سحر الطبيعة في حديقة تامان أوجونغ في كارانغاسم، بالي

Berkunjung ke Taman Ujung di Karangasem, Bali

0 430

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – في عام 1963، حلّ الدمار بحديقة تامان أوجونغ في منطقة كارانغاسم، بالي بسبب اندلاع بركان جبل أغونغ. ثم قد تخلى بعد ذلك حتى عام 2003 ثم أعيد بناءها حتى يمكن للسياح التمتع بها مرة أخرى وبجمال حديقة تامان أوجونغ.

حديقة تامان أوجونغ حديقة ترفيهية بنيت في عام 1909 في فترة حكم الملك كارانغاسم. الملك تعد آخر الملك الذي حكم في كارانغاسم الملقب بإيدا أناك أغونغ أنغلورا كيتوت كارانغاسم.

كانت حديقة أوجونغ أنشئت لأجل استجمام العائلة الملكية وللترفيه عن الضيوف. فالآن أصبحت وجهة سياحية لدى السياح المحليين والأجانب.

مع مساحة 10 هكتار، هناك العديد من الأنشطة التي يمكن القيام بها في حديقة تامان أوجونغ. مثل التقاط الصور في وسط الحديقة المائية والتمتع بالعمارة التقليدية التي هي مزيج بين الطراز الآسيوي والأوربي  .كما  يمكن للسياح أن يتمتعوا بالملعب المائي ، والاسترخاء في بالة (بيندوبو)، الإطلاع على تاريخ مملكة كارانغاسم في حديقة تامان أوجونغ.

فوجود عدد من المواقع الجميلة في حديقة تامان أوجونغ، جعل الكثير من الأزواج يفضلونها كوجهة لالتقاط الصور التذكارية هناك. وسعر الدخول إلى حديقة تامان أوجونغ أيضا رخيص إلى حد ما وهو 10،000 روبية للشخص الواحد.

للذهاب إلى حديقة تامان أوجونغ يحتاج إلى مجهود ذلك لأن وسائل النقل قليلة. تقع حديقة تامان أوجونغ في قرية أوجونغ،الشارع الكبير تامان تومبو ، كارانغاسم، بالي.

ويستغرق من وسط دنباسار حوالي ساعتين ، مع مسافة 70 كيلومترا إلى حديقة  تامان أوجونغ. من المستحسن أن تستأجر السيارة للسفر إلى حديقة تامان أوجونغ. خاصة موقعها يمكن العثور في برنامج الخريطة الرقمية.

وإذا أردت أن تستخدم وسائل النقل فمن مطار نغورا راي يمكن أن تركب حافلة ترانس ساراجيتا الاتجاه نوسا دوا إلى باتوبولان. ومن باتوبولان، جيانيار، تركب الحافلة الصغيرة إلى كارانغاسم.

ولكن هذه الحافلة الصغيرة توقفك  أولا في محطة كلونكونغ، منطقة كلونجكونج ، قبل أن تواصل إلى كارانغاسم.

المترجم: هان هان علوم الدين | المحرر: : فارس البدر | المصدر: travel.kompas.com

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Tahun 1963, Taman Ujung di Kabupaten Karangasem, Bali pernah hancur lantaran letusan Gunung Agung. Sempat terbengkalai, sampai tahun 2003 wisatawan dapat menikmati kembali keindahan Taman Ujung.

Taman Ujung merupakan taman rekreasi yang dibangun pada 1909 di bawah pemerintahan Raja Karangasem. Sang Raja yang juga tercatat sebagai raja terakhir bertakhta di Karangasem bergelar Ida Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem.

Dulu Taman Ujung dibangun sebagai tempat peristirahatan keluarga kerajaan dan menjamu tamu. Sekarang wisatawan lokal maupun mancanegara berkunjung ke Taman Ujung.

Dengan luas 10 hektare, ada banyak hal yang dapat dilakukan di Taman Ujung. Berfoto di tengah taman air dan keindahan bangunan arsitektur Eropa-Bali jelas jadi hal wajib. Wisatawan juga dapat bermain rekreasi air, bersantai di bale (pendopo), dan melihat sejarah Kerajaan Karangasem di Taman Ujung.

Banyaknya lokasi indah di Taman Ujung, membuat banyak pasangan melakukan sesi foto pra nikah di sana. Harga masuk ke Taman Ujung juga terbilang murah Rp 10.000 per orang.

Untuk menuju Taman Ujung terbilang menantang karena minim transportasi umum. Taman Ujung terletak di Desa Ujung, Jalan Raya Taman Tumbu, Karangasem, Bali.

Dari pusat Denpasar memerlukan waktu sekitar dua jam perjalanan, dengan jarak tempuh 70 kilometer ke Taman Ujung. Menyewa kendaraan lebih disarankan untuk berwisata ke Taman Ujung. Apalagi letaknya dapat diakses di map digital.

Jika ingin berkunjung ke Karangasem menggunakan kendaraan umum dari Bandara Ngurah Rai dapat naik bus Trans Sarbagita jurusan Nusa Dua-Batubulan. Dari Batubulan, Gianyar, bisa naik kendaraan umum berupa minibus ke Karangasem.

Namun minibus ini singgah terlebih dahulu di Terminal Klungkung, Kabupaten Klungkung, sebelum melanjutkan perjalanan ke Karangasem.

Penerjemah: Hanhan Ulumuddin| Editor: Fares El-Badr| Sumber: travel.kompas.com

تعليقات
Loading...