دليلك للتنزه في بوكيت تيدار

Tiga Pilihan Wisata di Bukit Tidar Magelang

0 648

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – يعتبر سكان جاوا أن منطقة بوكيت تيدار في ماجيلانج هي وسط جزيرة جاوا بالإضافة إلى أنها مكان سياحي مشهور لإحتوائها على مقابر بعض الشخصيات التي يحترمها ويقدرها الجاويين.

إذا كنت ترغب بزيارة بوكيت تيدار فعليك أن تحفظ طاقتك لتسلق مئات السلالم للوصول إلى قمة التل ، وعلى الرغم من أن الطريق متعرج بشكل كبير إلا أن الخطوات على السلالم الموجودة ليس منحدرة.

بالإضافة إلى السياحة الدينية ، توفر منطقة بوكيت تيدار أجواء مريحة للإستمتاع بالهواء البارد. نقدم لك ثلاثة نشاطات يمكنك القيام بهم عند زيارتك لبوكيت تيدار.

1- الترفية

يتسطيع زوار بوكيت تيدان أن يتنفسوا هواء نقي ونظيف ، فالجو هناك مناسب للإسترخاء والتخلص من الضعوطات والتعب.

2- الرياضة

الطريق الشاق إلى قمة بوكيت تيدار مرهق للغاية ، فيمكنك أن تستخدم هذا الطريق لتدريب الساق. فبعد مرور 300 متر من الصعود سوف تجد لافتة مكتوب عليها (قطعت 300 متر في رحلة الوصول إلى القمة).

إذا أرهقت من رحلة الصعود فالسلالم مزودة بمقابض ، وكل 150 متر يوجد منطقة للإستراحة من أجل الحفاظ على راحة وسلامة الزوار.

3- السياحة الدينية

هناك عدد كبير من المقابر الخاصة بشخصيات يحترمها ويقدرها سكان جاوا ، مثل قبر الشيخ سوباكير الذي يقع في منتصف الطريق للقمة. ويقع بعده قبر كياي سيبانجانج بمئة متر. أما في القمة سوف تجد قبل الأميربوربويو وقبر إيانج أيسمويو جاتي.

المترجم : محمد علي | المصدر: وكالة تيمبو الإخبارية


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Bukit Tidar di Magelang, Jawa Tengah, dipercaya masyarakat sebagai pusat tanah Jawa. Kawasan ini dikenal sebagai tempat wisata religi karena di sana ada beberapa makam tokoh yang dihormati.

Jika ingin berkunjung ke Bukit Tidar, wisatawan perlu menyiapkan tenaga untuk menaiki ratusan anak tangga hingga mencapai puncak bukit. Meski jalur yang dilewati cukup berliku, kondisi anak tangganya tidak terlalu curam.

Selain untuk wisata religi, Bukit Tidar menyuguhkan suasana yang nyaman karena udaranya sejuk dan rindang. Berikut tiga hal pilihan wisata yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Bukit Tidar.

  1. Rekreasi

Pengunjung Bukit Tidar bisa menghirup udara yang bersih dan segar. Suasanya di sini juga hening dan cocok untuk bersantai kaligus menjauh dari kepenatan.

  1. Olahraga
    Jalur menanjak menuju puncak Bukit Tidar cukup menguras tenaga. Hitung-hitung olahraga, jalur ini bisa digunakan untuk melatih kaki dan memeras keringat. Dalam sebuah papan pengumuman yang tertancap di perjalanan, jarak yang ditempuh untuk mencapai puncak Bukti Tidar mencapai lebih dari 300 meter dengan menapaki anak tangga.

Jika lelah, tersedia tempat istirahat setelah 150 meter perjalanan. Akses tangga di Bukit Tidar juga dibuat permanen dan dilengkapi pegangan, sehingga menunjang keamanan dan kenyamanan pengunjung.

  1. Wisata religi

Ada beberapa makam tokoh yang dihormati masyarakat di Bukit Tidar. Makam Syekh Subakir berada di area yang letaknya agak pertengahan dari puncak Bukit Tidar. Kemudian menapaki tangga sekitar 100 meter lagi akan ada makam Kyai Sepanjang. Saat di puncak Bukit Tidar ada makam Pangeran Purboyo dan makam Eyang Ismoyo Jati.

Penerjemah: Mohamed Ali | Sumber: tempo.co

تعليقات
Loading...