في القارة الأفريقية ذات نمو اقتصادي مرتفع.

وقال جوكووى :”إن السفراء والقناصل العامين والمرفقات التجارية يجب أن يعززوا الدبلوماسية ويقودوا الترقيات وفرص الاستثمار ويجب أن يكونوا حريصين على رؤية فرص التصدير من بلادنا”.

وأوضح أن النمو الاقتصادي الإندونيسي في الربع الرابع كان قادرا على النمو بنسبة 5.19 % . في ظل التقدم الاقتصادي في عام 2018 الذي سيتم تمديده ويعتقد جوكوي أن التحسين الاقتصادي الذي يتماشى مع توسعة مجال التصدير سيكون مرتفعا.

وكذا نرجو أن يتحسن الاستهلاك الأسري أكثر مع وجود برنامج النقد النقدي الذي تم تنفيذه في بعض المجالات. وحتى الآن، بدأت بعض الوزارات في إدارتها مثل وزارة الأشغال العامة والإسكان العام في جمهورية إندونيسيا (PUPR). ومن المأمول أن تدير الوزارات والمؤسسات برامج مماثلة بحيث يمكن زيادة استهلاك الأسر المعيشية بالتساوي.

المترجم : أحمد شكري | المحرر: فارس البدر | المصدر: صحيفة ريفوبليكا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com — Presiden Joko Widodo seakan tak bosan menyampaikan keinginannya agar seluruh Kementerian dan Lembaga (K/L) bisa mendorong pertumbuhan ekonomi dari segi investasi dan ekspor. Sebab dua sektor ini dinilai bisa menjadi kunci dalam menggerakan roda perekonomian Indonesia.

Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, untuk meningkatkan dua sektor ini maka Indonesia harus bisa memperbaiki iklim kemudahan berusaha berinvestasi mulai dari tingkat pemerintah pusat hingga ke pemerintah daerah. Terlebih kemudahan berusaha ini sudah lama ditunggu oleh para pelaku usaha.

“Kita sedang adu kecepatan dengan negara lain yang juga melakukan langkah hampir sama dengan kita. Jika kita terlambat artinya kita ditinggal. Dan investasi akan beralih ke negara-negara yang menawarkan iklim yang lebih baik. Padahal kita membutuhkan tambahan lapangan pekerjaan baru, untuk mengatasi pengangguran yang ada,” ujar Jokowi dalam rapat paripurna, Senin (12/2).

Selain invetasi, Jokowi juga mengingatkan bahwa sektor ekspor memiliki kontribusi yang besar terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 20,37 persen. Angka ini masih kecil dan harus ditinggatkan kembali dengan berbagai terobosan baru, salah satunya percepatan hambatan bagi para eksportir.

Di sisi lain, mantan Walikota Solo ini meminta agar pelaku usaha dan BUMN juga dilibatkan dalam menggarap pasar ekspor nontradisional. Jokowi sudah mengintruksikan kepada Kementerian Luar Negeri agar bisa menggelar pameran di negara nontradisional berpenduduk besar seperti Pakistan, Bangladesh, dan sejumlah negara lain di Benua Afrika dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi.

“Para duta besar, Konjen, Atase Perdagangan juga harus memperkuat diplomasi. Mereka menjadi ujung tombak promosi, peluang investasi, dan harus jeli melihat peluang ekspor dari negara kita,” ujar Jokowi.

Dia menjelaskan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan IV mampu tumbuh mencapi 5,19 persen. Dengan bayangan trand ekonomi pada 2018 yang akan menggeliat maka Jokowi yakin perbaikan ekonomi dibarengi dengan perluasan ekspor bisa ikut naik.

Begitu pula dengan konsumsi rumah tangga diharap makin membaik sejalan dengan program padat karya tunai yang telah digulirkan di sejumlah daerah. Sejauh ini beberapa Kementerian sudah mulai menjalankannya seperti PUPR dan Kementerian Desa. Diharap program serupa bisa dijalankan Kementerian dan Lembaga lai sehingga konsumsi rumah tangga bisa merata kenaikannya.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber:  ROL

 

(9)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

تعليقات
Loading...
Click Me