صخرة عليها صورة بشر يصبح أيقونة السياحة لمنطقة واويو

Batu Menyerupai Wajah Manusia Jadi Ikon Wisata Waiwo

0 749

راجا أمبات، إندونيسيا اليوم – لا تزال الغابات الوارفة، النسيم العليل من البحر والجمال الطبيعي التراث الجيولوجي في مديرية راجا أمبات يحافظ عليها الناس حتى الآن. راجا أمبات لا تشتهر فقط  بالمعالم الطبيعية البحرية في العالم، ولكن لديها كثير من المقومات من روعة الطبيعة فوق مستوى سطح البحر التي تثير أيضا الاعجاب حتى أصبحت “سلوى للعين” الذي يتمتع به السياح المحليين والأجانب.

أن ما تشاهده من مناظر البحر وجمال الغابات الطبيعية التي تزينها آلاف الأشجار سوف تعجبك فعلاً، وستستمتع بما وراء جمال الجبال والغابات التي لا تزال تحت الحراسة. يظهر من جزيرة وايغيو مديرية راجا امبات  سطح جبل بجوار الشارع الرئيس لمنطقة وايغيو أي في حول الموقع السياحي وايوو الفريد وأنه مثير للعجب. كل تراث الطبيعة وفرادته يكون سببا لمنطقة ما لتستحق الرعاية. إن تفرد جبل الحجر الشبيه بوجه الإنسان الذي يطل على طريق جذاب للغاية عند مشاهدته.

وقد ظن الزائرون الذين لاحظوا تضخم الصخور الشبيهة بالشكل البشري، أنه كان من عمل الأيدي البشرية، غير أن ذلك الحجر المنحدر  تكون بشكل طبيعي. من اللوحة المكتوب عليها في هذا المكان، نعرف أن الوجه الفريد من الصخور على شكل وجه الإنسان جاء من نتيجة انجراف التربة بوسيلة شقوق كالسيوم كربونات والتي عاود تتبلور على سطح الحجر حتى تشكل التكلس الصغير ويشبه وجه الإنسان.

صخرة عليها صورة بشر يصبح أيقونة السياحة لمنطقة واويو150

وقال لطيف، أحد السكان الذي كان يأخذ صورة بخلفية الوجه بجرفة الصخر، إن هذه سياحة الطبيعة نالت اهتماما من الحكومة بسبب تفرده. وليس من الخطأ أن يظن بعض السياح أنه منحوت بيد الإنسان، لأن الشكل يلفت أنظار السياح. وأضاف عبد اللطيف: “هذه الجرفة قديمة جدا، وهذا النحت من الميراث الطبيعية، وليس من صنع الإنسان”.

ما أجمل منظر الطبيعة براجا أمبات! ونحن لا نخسر إذا خططنا لزيارتها. وأعد نفسك لقضاء الإجازة في راجا أمبات والاستمتاع بمناظرها الخلابة التي لا نظير لها  في العالم.

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: طلال الشايقي | المصدر: رادار سورونج


Raja Ampat, Indonesiaalyoum.com – Hutan rindang, aroma segar dari laut serta keindahan alam warisan geologi di Kabupaten Raja Ampat masih terjaga dana lestari hingga kini. Kabupaten Raja Ampat bukan hanya terkenal dengan objek wisata alam lautnya yang sudah mendunia, tetapi juga memiliki sejuta pesona alam di atas permukaan laut yang tak kalah menarik, dan juga jadi ‘santapan mata’ wisatawan domestic dan mancanegara.

Menyimak pemandangan laut serta keindahan hutan alam yang dihiasi ribuan pepohonan sungguh menyejukan hati. Di balik keindahan gunung dan hutan yang masih terjaga, Pulau Waigeo Kabupaten Raja Ampat memiliki tonjolan permukaan gunung di samping badan Jalan Distrik Waigeo tepatnya di sekitaran tempat wisata Waiwo yang unik dan tak kalah menariknya.  Seluruh warisan alam serta berbagai keunikan alam menjadi daerah yang sangat dilindungi. Keunikan gunung yang batu yang menyerupai wajah manusia yang mengarah ke badan jalan sangat menarik hati untuk memandangnya.

Pengunjung yang mengamati tonjoloan tebing batu menyerupai bentuk manusia ini, mengira bahwa jika itu adalah hasil karya tangan manusia, padahal tebing batu tersebut terbentuk secara alami. Dari papan nama yang dijumpai di tempat tersebut, diketahui jika wajah unik batu berbentuk wajah manusia tersebut disebabkan pelarutan difasilitasi oleh retakan bantuan larutan kalsium karbonat yang mengkristalkan kembali permukaan bantuan sehingga membentuk flowstone berukuran kecil dan menyerupai wajah manusia.

Latif, salah seorang warga yang ditemui sedang berpose dengan latar belakang wajah di tebing batu tersebut mengatakan, wisata alam ini menjadi perhatian pemerintah karena keunikannya. Tak salah jika sebagian wisatawan mengira itu goresan tangan manusia, karena bentuknya pun dapat mengalihkan pandangan wisatawan. “Ini adalah tebing yang sudah sangat lama, ini adalah goresan warisan alam, bukan buatan manusia,” kata Latif.

Sungguh mempesonanya alam Raja Ampat, kita tak akan rugi menjelajahinya. Persiapkan diri Anda untuk berlibur di Raja Ampat serta menikmati pemandangan alam Raja Ampat yang  keindahanannya tidak ada duanya di dunia.

Penerjemah: Sairul Nafsahu | Editor: Talal Al-Shaiqi | Sumber: Radar Sorong

تعليقات
Loading...