زلزال بقوة 6،5على مقياس ريختر يهز جزيرة جاوة الإندونيسية

Gempa Bumi Kuat Guncang Pulau Jawa

0 627

 

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – هز زلزال بقوة 6،5 درجات على مقياس رختر العاصمة جاكرتا والمدن الأخرى في جزيرة جاوة، اليوم الجمعة (15/12). وذكر السلطات أنه قتل شخص واحد على الأقل.

ويقول عمال إغاثة الكوارث أن المبانى انهارت في بعض مناطق جاوة الغربية، وأفرغ مستشفى بعد تعرضه للضرر. كما اهتز ت المباني به في العاصمة جاكرتا.

وذكرت السلطات أن رجلا عمره 62 سنة قتل في تشياميس، جاوة الغربية حيث حوصر تحت ركام بيته المنهار.
وقالوا أن خمسة آخرين أصيبوا بجروح.

وقال المسؤولون أنهم في محاولة لتقييم الأضرار الناجمة عن الزلزال الذي حدث قبيل منتصف الليل بالتوقيت المحلي.
وذكرت هيئة المسح الجيولوجي الأمريكية أن مركز الزلزال يقع على بعد حوالي 50 كم جنوب غرب تاسيكمالايا.

وأصدر السلطات تحذيرات من موجات تسونامي في بعض الشواطئ في جاوة، التي تضم أكثر من 250 مليون شخص من سكان إندونيسيا. ويقول مركز الإنذار المبكّر بأمواج تسونامي في هاواي أنه لم يتم الكشف عن أي موجات تسونامي.

وتقع إندونيسيا في منطقة “الحزام الناري”، أو الختم الناري، وهو خط على لوحات الأرض في المحيط الهادي تكثر فيه الزلازل والانفجارات البركانية بكثرة.

المترجم : لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي |المصدر : Voaindonesia

Jakarta, Indonesiaalyoum.com -Gempa berkekuatan 6,5 Skala Richter mengguncang Jakarta dan kota-kota lain di pulau Jawa hari Jumat (15/12). Pihak berwenang melaporkan paling sedikit satu orang tewas.

Para petugas bantuan bencana mengatakan gedung- gedung runtuh di beberapa daerah Jawa bagian barat dan sebuah rumah sakit dikosongkan setelah mengalami kerusakan. Gempa tersebut membuat bangunan-bangunan bergoyang di Jakarta.

Pihak berwenang mengatakan seorang berusia 62 tahun meninggal di wilayah Ciamis , Jawa barat karena terperangkap di bawah sebuah rumah yang roboh.

Mereka mengatakan paling sedikit lima orang lainnya dilaporkan luka-luka.

Para pejabat masih mencoba untuk menilai kerusakan akibat gempa yang terjadi tepat sebelum tengah malam waktu setempat.

Survei Geologi Amerika mengatakan pusat gempa berada sekitar 50 kilometer barat daya kota Tasikmalaya.

Pihak berwenang mengeluarkan peringatan tsunami untuk sebagian pantai di Jawa, yang merupakan tempat tinggal lebih dari 250 juta orang – lebih dari separuh penduduk Indonesia. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di Hawaii mengatakan tidak ada tsunami yang terdeteksi.

Indonesia berada di kawasan “Ring of Fire”, atau Cincin Api, sebuah garis patahan lempeng bumi di Samudera Pasifik di mana sering terrjadi gempa bumi dan letusan gunung berapi. [sp/ii]

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak| Editor: Talal alSaiqi | Sumber: Voaindonesia

 

تعليقات
Loading...