خصائص التضخم الاندونيسي المتأثر بالعوامل المفاجئة

Karakteristik Inflasi Indonesia Dipengaruhi Faktor Kejutan

0 509

يوجياكارتا، إندونيسيا اليوم-اعتبر حاكم يوجياكارتا، سري سلطان هامنغكوبوونو العاشر، أن خاصية التضخم في إندونيسيا قد تأثرت بعامل الصدمة. منها، وهناك اضطرابات في الإنتاج بسبب الكوارث الطبيعية مثل الفيضانات ومواسم الجفاف لفترات طويلة

“العوامل الطبيعية تؤثر كثيرا في التضخم على المواد الغذائية.” قال ذلك سلطان، بعنوان “أوجه التآزر والتضخم تحكم إقليم جاوى من خلال تعزيز التعاون بين المناطق واستخدام تقنية E-قناة ‘في الاجتماع التنسيقي لمعدل التضخم الإقليمي تحكم الفريق الإقليمي (TPID) جاوى لسنة 2018 رويال أمباروكمو يوجياكرتا، يوم الخميس (26/4)

وبالإضافة إلى ذلك كما أكد السلطان، يمكن أن المفاجآت أيضا أن تكون قرار رفع أسعار الفائدة التي لها تأثير على التضخم من السلع التي تم تعيينها من قبل الحكومة . وفي ظل هذه الظروف، لا يكفي التضخم للرد فقط من خلال القرار النقدي الذي هو مهمة بنك إندونيسيا

وقال إنه لخفض التضخم على مستوى مستقر، من الضروري الحصول على دعم حكومي حتى تصبح لديه القدرة على التغلب على الاضطرابات الناجمة عن الصدمات في جانب العرض، بما في ذلك تقلب أسعار المواد الغذائية والأسعار الحكومية الخاضعة للتنظيم. بالإضافة إلى ذلك فهي تحتاج إلى وعي عام كمستهلك عن طريق وضع الموقف الحكيم للتسوق، بحيث يتم الحفاظ على التضخم من أجل تنمية مجتمع مزدهر

وقال السلطان أيضا أن السيطرة الوطنية على التضخم تحتاج إلى دعم إقليمي نظرا إلى أن التضخم الوطني يتشكل بنسبة 81 % تقريبا من التضخم الإقليمي (خارج جاكرتا) وهو نتيجة للتضخم من 82 مدينة في إندونيسيا. وﺑﺎﻟﺘﺎﻟﻲ ﻓﺈن اﻟﺘﻨﺴﻴﻖ ﻣﻦ ﺧﻼل اﻟﺴﻴﺎﺳﺎت ﻣﻦ و / إﻟﻰ ﻣﺴﺘﻮﻳﺎت إﻗﻠﻴﻤﻴﺔ ﻓﻌﺎﻟﺔ ﻻ ﻳﻘﻮم ﻓﻘﻂ ﺑﻘﻤﻊ ﻣﻌﺪل اﻟﺘﻀﺨﻢ ﻓﻲ اﻷﻗﺎﻟﻴﻢ، ﺑﻞ ﻳﺴﺘﻤﺮ ﻓﻲ ﺗﺤﻘﻴﻖ هدف اﻟﺘﻀﺨﻢ اﻟﻤﻨﺨﻔﺾ واﻟﻤﺴﺘﻘﺮ

كما أكد السلطان أن التآزر عنصر مهم لنجاح السيطرة على التضخم. استناداً إلى الحقائق، تتأثر محددات التضخم بالعديد من القرارات النقدية وغير المالية التي تشمل مختلف الوكالات، على المستويين المركزي والإقليمي

لذلك، من أجل زيادة فعالية الرقابة الوطنية على التضخم، فإن تنسيق التحكم في التضخم على المستوى المركزي مع الإقليمية وبين الأقاليم أمر ضروري للغاية. بسبب العلاقات الاقتصادية بين الأقاليم بحيث أن الضغوط التضخمية التي تحدث في منطقة من المحتمل أن توغلت في مناطق أخرى، وخاصة المناطق المجاورة

وأوضح السلطان :”بالإضافة إلى ذلك، يمكن أن يكون هناك مصدر لضغوط تضخمية في منطقة خارج سلطة الحكومة المحلية، لكن سلطة الحكومة المركزية”

ويرى أن هذه الحقيقة هي نقطة البداية لتنسيق فريق السيطرة على التضخم مع بوكجاناس TPID، وكذلك التنسيق بين TPID، بحيث يمكن التعامل مع القيود المحددة وفقا للسلطات الخاصة بها

المترجم : أحمد شكري | المحرر : فارس البدر | ريفوبليكا

Yogyakarta, Indonesiaalyoum.com- Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menilai bahwa karakteristik inflasi di Indonesia selama ini banyak dipengaruhi oleh faktor kejutan (shock). Antara lain berupa gangguan produksi karena bencana alam seperti banjir dan musim kering berkepanjangan.

“Faktor alam ini banyak memengaruhi inflasi pada kelompok bahan makanan (volatile food),” kata Sultan saat menjadi keynote speech berjudul ‘Sinergi Pengendalian Inflasi Kawasan Jawa melalui Penguatan Kerja Sama Antardaerah dan Pemanfaatan Teknologi E-Channel’ pada Rapat Koordinasi Wilayah Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) se-Jawa Tahun 2018 yang Royal Ambarukmo Yogyakarta, Kamis (26/4).

Di samping itu, lanjut Sultan, kejutan juga dapat berupa kebijakan kenaikan tarif yang memberikan dampak pada inflasi kelompok komoditas yang harganya diatur pemerintah. Dengan kondisi tersebut, inflasi tidak cukup hanya direspons oleh kebijakan moneter yang merupakan tugas Bank Indonesia.

Untuk menurunkan inflasi pada level stabil, ujarnya, perlu dukungan pemerintah yang memiliki kewenangan mengatasi gangguan oleh shock dari sisi penawaran termasuk terkait gejolak harga pangan dan harga yang diatur pemerintah. Selain itu juga perlu kesadaran masyarakat sebagai konsumen dengan selalu mengedepankan sikap bijak berbelanja, agar inflasi terjaga guna menumbuhkan masyarakat yang sejahtera.

Lebih lanjut Sultan mengatakan pengendalian inflasi nasional perlu dukungan daerah mengingat inflasi nasional dibentuk oleh hampir 81 persen inflasi daerah (di luar Jakarta) dan merupakan hasil agregasi dari inflasi sejumlah 82 kota di Indonesia. Maka koordinasi melalui harmonisasi kebijakan dari dan/ke level daerah yang efektif tidak hanya menekan laju inflasi di daerah, tetapi berlanjut pada pencapaian sasaran inflasi yang rendah dan stabil.

Sultan juga menegaskan sinergi adalah elemen penting untuk suksesnya pengendalian inflasi. Berdasarkan fakta, determinan inflasi dipengaruhi oleh berbagai kebijakan, baik moneter, fiskal, maupun non moneter dan nonfiskal yang melibatkan beragam instansi, baik level pusat maupun daerah.

Oleh karena itu, sarannya, dalam rangka meningkatkan efektivitas pengendalian inflasi nasional, koordinasi pengendalian inflasi di level pusat dengan daerah dan antardaerah sangat diperlukan. Sebab adanya keterkaitan ekonomi antardaerah, sehingga tekanan inflasi yang terjadi di suatu daerah berpotensi merambah ke daerah lainnya terutama daerah tetangga.

“Selain itu, bisa terjadi sumber tekanan inflasi di suatu daerah berada di luar kewenangan pemerintah daerah setempat, tetapi merupakan kewenangan pemerintah pusat,” kata Sultan.

Menurutnya, fakta tersebut merupakan titik tolak perlunya koordinasi Tim Pengendali Inflasi dengan Pokjanas TPID, maupun koordinasi antar TPID, sehingga kendala yang terindentifikasi dapat segera ditangani sesuai kewenangan masing-masing.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: Republika

تعليقات
Loading...