رئيس المجلس الاستشاري الشعبي: الدفاع عن الشعب الفلسطيني واجب على كل الإندونيسيين

Ketua MPR: Membela Palestina Kewajiban Seluruh Rakyat Indonesia

0 475

 

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – قام الآلاف من الإندونيسيين والذين معظمهم من المسلمين، بالمظاهرات السلمية الحاشدة دفاعا عن فلسطين في ساحة النصب الوطني (موناس) بجاكرتا يوم الاحد (17/12) من الصباح حتى الظهر.

وقال رئيس المجلس الاستشاري الشعبي، زولكيفلي حسن الذي حضر في وسط المشاركين أن الدفاع عن الشعب الفلسطيني واجب على جميع الإندونيسيين.

وقال زولكيفلي “الدفاع ليس من المسلمين فحسب بل واجب على جميع أصناف الشعب الاندونيسي استنادا إلى دستور دولة اندونيسيا عام 1945الذي ينص بوضوح على وجوب إلغاء أي شكل من أشكال الاحتلال على وجه الأرض لأنه لا يتفق مع الإنسانية والعدالة”.

وخاطب زلقيفلي على المنصة في ساحة موناس الاحد (17/12) قالا: “لذلك, بغض النظر من أين نحن، ومن أين جئنا، ومهما كان ديننا فإن كل شعب اندونيسيا على رأي واحد يرفضون كل الاحتلال “.

وأضاف: “لقد حدثت الجريمة الانسانية و الحرمان من حقوق الإنسان في فلسطين مع أن المبادىء الخمسة لدولتنا بانجاسيلا البند الثاني تقول “الانسانية العادلة المهذبة ” لذا أينما نجد الجريمة ضد الانسانية يجب أن نعارضها.

كما أنه أعرب عن رأيه من أن المتدينين من الشعب الآن يتهمون بالارهاب وأنهم ضد الوطن بعيدا عن الدولة الموحدة لجمهورية إندونيسيا وكما يعتبر هتافات التكبيرالان شكل من أشكال التطرف. وردّ زولكيفلي عن ذلك مؤكدا أن هتفات التكبير والتدين هو تنفيذا للمبادى الخمسة بانجاسيلا فالبند الأول منها يقول ” الربانية المتفردة”. .

وأضاف: “إن من يقول بأن المسلمين هم متطرفون ومتعصبون فينبغي أن يعيد النظر في كلامه، لأننا المسلمين قد عرفنا تماما ماهو التسامح والاحترام, فالمتطرف الحقيقي والمتعصب هو دونالد ترامب”.

وجدير بالذكر أن هذه المظاهرة السلمية دفاعا للفلسطين قد ترأسها مجلس العلماء الاندونيسي وعدد من المنظمات الاسلامية والزعماء الدينيين.

وقد تم أجريت هذه المظاهرات للدفاع عن فلسطين واحتجاجا على قرار الرئيس الامريكى دونالد ترامب الذى ادعى من طرف واحد بأن القدس عاصمة لاسرائيل. كما أنه محاولة للضغط على ترامب لإلغاء قرار حكومته السياسي حول القدس.

المترجم: هان هان علوم الدين | المحرر: فارس البدر | المصدر: صحيفة ريفوبليكا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Ribuan masyarakat Indonesia yang sebagian besar terdiri dari masyarakat Muslim menggelar Aksi Bela Palestina di halaman Monumen Nasional (Monas), Jakarta pada Ahad (17/12) pagi sampai siang. Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan hadir di tengah-tengah peserta Aksi Bela Palestina menyeru membela Palestina adalah kewajiban semua rakyat Indonesia.

Zulkifli mengatakan, tidak hanya kewajiban umat Islam untuk mendukung dan membela Palestina. Membela Palestina adalah kewajiban seluruh rakyat Indonesia karena kewajiban konstitusi Negara Indonesia. Secara jelas UUD 1945 mengatakan penjajahan di muka bumi harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan prikemanusiaan dan prikeadilan.

“Oleh karena itu siapa pun kita, dari manapun kita berasal, apapun agamanya seluruh rakyat Indonesia harus menentang perang,” kata Zulkifli dari atas panggung Aksi Bela Palestina di halaman Monas, Ahad (17/12).

Ia mengatakan, terjadi kejahatan dan penjajahan besar di Palestina. Terjadi kejahatan kemanusiaan di Palestina. Terjadi perampasan hak-hak kemanusiaan di Palestina. Sementara, sila kedua berbunyi kemanusiaan yang adil dan beradab. Oleh karena itu, kalau terjadi kejahatan terhadap kemanusiaan di manapun, harus ditentang.

Ia juga mengungkapkan, saat ini umat yang taat beragama dianggap anti kebangsaan. Orang yang taat beragama dianggap menjauh dari NKRI dan Takbir dianggap radikal. Zulkifli menegaskan, takbir dan taat beragama adalah Pancasilais. Sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa.

“Oleh karena itu yang mengatakan umat Islam intoleran harus belajar dulu, umat Islam tidak usah diajari soal toleransi, kita sudah khatam soal toleransi, yang radikal itu namanya Donald Trump, yang intoleran itu namanya Donald Trump,” ujarnya.

Aksi Bela Palestina dimotori Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan sejumlah ormas-ormas Islam serta tokoh-tokoh ulama. Aksi Bela Palestina digelar untuk menyikapi pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang secara sepihak mengklaim Yerusalem sebagai Ibukota Israel. Juga untuk menuntut Presiden Trump membatalkan klaimnya terhadap Yerusalem.

Penerjemah: Han Han Ulumuddin | Editor: Fares albadr | Sumber: ROL

 

تعليقات
Loading...