إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

دين شمس الدين: البروتستانت يزدادون سنويا

Din: Pertumbuhan Pemeluk Protestan Meningkat per Tahun

- الإعلانات -

0 175

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  قال المبعوث الخاص للرئيس الإندونيسي لحوار الأديان والحضارات (UKP-DKAAP)، دين شمس الدين، إن المسلمين في كثير من الأحيان يشعرون بالإساءة بسبب انتشار التنصير في إندونيسيا. ذكر بعض الدراسات أن معدل نمو البروتستانت يزيد سنويا، وخاصة في بعض مناطق المسلمين، مثل يوجياكارتا وسومطرة الغربية.

“البيانات هذه تؤكد قضية زيادة التنصير، والتي بدورها تؤثر أيضا على تنامي الراديكالية الإسلامية في إندونيسيا”، قال دين أمام أكثر من 300 من القادة النصارى الذين يحضرون مؤتمر التنصيرالمسيحي عام 2018 في براستاغي، سومطرة الشمالية، يوم الجمعة.

وقال دين أيضا، في مؤتمر القادة الدينيين للانسجام الديني من قبل مكتب حوار الأديان والحضارات (UKP-DKAAP) في جاكرتا في فبراير الماضي، نوقش فيها العلاقات الأساسية للعلاقات بين الأديان. تم الاتفاق على أن تلك العلاقات تعتمد على الصداقة على أساس الإنسانية الحقيقية.

وتم الاتفاق في الاجتماع على اساس المواطنة في جمهورية إندونيسيا وفق مبادئ بانشاسيلا، ذكر دين إن تقدير الله على أبناء إندونيسيا أن يعيشوا  في جو التعددية.

“لذلك، نحن نعترف بأننا جميعا من الرب، وللرب وللإنسانية. في الإسلام، هذا هو المراد من ،رحمة للعالمين”، قال دين الذي يشغل منصب رئيس المجلس الاستشاري لمجلس العلماء الإندونيسي (MUI).

وأكد دين، أن الانسجام الذي يتم النضال من أجله ليس فقط على أساس احتياجات الأمة، ولكن أيضا على أساس احتياجات كل شخص وجماعة. في هذا الصدد، يجب ألا يعيق الانسجام المهمة والدعوة. “وبالعكس، لا ينبغي للمهمة والدعوة أن تزعجا الانسجام”، قال دين.

كما أوضح دين، أن طريق الرسالة والدعوة إما متشدد وإما لين. يبني البعض وجهة نظر وهدفًا لزيادة عدد الأشخاص، ولكن أيضًا هناك من يدعو إلى طريق الله فقط. ويراد بالطريق إلى الله هنا يرجع إلى مصالح الأمة.

جميع الديانات، وفقا لدين، لديها نفس التصور للخالق، على الرغم من أن الاسم مختلف. “من الواضح هنا أن الدعوة لا يراد بها دعوة الناس إلى الإسلام، بل دعوة الناس إلى الطريق الصحيح”، كما أوضح.

يذكر إن مؤتمر التنصير المسيحي 2018 نظمها اتحاد الكنائس الإندونيسية (PGI) بالتعاون مع اتحاد كنائس بانتاكوستا الإندونيسية (PGPI)، واتحاد الكنائس والمؤسسات الإنجيلية الإندونيسية (PGLII). ويقام هذا البرنامج لمدة ثلاثة أيام، من 29 مايو إلى 31 مايو 2018.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر:  ريفوبليكا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com –  Utusan Khusus Presiden RI untuk Dialog Antar Agama dan Peradaban (UKP-DKAAP), Din Syamsuddin mengungkapkan umat Islam acap kali tersinggung terhadap perkembangan misi Kristen di Indonesia. Ia menyebut, beberapa penelitian menunjukan bahwa tingkat pertumbuhan pemeluk Protestan per tahunnya meningkat, terutama di beberapa kantong Muslim, seperti Yogyakarta dan Sumatera Barat.

“Data-data seperti ini mengentalkan berkembangnya isu kristenisasi, yang pada gilirannya turut memengaruhi berkembangnya radikalisme Islam di Indonesia,” ujar Din di hadapan lebih dari 300 pemuka agama Kristen peserta Konferensi Pekabaran Injil 2018 di Brastagi, Sumatra Utara, Jumat.

Din juga menuturkan, dalam Muyawarah Besar Pemuka Agama untuk Kerukunan Bangsa yang diselenggarakan oleh Kantor UKP-DKAAP di Jakarta pada Februari lalu, telah dibahas bersama dasar relasi hubungan antaragama. Disepakati bahwa pondasi relasi tersebut harus bersandar pada persahabatan berdasarkan kemanusiaan sejati.

Dalam pertemuan itu juga disepakati bahwa NKRI berdasarkan Pancasila adalah final. Din mengingatkan takdir anak negeri adalah hidup sebangsa di dalam kemajemukan.

“Untuk itu, kita mengaku bahwa bersama kita dari Tuhan, untuk Tuhan dan kemanusiaan. Di dalam Islam, ini yang dimaksudkan dengan rahmatan lil alamin,” kata Din yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini.

Din menegaskan, kerukunan yang diperjuangkan bukan saja berdasarkan kebutuhan bangsa, tetapi juga kebutuhan setiap orang dan kelompok. Dalam kaitan ini, kerukunan tak boleh menghalangi misi dan dakwah. “Sebaliknya juga misi dan dakwah tak boleh mengganggu kerukunan,” ujar dia.

Din pun menjelaskan, misi maupun dakwah ada yang berhaluan keras, tetapi juga yang halus. Ada yang membangun pandangan dan tujuan untuk menambah jumlah umat, tetapi juga ada yang hanya mengajak ke jalan Allah. Dia mengungkapkan jalan Allah dalam pengertian ini merujuk pada kebaikan bersama.

Semua agama, menurut Din, punya persepsi yang sama tentang Sang Pencipta, sekalipun sebutannya berbeda. “Jelas di sini bahwa dakwah itu bukan untuk mengajak orang masuk Islam, tetapi menuntun orang ke jalan yang benar,” kata dia menjelaskan.

Konferensi Pekabaran Injil 2018 diselenggarakan oleh Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) bekerja sama dengan Persekutuan Gereja-gereja Pentakosta Indonesia (PGPI), Persekutuan Gereja-gereja, dan Lembaga-lembaga Injili Indonesia (PGLII). Kegiatan ini dilangsungkan selama tiga hari, yaitu dari 29 Mei hingga 31 Mei 2018.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSahiqi | Sumber: Republika

(6)

تعليقات
Loading...
Click Me