إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

جامعة إندونيسيا تَوضِح سبب وفاة موظفين لجنة فَرز الأصوات الإنتخابية

296 Petugas KPPS Meninggal, Ini Analisis Fakultas Kedokteran UI

163

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – توفى أكثر من 296 موظف من اللجنة العامة لفرز الأصوات الإنتخابية (KPPS) حتى يوم الإثنين (29/04/2019). بالإضافة إلى أكثر من 2151 موظف يعانون من ارهاق وأمراض أخرى، استنادًا للتقارير التي نَشرتها الهيئة العامة للإنتخابات (KPU).

تُشير تِلك الأعداد والتقارير لعدم توافر الشروط الصحية لِنظام الإنتخابات الرئاسية والبرلمانية هذا العام في إندونيسيا.

لذلك، طَلب عميد كلية الطب في جامعة إندونيسيا (FKUI) البروفيسور آري فاهريال صيام تغيير نِظام الإنتخابات في المستقبل حتى لا تَحدُث أشياء مماثلة لهذا العام.

قال البروفيسور آري، الإثنين (29/04/2019): “يَجب تغيير النظام الذي تُدار به الإنتخابات الرئاسية، على أن يُعطى اهتمامًا للصحة أكثر.أو أن يَتم تغيير شروط قبل موظفي اللجنة العامة لفرز الأصوات الإنتخابية (KPPS)”.

نَشرت كلية الطب في جامعة إندونيسيا (FKUI) تقريرًا عن الأسباب التي جَعلت الموظفين يعانون من مشاكل صحية، وكانت تِلك هي الأسباب:

1- أعمار الموظفين

يَرى البروفيسور آري أن أكثر من 70% من الموظفين في لجنة فرز الأصوات الإنتخابية (KPPS)، أعمارهم تتعدة 40 عامًا، طبقًا لتقارير الهيئة العامة للإنتخابات (KPU). وبالطبع فإن الأمراض المزمنة تزداد مع تَقدم العُمر.

قال البروفيسور آري: “استنادًا للأبحاث الحديثة، فإن احتمالة الإصابة بالأمراض المزمنة مثل ارتفاع ضغط الدم والنوبات القلبية والسرطان بعد سن الـ60 تُعد أكبر”.

2- البعض لديه تاريخ مع المرض

أعلن البروفيسور آري أنه قام بلقاء عائلات اثنين من المتوفيين، كان المُتوفى الأول يعاني من ارتفاع ضغط الدم مع زيادة ضغط العَمل، بينما الثاني كان يعاني من ضيق في التنفس والذي يَتحول غالبًا لنوبة قلبية. مع العلم أن الموظف الثاني لم يَبقى سِوى ساعة واحدة فَقط في المستشفى وبعد ذلك فارق الحياة.

قال آري: “ليس لدينا تقارير تفصيلية عن الحالة الصحية للموظفيين المُتوفيين، ولكن مع وجود أمراض مزمنة، تزداد احتمالية الإنتكاس والإضرار بالصحة مع زيادة ضغط العَمل”.

3- العمل بدون تَوقف

الشخص الطبيعي يَعمل حوالي 8 ساعات في اليوم، بينما موظفيين لجنة فَرز الأصوات الإنتخابية يَعملون من 20 إلى 24 ساعة وأحيانًا بدون نَوم لأيام متواصلة حتى تتم عملية فَرز الأصوات بِشكل صحيح.

إقرأ أيضا: خريطة نتائج جوكووي vs بروبوو في 34 محافظة بعد الفرز السريع

قال البروفيسور: “تنتهي ساعات العَمل الطويلة عادة بِتلك النتائج السيئة، خاصة مع مَن لديه تاريخ مع الأمراض. لذلك، في المستقبل يَجب أن يَتم تعديل ذلك النظام وأن يكون العَمل مُقسمًا بين الموظفين”.

4- بيئة العَمل ليست جيدة

يَعمل موظفيين اللجنة بِشكل متواصل حتى ينتهي فَرز الأصوات، غير مبالين للطقس الساخن أو البارد أو أي جَو يَضُر مصلحتهم.

قال آري مُعلقًا: “بيئة العَمل غير المناسبة لا تُساعد الموظفين أن ينتهوا من ماهمهم. لذلك يَجب توفير بيئة عَمل مناسبة ومريحة لهم”.

المترجم : محمد علي | المصدر: وكالة هيلث ديتيك الإخبارية


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Sebanyak 296 petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) meninggal hingga Senin (29/4/2019). Selain itu, data Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjukkan ada 2.151 orang petugas KPPS yang mengalami sakit.

Hal ini menunjukkan sistem Pemilihan Umum (Pemilu) yang dilakukan di Indonesia pada 2019 belum memenuhi standar kesehatan. Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Ari Fahrial Syam harus ada perbaikan sistem Pemilu supaya hal serupa tidak terulang.
“Bisa dengan mengubah sistemnya supaya lebih berorientasi pada kesehatan, atau syarat petugas KPPSnya yang diperbaiki,” kata Prof Ari pada detikHealth, Senin (29/4/2019).

Berikut hasil analisis yang dilakukan FKUI terkait kesehatan para petugas Pemilu di Indonesia.

1. Umur petugas terlalu tua
Menurut Prof Ari, data KPU menyatakan sebanyak 70 persen petugas KPPS berusia lebih dari 40 tahun. Riwayat kesehatan mereka tidak diketahui sebelumnya, padahal risiko penyakit kronis makin meningkat seiring usia.

“Dari pengalaman dan keilmuan kita tahu kemungkinan mengalami berbagai penyakit kronis lebih besar di usia lebih dari 60 tahun. Penyakit ini misalnya hipertensi, serangan jantung, hingga kanker,” kata Prof Ari.

2. Ada yang punya riwayat sakit
Prof Ari mengatakan, dirinya sempat mewawancarai keluarga 2 petugas KPPS yang meninggal saat menjalankan tugas. Salah satu petugas punya riwayat hipertensi yang tekanan darahnya naik karena beban kerja. Sementara satu lagi kerap merasa sesak napas yang ternyata serangan jantung. Petugas ini hanya 1 jam bertahan di rumah sakit sebelum akhirnya berpulang.

“Kita belum tahu jumlah petugas yang sebelumnya telah sakit. Namun dengan adanya riwayat sakit dan beban kerja yang berat, maka kemungkinan kambuh hingga mengganggu kesehatan petugas KPPS makin besar,” kata Prof Ari.

Kerja tidak memperhatikan waktu
Seseorang biasanya bisa bekerja dengan optimal dalam waktu 8 jam. Sayangnya petugas KPPS bisa bekerja hingga 20-24 jam bahkan tidak tidur hingga beberapa hari untuk menyelesaikan perhitungan suara.
“Jam kerja seperti ini yang akhirnya meningkatkan risiko kambuh pada petugas yang sebelumnya punya riwayat sakit. Mungkin ke depannya harus ada perbaikan sistem misal giliran (shift),” kata Prof Ari.

4. Lingkungan kerja yang tidak memenuhi syarat
Petugas KPPS umumnya langsung bekerja usai pemungutan suara selesai dilaksanakan. Cuaca panas, dingin, berangin kencang menjadi risiko yang harus dihadapi petugas KPPS.

“Lingkungan kerja yang kurang memenuhi syarat tidak membantu petugas KPPS menyelesaikan tugasnya. Petugas bisa bekerja dengan lebih baik di lingkungan yang sehat dan nyaman,” kata Prof Ari.

Penerjemah: Mohamed Ali | Sumber: health.detik.com

(82)

تعليقات
Loading...
Click Me