حكومة منطقة بورواكرتا تعيد عمالها المهملين في المملكة العربية السعودية

Pemerintah Kabupaten Purwakarta Pulangkan TKI Terlantar di Arab Saudi

0 831

 

بورواكرتا، اندونيسيا اليوم – قام رئيس منطقة بورواكارتا ديدي موليادي بإعادة مواطنيه المهملين منذ أربع سنوات بعد عملهم كعمال إندونيسيين في المملكة العربية السعودية.

وقام ديدي بأخذ مواطنه مباشرة، إروانتو سامين بن أبان (54 عاما)، في مطار سوكارنو هاتا يوم الثلاثاء (21/11)، ثم رافقه إلى منزله، في قرية سامبيه، قرية سيبينونغ، جاتيلوهور، بورواكارتا.

وأقام إروانتو لمدة 15 عاما يعمل سائقا سيارة مقطورة في المملكة العربية السعودية، مع تناوب أصحاب العمل. وأثناء عمله أصيب إروانتو بخرسانة في مدينة رابغ، المملكة العربية السعودية، مما أدى إلى إصابة ساقيها بالشلل لأنه لم يتوفر له العلاج المتواصل. ولم يتحمل صاحب العمل سوى مصاريف العملية الأولى، ويأبى أن يدفع المصارف الطبية لإيروانتو أثناء إقامته في مستشفى الملك فهد، جدة، المملكة العربية السعودية.

ونقلت وكالة انباء انتارا قول إروانتو: “إن تكلفة العملية الأولى تحملها صاحب العمل، ولكن العملية القادمة وتكاليف العلاج لم يدفعها، لذلك أصيب ساقي بالإعاقة بشكل دائم”.

وعرفت حالة إروانتو من قبل نشطاء العمال المهاجرين، ويقدمون تقاريرهم مباشرة إلى القنصلية العامة الإندونيسية في جدة، وكذلك إلى رئيس منطقة بورواكارتا ديدي موليدي من خلال حسابات وسائل الاعلام الاجتماعية.

وأنفقت حكومة بويرواكارتا مبلغ قدره 150 مليون روبية لإعادة إروانتو وزوجته، أي روسمي (52 عام)، التي كانت عاملة أيضا في المملكة العربية السعودية. وبالإضافة إلى تكلفة الإعادة إلى الوطن، تدفع الميزانية أيضا تكاليف العلاج أثناء إقامته في المستشفى.

وقال ديدي: “يجب أن تكون الدولة حاضرة للدفاع عن العمال الذين يعملون في الخارج، وأعتقد أن هذه القضية لا لا تصيب إروانتو وزوجته فقط، لكن لا يزال هناك عمال إندونيسيا يواجهون كثير من الصعوبات في الخارج”.

وقبل وصول إروانتو إلى منزله في بورواكارتا، حصل على خدمة الاختبار الصحية في مكتب الصحة لمطار سوكارنو هاتا، ثم طلب ديدي من إيروانتو يواصل علاجه في مستشفى بايو أسيه بورواكارتا.

المترجم: لالو عبد الرزاق | المحرر: فارس البدر | المصدر: كومبارانج

Purwakarta , Indonesiaalyoum.com – Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi memulangkan seorang warganya yang telantar selama empat tahun setelah bekerja sebagai tenaga kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi.

Dedi langsung menjemput warganya, Irwanto Samin bin Apan (54), di Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (21/11). Dia kemudian mengantarkannya ke rumahnya, di Kampung Sampih, Desa Cibinong, Kecamatan Jatiluhur, Purwakarta.

Irwanto sudah lebih dari 15 tahun bekerja sebagai sopir trailler di Arab Saudi, dengan berganti-ganti majikan. Saat menjalankan tugas, Irwanto tertimpa beton di Kota Rabigh, Arab Saudi sehingga mengakibatkan kedua kakinya lumpuh karena ia tidak menjalani perawatan lanjutan. Majikannya hanya menanggung biaya operasi pertama dan enggan membayar biaya perawatan Irwanto selama dirawat di Rumah Sakit King Fahd, Jeddah, Saudi Arabia.

“Biaya operasi pertama ditanggung majikan. Tapi operasi selanjutnya dan biaya perawatannya tidak ditanggung. Akibatnya, kaki saya cacat permanen,” kata Irwanto dilansir Antara.

Kondisi Irwanto diketahui oleh aktivis buruh migran yang melaporkan langsung kepada KJRI Jeddah sekaligus kepada Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi melalui akun media sosial.

Pemkab Purwakarta mengeluarkan anggaran Rp150 juta untuk memulangkan Irwanto beserta istri, Ai Rosmi (52) yang juga bekerja sebagai TKI di Arab Saudi. Selain untuk pemulangan, anggaran itu juga untuk membayar biaya perawatan selama di rumah sakit.

“Negara harus hadir mengadvokasi TKI yang bekerja di luar negeri. Saya kira kasus seperti ini bukan hanya menimpa Irwanto dan istrinya. TKI kita mungkin masih banyak yang mengalami kesulitan di luar negeri,” kata Dedi.

Sebelum dibawa pulang ke Purwakarta, Irwanto mendapatkan pelayanan cek kesehatan di Kantor Kesehatan Bandara Soekarno-Hatta. Selanjutnya Dedi meminta Irwanto menjalani perawatan di Rumah Sakit Bayu Asih Purwakarta.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Fares Albadr | Sumber: Kumparan

 

تعليقات
Loading...