اندونيسيا تقدم 6 اقتراحات لمنظمة التعاون الإسلامي ضد قرار ترامب

Tolak Trump, Jokowi Sampaikan 6 Usulan ke Negara OKI

0 533

 

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – قدم الرئيس جوكو ويدودو (جوكوى) 6 اقتراحات فى القمة الاستثنائية لمؤتمر منظمة التعاون الاسلامى فى اسطنبول بتركيا لمناقشة قضية فلسطين.

وهذا الاقتراح قدمه جوكووى تعبيرا عن رفضه الشديد لرئيس الولايات المتحدة دونالد ترامب الذى يعترف القدس عاصمة لاسرائيل.

وقال جوكووي في قاعة روملي لطفي كيدار للمؤتمرات والمعارض الدولية (ICEC)، اسطنبول، تركيا، الأربعاء (13/12/2017) “أولا، يجب على منظمة المؤتمر الإسلامي ترفض بشدة وصراحة هذا الاعتراف وتقسيم الدولتين هو الحل الوحيد مع القدس الشرقية عاصمة لفلسطين”،.

ثانيا: يدعو جوكوي جميع الدول التي لديها سفارة في تل أبيب، إسرائيل، إلى عدم اتباع قرار الولايات المتحدة عن نقل سفارتها إلى القدس.

“ثالثا: أن تصبح الدول في منظمة المؤتمر الاسلامى محركا للدول الأخرى التي لم تعترف باستقلال الفلسطينيين حتى الآن، أن تعرف بها، وعلى الفور”.

“رابعا: على الدول الأعضاء في منظمة المؤتمر الإسلامي التي لها علاقات خارجية مع إسرائيل أن يتخذوا خطوات دبلوماسية بما فى ذلك امكانية مراجعة العلاقات مع اسرائيل وفقا لقرارات منظمة المؤتمر الاسلامى المختلفة”.

“خامسا: على الدول الاعضاء في منظمة المؤتمر الاسلامي أن يتخذوا خطوات مشتركة لزيادة المساعدات الانسانية وزيادة الامكانيات والتعاون الاقتصادي للفلسطينيين”.

وأخيرا: يأمل جوكوي أن تكون منظمة المؤتمر الإسلامي قادرة على أن تصبح محركا في مختلف المناسبة الدولية ومتعددة الأطراف.

المترجم : هان هان علوم الدين | المحرر: فارس البدر | المصدر : ديتيك

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan usulan dalam KTT Luar Biasa negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Istanbul, Turki yang membahas soal Palestina. Ada enam usulan yang disampaikan Jokowi.

Usulan tersebut disampaikan Jokowi sebagai sikap penolakan keras untuk Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

“Pertama, OKI harus secara tegas menolak pengakuan unilateral tersebut. Two-state solution adalah satu-satunya solusi dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kota Palestina,” kata Jokowi di Rumeli Hall Lutfi Kidar International Convention and Exhibiton Center (ICEC), Istanbul, Turki, Rabu (13/12/2017).

Kedua, Jokowi mengajak semua negara yang memiliki Kedutaan Besar di Tel Aviv, Israel, untuk tidak mengikuti keputusan Amerika Serikat memindahkan kedutaan mereka ke Yerusalem.

“Ketiga, negara OKI dapat menjadi motor untuk menggerakkan dukungan negara yang belum mengakui kemerdekaan Palestina, untuk segera melakukannya,” kata Jokowi.

Keempat, lanjut Jokowi, bagi negara anggota OKI yang memiliki hubungan dengan Israel agar mengambil langkah-langkah diplomatik. “Termasuk kemungkinan meninjau kembali hubungan dengan Israel sesuai dengan berbagai Resolusi OKI,” kata Jokowi.

“Kelima, anggota OKI harus ambil langkah bersama tingkatkan bantuan kemanusiaan, peningkatkan kapasitas dan kerja sama ekonomi kepada Palestina,” katanya.

Terakhir, Jokowi berharap OKI harus mampu menjadi motor bagi gerakan di berbagai forum internasional dan multilateral.

Penerjemah: Han Han Ulumuddin | Editor: Fares albadr | Sumber: Detik.com

 

تعليقات
Loading...