رجا أمبات جمال لا تمله العين

Keindahan-keindahan Raja Ampat yang Bikin Mata Tak Berkedip

0 522

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – مما لا شك فيه أن رجا أمبات دائما يدخل ضمن قوائم وجهات السياحة التي ينبغي أن تزورها لإنها جميلة وغاية في السحر، رجا أمبات يجب أن تكون من الوجهة السياحية المفضلة لك عند قضاء إجازتك في المرة القادمة.

رجا أمبات هي جزيرة صغيرة تقع في بابوا الغربية. ولديها كثير من الجزر الصغيرة، وسوف تسحر عيون السياح بمختلف المشاهد من الجزر المتعددة . ويكفيك أن تذهب إلى أحد من الجزر وستسحر بالمناظر الطبيعية الجميلة كالجنة .

ووفق ما نشره موقع ديتيكرافل من مصادر مختلفة، الأربعاء (17/1/2018)، وما يلي بعض الوجهات الموجودة في راجا أمبات التي تحظي بشهرتها حتى إن بعض الأماكن لديها مكان خاص في قلوب أشخاص مشهورين.

  1. بيانيمو

بيانيمو أو كثيرا ما يدعى  بينيمو هي مجموعة من الجزر المرجانية التي تمتد في المحيط. حتى إنها داخلة في ضمن مجموعة أجمل الجزر المرجانية في راجا أمبات، بعد واياغ وكابوي.

ولشدة جمالها لقبها الرئيس جوكوي حين زارها “بالجنة الصغيرة” في أرض بابوا. ولا ننس المتسابقين في إف 1 (F1 ) الذين زاروها مؤخرا وهم مفتون بجمال البر وتحت الماء من راجا أمبات!

  1. لاغونا بينتانج

وهذه الوجهة  تسمى لاغونا بينتانج . ووفق اسمها، فهذه الوجهة تحتوي على بحيرة خضراء من توسكا على شكل نجمة. وهذا الشكل  ليس اصطناعيا، وإنما شكل بشكل طبيعي!

و لمشاهدة لاجونا كاملة على السياح أن تسلقوا إلى أعلى الهضبة. ومن أعلى الهضب سترى وضوح الماء من لاجونا التي تحيط بها المنحدرات. إنها جميلة حقا !

3 – أربوريك

الاستماع بجمال راجا أمبات لا يكتمل دون الزيارة إلى أربوريك. لماذا أربوريك؟ لأنك تتمنى أن تكون إجازتك كل يوم دون ملل  في هذه الجزيرة.

فلها شواطئ ساحلية هادئة، ومياه البحر واضحة وزرقاء، ورمال بيضاء نظيفة، وتلويح أشجار جوز الهند … كلها حقيقة في أربوريك.

إنه جمال البر وإذا انتقلنا إلى عالم  تحت البحر، فهو أكثر جاذبية  فلا مبالغة إن قلنا إنها من أفضل مواقع الغوص في راجا امبات، ويوجد عالم تحت البحر في أربوريك جميل لا ثاني له. فالشعاب المرجانية والأسماك الجميلة , هي السمات المميزة في أربوريك.

  1. ساونج راي

الحديث عن الشاطئ وعن عالم ما تحت الماء في رجا أمبات  موضوع لا نهاية لها.  فللسياح الذين يرغبون في الوجهة الطبيعية الحية في راجا أمبات يمكن أن يأتوا إلى قرية ساوينج راي.

في هذه القرية يمكن للسياح أن يغوصوا مع الأسماك الجميلة، ويشاهدوا الطيور، ونرى الثقافات القائمة من السكان المحلي  والغطس هي الأنشطة المفضلة في هذه القرية. ولشدة وضوح ماء البحر تجعل أي شخص يستطيع أن يرى الأسماك من السطح.

تشتهر رجا أمبات بطيور الجنة جندرا واسح . كما توفر القرية أماكن الجذب لمشاهدة  هذه الطيور. و دون أي شيء  تستطيع ان ترى هذه الطيور على شجرة تصل طولها  إلى 2 متر. ومع ذلك تتعين الرؤية في أوقات محددة وهو في 7-9 صباحا، وفي 4-5 مساء.

  1. ميسول

ميسول، أحد الجزر الجميلة في راجا أمبات التي لديها العديد من المفاجآت مثل الجزر الأخرى في راجا أمبات، وميسول لاتقل جمالا عن بيانيمو، أربوريك وغيرها من الوجهات في راجا أمبات من جانب أن لها مناظر جميلة ومن جانب آخر لها عالم تحت البحر رائع جدا؛ فلها عوامل جذب أخرى.

وفي تحت البحر لا تجد فقط المرجان والأسماك الجميلة، ولكن أيضا القرش الماشي أو كالابيا. وكالابيا هو حيوان مستوطن في راجا أمبات فقط فلا يمكنك العثور عليه في مكان آخر.

  1. واياغ

هل تعودت على المناظر الجزر المرجانية والبحر الأزرق؟ فهي هنا في جزيرة واياغ. فجزيرة المرجان أصبحت مكان للجذب الرئيسي لدى السياح.

وإذا زرت جزيرة واياغ، فإنه من الضروري أن تتسلق إلى جزيرة المرجان. ويستغرق تسلق جزيرة المرجان حوالى 30 دقيقة. وعندما تصل فكل التعب من عملية التسلق يذهب فورا ويشفيها المناظر الطبيعية الجميلة فعينيك لن تومض ولو مرة لشدة جمالها.

المترجم: هان هان علوم الدين | المحرر: فارس البدر | المصدر:

travel.detik.com

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Raja Ampat – Bicara soal liburan impian, Raja Ampat rasanya tak pernah terlewat dari daftar. Cantik dan penuh pesona, Raja Ampat harus jadi tujuan liburan kamu selanjutnya.

Raja Ampat adalah kepulauan kecil di Papua Barat. Punya banyak gugusan pulau, traveler akan dimanjakan oleh berbagai pemandangan dari berbagai pulau. Tinggal tunjuk saja mau ke pulau apa, kamu akan dibuai oleh pemandangan alam yang indah layaknya surga.

Dirangkum detikTravel dari berbagai sumber, Rabu (17/1/2018), inilah beberapa destinasi Raja Ampat yang sudah tersohor. Bahkan beberapa tempat sudah mendapat tempat di hati orang-orang terkenal.

  1. Pianemo

Pianemo atau sering disebut Painemu adalah kawasan karst berupa gugusan pulau karang yang membentang di lautan. Bahkan disebut, gugusan pulau karang tercantik ketiga di Raja Ampat, setelah Wayag dan Kabui.

Saking cantiknya, Presiden Jokowi yang berkunjung ke sini menjuluki Pianemo sebagai ‘surga kecil’ di Tanah Papua. Tak ketinggalan para pembalap F1 yang baru-baru ini juga berkunjung ke sana. Mereka terpesona oleh keindahan daratan dan bawah laut Raja Ampat!

  1. Laguna Bintang

Yang ini namanya Laguna Bintang. Seperti namanya, tempat ini memiliki laguna berwarna hijau toska yang berbentuk seperti bintang. Bukan buatan, ini terbentuk secara alami!

Untuk melihat laguna ini, traveler harus naik ke ke puncak bukit dan melihat bentuk laguna secara utuh. Dari atas puncak, tarveler bisa melihat jernihnya laguna yang dikelilingi dengan tebing. Cantik banget!

  1. Arborek

Menjelajahi Raja Ampat rasanya kurang lengkap tanpa menginjakkan kaki di Arborek. Kenapa Arborek? Bayangan liburan sempurna rasanya menjadi kehidupan sehari-hari di pulau ini.

Coba bayangkan, pantai landai berarus tenang, air laut yang biru dan jernih, hamparan pasir putih yang bersih, dan lambaian pohon kelapa… Semua terasa nyata di Arborek.

Itu baru daratan. Kalau bicara bawah laut, rasanya Arborek memang juara. Mendapat gelar sebagai salah satu spot diving terbaik di Raja Ampat, bawah laut Arborek cantik tiada tara. Terumbu karang, ikan-ikan cantik dan pari menjadi keunggulan Arborek.

  1. Sawing Rai

Bicara pantai dan bawah laut Raja Ampat memang tak ada habisnya. Tak hanya itu, traveler yang ingin merasakan kehidupan di Raja Ampat bisa datang ke Desa Sawing Rai.

Di desa ini traveler bisa snorkeling dengan ikan-ikan cantik, bird watching dan melihat budaya-budaya yang ada. Snorkeling menjadi kegiatan favorit di desa ini. Lautnya yang jernih membuat siapa pun bisa melihat ikan-ikan dari permukaan.

Raja Ampat terkenal dengan burung surganya, cendrawasih. Desa ini juga menyediakan atraksi bird watching. Tanpa bantuan teropong, kamu bisa melihat cendrawasih di atas pohon setinggi 2 meter. Namun, hanya waktu-waktu tertentu saja kamu dapat melihat burung ini, yaitu pukul 7-9 pagi, dan pukul 4-5 sore.

  1. Misool

Misool, pulau cantik Raja Ampat yang punya banyak kejutan bagi traveler. Seperti pulau-pulau lainnya di Raja Ampat, Misool pun tak kalah cantik dari pianemo, arborek dan lainnya.Selain pamndangan dan bawah laut yang super cantik Misool punya atraksi lain.

Di bawah laut Misool kamu tak hanya bertemu dengan karang dan ikan-ikan cantik, tapi juga hiu berjalan atau kalabia. Kalabia adalah hewan endemik Raja Ampat yang tak bisa kamu temui selain di sini.

  1. Wayag

Familiar dengan pemandangan pulau karang dan laut yang biru? Ini namanya Pulau Wayag. Gugusan pulau karangnya menjadi daya tarik tersendiri bagi para traveler.

Berkunjung ke Pulau Wayag, wajib hukumnya untuk mendaki Pulau Karang. Mendaki Pulau Karang menghabiskan waktu selama 30 menit. Begitu sampai, rasa lelah setelah mendaki akan terbayar dengan cantiknya pemandangan. Saking cantiknya, sayang kalau berkedip!

Penerjemah: Han Han Ulumuddin | Editor: Fares alBadr | Sumber: travel.detik.com

تعليقات
Loading...