إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

جولة حديقة الشاي كولون بروكو تجهز الطهي القائم على الشاي

Wisata Kebun Teh Kulonprogo Siapkan Kuliner Berbasis Teh

0 297

جاكرتا، إندونيسيا اليوم–  قسم الزراعة والغذاء في كولون بروكو ريجنسي ، المنطقة الخاصة في يوجياكارتا ، يشجع على أن جميع المأكولات المقدمة في منطقة حديقة الشاي نجلينجو ، ساميجالوه ، وأصلها من الشاي.

وقال رئيس مكتب المزارع والأغذية ويدي أستوتي في كولون بروكو  أنه سيكون هناك رز مقلي مع شاي أخضر وكولانج-كالينج ممزوج بشاي أخضر ووجبات خفيفة ممزوجة بالشاي. بما في ذلك (الموردة) وهي تختلف عن المشروبات التي من الشاي.

ولهذا الغرض ، تلقت مجموعة مزارع الشاي في مقاطعة ساميجالو الفرعية تدريبا على تجهيز الشاي من الخبراء. يشمل هذا التدريب كيفية معالجة الشاي من المنبع إلى المصب. وقال ويدي استوتي “نجلب مدربًا من باندونج (جاوة الغربية)”

وقال ويدي إن التدريب هو أيضا لمتابعة برنامج إعادة التأهيل لمواقع الإنتاج في تلك المنطقة. علاوة على ذلك ، ستقوم الحكومة بدعوة المزارعين إلى باندونغ لمشاهدة بيت إنتاج الشاي.

تم اختيار باندونغ لأن إدارة حديقة الشاي هناك يديرها المتخصصون , سواء من حدائق الشاي الأبيض أو الشاي الممتاز. و أيضا في حالة معالجة الشاي لخليط الغذاء.

حاليا ، لم يتم التعامل بشكل صحيح مع الشاي في كولون بروكو. ولا يزال المزارعون يعالجون الشاي تقليديا.  على سبيل المثال ، قطف الشاي ، لا يزال في بعض الأحيان مختلطًا بين الشاي الأبيض والشاي الممتاز. وقال ويدي: “هذا هو سبب ضعف منتجات الشاي في كولون بروغو”.

وقال أحد مزارعي الشاي ساميجالوه سوكهادي إنهم ينتجون الشاي بنكهات مختلفة مثل شاي بيجاغان والشاي المعطر وشاي سانجيت والشاي الأبيض.

وفقا لسوخادي ، فإن منتجاتهم الممتازة هي “شاي سانجيت” والشاي الأبيض.و قال ” إن معالجتهما معقدة وحصرية. “سواء كان من المواد أوكيفية معالجتها.”

Jakarta, Indonesiaalyoum.com- Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendorong agar semua kuliner yang disajikan di Kawasan Wisata Kebun Teh Nglinggo, Samigaluh, berbahan dasar teh.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo Widi Astuti mengatakan nantinya ada nasi goreng green tea, manisan kolang-kaling green tea, dan makanan ringan yang dipadu dengan poder teh. “Termasuk (disediakan) berbagai minuman teH,’ kata dia di Kulon Progo, Kamis, 26/4.

Untuk keperluan itu maka Kelompok Tani Teh Tegal Subur  di Kecamatan Samigaluh mendapat pelatihan pengolahan teh dari para ahli. Pelatihan meliputi pengolahan teh dari hulu sampai hilir. “Kami mendatangkan pelatih dari Bandung (Jawa Barat),” kata Widi Astuti.

Widi mengatakan pelatihan ini juga untuk menindaklanjuti program rehabilitasi tempat produksi di kawasan itu. Selanjutnya pemerintah setempat juga akan mengajak petani ke Bandung melihat rumah produksi teh.

Bandung dipilih karena pengelolaan kebun teh di sana sudah dikelola profesional, baik kebun tehwhite maupun teh premium. Juga dalam hal pengolahan teh untuk campuran makanan.

Saat ini, penanganan teh di Kulon Progo diakui belum dikelola dengan baik. Petani masih mengolah teh secara tradisional. Pemetikan the, misalnya, masih masih bercampur antara teh putih, premium, hingga medium.  “Ini menjadi kelemahan produk teh di Kulon Progo,” kata Widi.

Salah satu petani teh Samigaluh Sukohadi mengatakan mereka memang memproduksi teh dengan berbagai rasa seperti teh pegagan, teh wangi, teh sangit, dan teh putih. Menurut Sukohadi, unggulan mereka adalah “teh sangit” serta teh putih.

Kata dia, dua teh tersebut penanganannya cukup rumit dan eksklusif. “Baik bahan maupun cara mengolahnya.”

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Fares alBadr | Sumber: Tempo

تعليقات
Loading...
Click Me