إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

حاكم جاكرتا واللفاع الفلسطيني

Cerita Anies Soal Syal Palestina yang Dipakainya

0 398

 

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – نشر حاكم جاكرتا، أنيس باسويدان صورة على حسابه الشخصي إنستغرام، يوم الجمعة (8/12). مستخدما اللفاع وفيه أعلام فلسطينية وإندونيسية و يرتدي زي ساداريا مع قميص كوكو وبنطلون أسود.

ولون اللفاع الأساسي هو الأبيض مع طراز الباتيك ثم العلم الإندونيسي في الجزء السفلي منه والعلم الفلسطيني في الناحية الأخرى مع طراز العمامة، ويظهر أنيس في حالة قراءة الصحيفة اليومية ريبوبليكا مع العنوان الكبير في الصفحة الأولى، “نحن مع فلسطين”.

وقال أنيس ان ما فعله هو التعبير عن دعمه للدولة الفلسطينية، وكان حصل ذلك على اللفاع عندما تولى منصب وزير للتعليم والثقافة خلال بناء مستشفى اندونيسي في غزة.

وقال أنيس: “بالطبع حصلت هذا اللفاع عند افتتاح المستشفى الاندونيسي في غزة، وهذا اللفاع يعبر عن الوحدة بين اندونيسيا وفلسطين متمثلا بطراز الباتيك مع العلم الإندونيسي ومن جانب آخر بطراز العمامة مع علم الفلسطيني”.

وأضاف أن قرار الرئيس الأمريكى دونالد ترامب بنقل سفارته من تل أبيب إلى القدس يدهش الجميع، بل يجعلنا نغضب كثيرا لأن ما فعله ترامب يغير النظام الموجود وينتهك جميع الاتفاقات العالمية التي عقدت، ويفسد كل المحاولة لتحقيق السلام التي قد أبرمت عبر عمليات حضارية جيدة.

ويتمنى المحافظ من الفلسطينيين أن يصمدوا وقال أنيس مؤكدا: “عرفت أن الصمود والمثابرة من مميزات شعب فلسطين فلدي كثير من الاصدقاء من الفلسطينيين صامدين ومجتهدين وأتمنى استمرارهم على الثبات والكفاح، وسيظل شعب إندونيسيا يدعم الفلسطينيين دون أي تغيير”.

وأردف قائلا: “وخير مثيل على ذلك موقف الرئيس الأسبق سوكارنو الذي لم يكن خائفا ولا مضطربا أمام قضية فلسطين و ينبغي علينا كأجيال العصر أن نستفيد مما فعله أجدادنا فنظهر للجميع موقفنا الدائم الذي يعارض الاستعمار ويريد تحقيق العدالة والسلام في فلسطين والعالم أجمع”.

المترجم : هان هان علوم الدين | المحرر: فارس البدر | المصدر: صحيفة ريفوبليكا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengunggah sebuah foto di akun Instagram pribadinya, Jumat (8/12). Dalam foto tersebut, Anies menggunakan syal selendang dengan bendera Palestina dan Indonesia saat menggunakan seragam sadaria dengan baju koko dan celana panjang hitam.

Selendang berwarna dasar putih sebagian motif batik parang bagian bawahnya bendera Indonesia, sedangkan pada bagian lainnya bermotif sorban bagian bawahnya bergambar bendera Palestina. Anies juga terlihat sedang membaca Koran Harian Republika dengan judul berita utama di halaman pertama, ‘Kami Bersama Palestina’.

Anies mengatakan hal ini dilakukannya sebagai bentuk dukungan kepada negara Palestina, dan dia memperoleh selendang tersebut saat menjadi menteri pendidikan dan kebudayaan. Saat pembangunan rumah sakit Indonesia di Gaza.

“Tentu dong, ini saya dapat ketika lagi peresmian rumah sakit Indonesia di Gaza. Karena itu bentuk simbol persatuan Indonesia dan Palestina satu motif batik, satu lagi motif sorban Palestina,” kata Anies, Jumat (8/12).

Dia mengatakan semua bukan hanya terkejut tapi marah atas keputusan Presiden AS Donald Trump yang akan memindahkan kedubesnya dari Tel Aviv ke Yerusalem. Karena ini betul mengubah tatanan yang sekarang ada dan melanggar semua kesepakatan yang sudah dimiliki di tingkat dunia dan kedamaian itu didapatkan lewat proses yang beradab dan baik.

Gubernur mengharapkan Palestina ini merupakan bangsa yang tangguh. “Saya punya banyak sahabat dengan orang Palestina. Mereka tangguh, ulet. Dan mudah-mudahan mereka tetap bisa berjuang. Yang penting kita semua harus konsisten mendukung Palestina, jangan berubah,” katanya.

Dia menambahkan warisan juang sejak era Bung Karno. Bung Karno tidak pernah sekalipun bergeming dalam persoalan Palestina. “Jangan sampai kita, generasi penerusnya, itu goyah. Kita tunjukkan bahwa kita akan selalu berada di pihak yang menentang penjajahan dan ingin menghadirkan keadilan dan perdamaian dunia,” kata Anies.

Penerjemah: Han Han Ulumuddin | Editor: Fares albadr | Sumber: ROL

 

تعليقات
Loading...
Click Me