صناعة البتروكيماويات تقلص الواردات بعد حصولها على المستثمرين

Gaet Investor, Industri Petrokima bakal Pangkas Impor

0 750

 

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – تستهدف الحكومة الإندونيسية عام 2025 أن تكون الصناعات البتروكيماوية المحلية قادرة على إنتاج أكثر من 4 ملايين طن من المواد الكيميائية المختلفة. وبالتالي، يمكن إيقاف ارتفاع عدد الواردات الكيميائية للاحتياجات الصناعية التي تصل قيمته الآن إلى 20 مليار دولار أمريكي في كل سنة.

تشتمل هذه المواد الكيميائية على تكسير النفثا والميثانول والبيوتادين التي تعتبر من المواد الخام الرئيسية في عملية إنتاج المنتجات المهمة مثل البلاستيك والمنسوجات والدهانات ومستحضرات التجميل والأدوية.

قال المدير العام للصناعات الكيماوية والمنسوجات المتعددة، سيغيت دوي واهجونو،  إن الحاجة إلى المواد الكيميائية كمادة خام للإنتاج في إندونيسيا تصل إلى 6 ملايين طن في السنة، مع أن القدرة المركبة المملوكة حاليا هي 800 ألف طن فقط. ونتيجة لذلك، يجب على الصناعات التحويلية استيراد المواد شبه النهائية لمساعدتها في العمليات الإنتاجية.

وصرح سيغيت في القمة الصناعية بقاعة جى سي سي، جاكرتا، أمس : “صراحةً أن صناعاتنا البتروكيماوية ما زالت في طور التحسن. ولم يكن خلال 20 عاما أي استثمار في هذا القطاع. وأخيرا في عام 1995، كان شاندرا أسري يستثمر في بناء مصنع المواد الكيميائية. ومنذ ذلك الحين لم يكن هناك مستثمراً بعده”.

وأضاف أن رغبة المستثمرين قليلة في قطاع البتروكيماويات، ولا يتجزأ عدم هذه الرغبة عن مقدار الأموال التي يجب دفعها لبناء أنواع من البنية التحتية الداعمة. “ولكن الحكومة تقوم الآن بحملة ترويجية كبيرة، ونحن ندعو المستثمرين للاستثمار وإنشاء المصانع ذات الكمية الكبيرة”.

وأعرب سيغيت عن رغبة تشاندرا آسري كمستثمر محلي، في إنفاق 6 مليارات دولار أمريكي بالتدريج حتى عام 2021 لزيادة الطاقة الإنتاجية حتى تبلغ مليون طن.

بالإضافة إلى ذلك، توجد الشركة المستثمرة الجديدة وهي لوتي كيمياكال تيتان التي ستنشئ مصنعا يتسع لـــ 1 مليون طن من تكسير النفثا كل عام. كما تنشئ  شركة جينتينج ناتونا للبترول مصنعاً للميثانول في بابوا بسعة 1.8 مليون طن. ثم تليها شركة بوبوك إندونيسيا بالتعاون مع فيروستال، إحدى الشركات الألمانية، لإنتاج الميثانول بسعة تصل إلى مليون طن.

وختم سيغبت قوله: “يستغرق هذ الأمر بعض الوقت. ولكن إذا بدأنا منذ الآن، فسنشهد نتائجه في السنوات القليلة المقبلة. وسيكون لدينا إنتاج أكثر من 4 ملايين طن من المواد الكيميائية المختلفة للمواد الخام الصناعية. وإذا زادت احتياجاته في وقت لاحق، وعلى الأقل أننا نلبي 50٪ من تلك الاحتياجات من المنتجات المحلية.

المترجم: سايرول نفساهو |المحرر: فارس البدر | المصدر:  ميديا إندونيسيا

Jakarta – Indonesiaalyoum.com. Pemerintah Indonesia menargetkan pada 2025 industri petrokimia dalam negeri mampu menghasilkan lebih dari 4 juta ton berbagai bahan kimia. Dengan demikian, angka importasi bahan kimia untuk kebutuhan industri yang kini nilainya mencapai US$20 miliar per tahun dapat ditekan.

Bahan-bahan kimia tersebut misalnya nafta cracker, metanol dan butadiene yang merupakan bahan baku utama dalam proses produksi produk-produk penting seperti plastik, tekstil, cat, kosmetika, dan farmasi.

Direktur Jenderal Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka (IKTA) Achmad Sigit Dwiwahjono mengungkapkan saat ini kebutuhan bahan kimia sebagai bahan baku produksi di Indonesia mencapai 6 juta ton per tahun. Padahal, kapasitas terpasang yang dimiliki saat ini hanya 800 ribu ton. Alhasil, industri di sisi hilir harus mengimpor bahan setengah jadi untuk membantu proses produksi mereka.

“Industri petrokimia kita memang masih dalam proses menuju perbaikan. Selama 20 tahun tidak ada investasi yang masuk untuk sektor itu. Terakhir pada 1995, waktu itu Chandra Asri menanamkan modal untuk membangun pabrik bahan kimia. Sejak itu tidak ada lagi,” ujar Sigit dalam acara Industrial Summit di JCC, Jakarta, kemarin.

Begitu kecilnya minat investor untuk menanamkan modal di sektor petrokimia, lanjut Sigit, tidak terlepas dari besarnya dana yang harus digelontorkan untuk membangun berbagai infrastruktur pendukung. “Tetapi sekarang pemerintah melakukan promosi besar. Kami gaet investor untuk menanamkan modal, membuat pabrik dengan kapasitas besar,” tuturnya.

Sigit mengungkapkan, Chandra Asri selaku investor lokal, secara bertahap hingga 2021 akan mengeluarkan dana sebesar US$6 miliar untuk menambah kapasitas produksi hingga 1 juta ton.

Di luar itu, terdapat pemain baru yakni Lotte Chemical Titan yang akan membangun pabrik berkapasitas 1 juta ton nafta cracker per tahun. Genting Oil Natuna pun akan membangun pabrik metanol di Papua dengan kapasitas 1,8 juta ton. Kemudian disusul Pupuk Indonesia yang bekerja sama dengan Ferrostaal, salah satu perusahaan asal Jerman, juga untuk memproduksi methanol dengan kapasitas 1 juta ton.

“Ini memang butuh waktu. Tetapi kalau kita mulai dari sekarang, hasilnya akan dapat dirasakan dalam beberapa tahun ke depan. Kita akan memiliki produksi lebih dari 4 juta ton berbagai bahan kimia untuk keperluan bahan baku industri. Kalaupun nanti kebutuhannya meningkat, setidaknya kita bisa memenuhi 50% kebutuhan itu dari hasil dalam negeri,” tandas Sigit. (A-2).

Penerjemah: Sairul Nafsahu |Editor: Fares alBadr | Sumber: Media Indonesia

 

تعليقات
Loading...