إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

خمسة كهوف جميلة في باشيتان التي تثير مغامرتك الروحية

Lima Gua Cantik di Pacitan yang Bikin Jiwa Petualanganmu Tergugah

- الإعلانات -

0 168

باشيتان، إندونيسيا اليومحاليا بدأ اسم باشيتان يشتهر كوجهة سياحية. بالإضافة إلى الشاطئ، فإن مدينة باشيتان توفر ثروة طبيعية أخرى لا تقل دراماتيكية عن غيرها؛ وهي الكهف. إنها لا تملك كهفا أو كهفين فقط، بل العشرات من الكهوف المعروفة وغير المسماة. ويستغرق استكشاف جميع الكهوف في باسيتان الكثير من الوقت. إذا كانت قدماك أول مرة تطأ باشيتان؛ فعليك زيارة الكهوف الخمسة أولاً!

1. كهف غونغ

خمسة كهوف جميلة في باشيتان التي تثير مغامرتك الروحية2

تمت إدارة هذه المنطقة بشكل جيد وأمنها ممتاز جدا. ولا يقلق الزوار أو يخافون لأن الجزء الداخلي من الكهف مجهز بمجموعة مختلفة من المصابيح الملونة. بالإضافة إلى استخدامها كضوء، فإنها تبدو ساحرة في كل صخرة. ولا تستغرب إذا توج الكهف كأجمل كهف في جنوب شرق آسيا.

2. كهف تابوهان

خمسة كهوف جميلة في باشيتان التي تثير مغامرتك الروحية3

قبل تسميته بتبوهان، كان الكهف يُعرف في البداية بكهف تابان لوقوعه بالقرب من تلة الحجر الجيري. ويقال إن كلمة “تابان” مأخوذة من كلمة ‘الإرميتاج’ لأن هذا الكهف كان يسخدمها الناس للإرميتاج أو للخلوة. ثم حوّل السكان اسم هذا الكهف إلى “تابوهان” حيث استخدموا هوابط الكهف وصواعده للعب الموسيقى (في الجاوية يطلق على “تابوهان”). وظلت الحكومة تدير كهف تابوهان بشكل جيد. هناك العديد من المرافق العامة التي ستراها مثل المصلى والمرحاض وسوق الحرف اليدوية، وموقف السيارات الواسع.

3. كهف كالاك

خمسة كهوف جميلة في باشيتان التي تثير مغامرتك الروحية4

قبل العثور على كهف غونغ، كان كهف كالاك هو الكهف الوحيد الذي استخدم كوجهة سياحية في باشيتان. كان الكهف يظهر الصور الماضية لمدينة باشيتان والتي أصبحت دليلاً على أنه خلال فترة الاستعمار الهولندي، أصبح هذا الكهف وجهة سياحية شهيرة. إذا نظر إليه بلمحة العين، يبدو كهف كالاك يشبه كهفًا عاديًا. ولكنه يحتفظ بالعديد من الأسرار. يقال إنه كان يستخدمه الملوك الجاويين للتأمل والخلوة.  ولا يزال الناس يضعون قرابين عليه حتى اليوم.

4. لووينج جاران

خمسة كهوف جميلة في باشيتان التي تثير مغامرتك الروحية5

إذا كنت تحب التحديات، يمكن أن يكون كهف لوينج جاران هو خيارك للوجهات السياحية. يختلف هذا الكهف عن غيره من الكهوف العادية في شكله الأفقي. ولا يمتد هذا الكهف، بل ينحدر إلى بطن الأرض.

5. لوينج أومبو

خمسة كهوف جميلة في باشيتان التي تثير مغامرتك الروحية6

هناك لوينج  آخر في باشيتان، وهي “أومبو”. لوينج أومبو في اللغة الجاوية تعني واسعة. وتم تثبيت هذا الاسم لأن هذا الكهف واسع للغاية. يبلغ عمق فم الكهف 50 متراً فقط.

بلغ عمق هذا الكهف 130 مترا من الأرض. واستنادا إلى الدراسة، يعتبر لوينج أومبو كهفًا أفقيًا انهار سقفه بسبب التآكل. للوصول إلى هذا الكهف، عليك أن تستأذن الحكومة  المحلية وبالطبع يجب أن يكون لديك معدات كاملة.

المترجم: سيرول نفساهو | المحرر: فارس البدر | المصدر:  إي دي إن تايمس


Pacitan, Indonesiaalyoum.com – Saat ini nama Pacitan mulai naik daun sebagai kota tujuan wisata. Selain pantai, Pacitan juga menyimpan kekayaan alam lain yang gak kalah dramatis yaitu gua. Bukan hanya satu atau dua, Pacitan memiliki puluhan gua baik yang sudah terkenal maupun yang belum memiliki nama. Menjelajahi semua gua yang ada di Pacitan akan memakan banyak waktu. Jika kamu masih baru pertama kali menginjakkan kaki di Pacitan, sebaiknya kunjungi lima gua terapik ini dulu!

1. Gua Gong

Lokasi wisata ini sudah dikelola dengan baik dan keamanannya cukup terjaga. Pengunjung tidak perlu merasa was-was atau takut karena di bagian dalam gua sudah dilengkapi dengan berbagai lampu warna-warni. Selain berfungsi sebagai penerang, lampu ini juga menambah pesona setiap bebatuannya. Jangan heran jika Gua Gong dinobatkan sebagai gua terindah di Asia Tenggara.

2. Gua Tabuhan

Sebelum bernama Tabuhan, gua itu awalnya dikenal dengan nama Gua Tapan karena berada di dekat bukit kapur Tapan. Ada juga yang bilang nama Tapan diambil dari kata ‘pertapaan’ karena gua ini dulunya digunakan untuk bertapa. Penduduk sekitar kemudian mengubah nama gua ini menjadi Tabuhan saat mereka lebih banyak menggunakan stalaktit dan stalagmit gua untuk bermain musik (dalam bahasa Jawa disebut dengan ‘tabuhan’). Gua Tabuhan sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah. Ada berbagai fasilitas umum yang bisa kamu temui seperti mushola, toilet, pasar kerajinan, serta tempat parkir yang luas.

3. Gua Kalak

Sebelum Gua Gong ditemukan, Gua Kalak adalah satu-satunya gua di Pacitan yang dijadikan tempat wisata. Gua ini muncul dalam foto-foto Pacitan tempo dulu yang menjadi bukti bahwa pada masa penjajahan Belanda, gua ini sudah menjadi destinasi wisata populer.

Sepintas, Gua Kalak terlihat seperti gua biasa. Namun di dalamnya, ia menyimpan banyak misteri. Konon, gua ini dulunya digunakan oleh raja-raja Jawa untuk bersemedi. Bahkan hingga saat ini, masih ada sesajen yang diletakkan di sana.

4. Luweng Jaran

Jika kamu menyukai tantangan, Luweng Jaran bisa jadi pilihan destinasi wisatamu. Luweng berbeda dengan gua biasa yang berbentuk horizontal. Luweng tidak hanya memanjang, namun juga menjorok ke dalam perut bumi.

5. Luweng Ombo

Satu lagi luweng yang berada di Pacitan, yaitu Luweng Ombo. ‘Ombo’ dalam bahasa Jawa artinya adalah lebar. Nama ini disematkan karena gua ini memang sangat luas. Mulut guanya saja berdiameter 50 meter.

Kedalaman gua ini pun mencapai 130 meter dari permukaan tanah. Berdasarkan penelitian, Luweng Ombo dulunya merupakan gua horizontal yang atapnya runtuh karena erosi. Untuk masuk ke dalam gua ini, kamu harus meminta izin pada pemerintah desa setempat dan tentunya harus memiliki peralatan yang lengkap.

Penerjemah: Sairul Nafsahu | Editor: Fares Al-Badr | Sumber: idntimes

(8)

تعليقات
Loading...
Click Me