حفل ألعاب نارية رائعة في النصب التذكاري توغو يوغيا

Melihat Meriahnya Pesta Kembang Api di Tugu Yogya

0 571

يوغيا، اندونيسيا اليوم – بالإضافة إلى المنطقة الشهيرة ماليوبورو قام الآلاف من سكان يوجياكارتا والسياح بالاحتفال بليلة رأس السنة الجديدة في النصب التذكاري توغو يوغيا بال بوتيه، ومن المعروف أن النصب التذكاري توغو يوغياكارتا أصبح مركز لحشد الآلاف من البشر كل ليلة رأس السنة حتى كأنهم بحر البشري.

وكما أخبرت وكالة الأنباء ديتيك أنه ظهر الآلاف من الناس وهم يتوافدون إلى توجو يوغياكارتا بدءا من الآباء, ولأطفال ، والسياح، والطلاب.

وازدحم الآلاف من الناس في أربعة طرق في المنطقة المجاورة، وهي شارع سوديرمان، وشارع مارجو أوتومو (مانعكو بومي)، وشارع ديبونيغورو وشارع آم سانجاجي.

وكان معظم الناس يجلسون متجمعين على الأسفلت ويملئون معظم الطرق. وهناك أيضا من يشتري الوجبات الخفيفة على جانب الطريق، حتى إن هناك من يقف ويبحث عن مكان فارغ.

وكما رأى أيضا بعض الناس يشعلون الألعاب النارية، والتقاط الصور حتى من يسجلون الفيديو حول النصب التذكاري.

هذا وعلى الرغم من أنه في منطقة النصب التذكاري يوغيا لا يوجد احتفال ألعاب النارية رسمية أو غيرها من أنشطة الترفيه التي تقوم بها الحكومة. ولكن هذا لا يقل شأنا عن غيره من الاحتفالات ويحتشد الناس من أجله في منطقة النصب التذكاري. فالناس يتوافدون حاملين الألعاب النارية الخاصة بهم لتشتعل في 00:00 بالضبط.

ودون أي أمر من أحد، قام الناس بإشعال الألعاب النارية مباشرة قبيل 00:01، أو الدقائق البديلة من 31 ديسمبر 2017 إلى 1 يناير 2018، وفجأة أصبح الجو في النصب التذكاري توغو بال بوتيه أكثر حيوية وجذابة. فزين السماء بألوان الألعاب النارية في نقطة الخط الرئيس لقصر السلطان مع جبل ميرابي.

ويُنْظَر من الزوايا الأربع من الطريق، أصبح هذا احتفال الألعاب النارية التي جهز فكرتها من قبل المجتمع لها شعور ترفيهي مميز.

فالناس الذين حضروا يتمتعون بشكل أكثر ولم ينسوا التقاط الصور أو تسجيل الفيديو. فالجو يبدو مثيرا حقا خاصة عند قيام حفل الألعاب النارية في النصب التذكاري توغو بال بوتيه لمدة 30 دقيقة تقريبا.

وقال ريتشارد أحد السياح من جيبارا، جاوى الوسطى ” أتيت عمدا إلى يوغيا للمشاركة في احتفال رأس السنة مع الأسرة، والتقاط الصور في النصب “.

المترجم : هان هان علوم الدين | المحرر: فارس البدر | المصدر : ديتيك

Yogyakarta, Indonesiaalyoum.com – Selain di kawasan Malioboro, ribuan warga Yogyakarta dan wisatawan merayakan malam tahun baru di Tugu Pal Putih. Tugu Yogyakarta juga menjadi kawasan ikonik ini tiap malam pergantian tahun selalu berubah bak lautan manusia.

Seperti pantauan terkini detikcom, ribuan orang tampak telah memadati kawasan Tugu Yogyakarta mulai orang tua hingga anak kecil, wisatawan, dan mahasiswa, berjubel dari titik lokasi tersebut. Ribuan orang tumpah ruah memenuhi empat ruas jalan di sekitarnya, yakni Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Margo Utomo (Mangkubumi), Jalan Diponegoro, dan Jalan AM Sangaji.

Sebagian besar warga yang ada duduk-duduk bergerombol di aspal memenuhi hampir seluruh ruas jalan. Ada juga yang terlihat jajan angkringan di pinggir jalan, hingga ada yang berdiri dan berjalan kaki mencari tempat kosong.

Terlihat juga sebagian warga yang berinisatif menyalakan kembang api, hingga berfoto dan merekam suasana sekitar Tugu.

Meski di kawasan Tugu Yogya tidak ada agenda pesta kembang api ataupun hiburan lain yang digelar oleh pemerintah. Namun tetap tak menyurutkan animo masyarakat untuk berkumpul di kawasan Tugu. Masyarakat berinisatif datang dan membawa kembang api sendiri-sendiri untuk dinyalakan saat tepat pukul 00.00 WIB.

Detik-detik menjelang pukul 00.01 WIB, atau bergantinya hari kalender dari 31 Desember 2017 ke 1 Januari 2018, tanpa dikomando masyarakat yang membawa kembang api langsung menyalakannya. Sontak saja hal itu menambah semarak suasana di Tugu Pal Putih. Warna-warni kembang api menghiasi langit pusat garis imajiner Keraton Yogyakarta dengan Gunung Merapi ini.

Dari empat penjuru ruas jalan, pesta kembang api swadaya ini menjadi hiburan tersendiri. Masyarakat yang hadir tak ketinggalan mengabadikannya dengan berfoto maupun merekam video. Suasana seru tampak saat pesta kembang api di Tugu Pal Putih berjalan hampir 30 menit.

“Ini sengaja liburan ke Yogya bersama keluarga, mau merayakan Tahun Baru di Tugu. Foto-foto,” kata Richard, wisatawan asal Jepara, Jawa Tengah.

 

تعليقات
Loading...