صناعة الطائرة “نورتانيو ” N219 جيل إندونيسي أكثر تقدما من الطائرات الأجنبية

Lebih Canggih dari Pesawat Asing, Pesawat "Nurtanio" N219 Karya Anak Bangsa

0 1٬469

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – الطائرات N219 التي صنعتها شركة ديرغانتارا الإندونيسية (IPTDI) وتم تسميتها من قبل الرئيس جوكو ويدودو .فالطائرات N219 لها إيجابية غير عادية، حتى أنها أفضل من الطائرات الأجنبية المماثلة لها.

الطائرة N219 لها 19 مقعدا مع محرك المروحية من نوع هارتزيل 4- بليد المعادن المروحية. ومع هذا النوع من الطائرة يمكن أن تهبط على المدرج الذي يبلغ طوله 600 متر فقط.

وقال نائب مدير أعمال التعدين والصناعات الاستراتيجية والإعلام في وزارة الشركات المملوكة للدولة فجار هاري سامبورنو،: “لذلك، فإن هذه الطائرة مستخدمة للوصول إلى المناطق النائية في إندونيسيا”.

صناعة الطائرة "نورتانيو " N219 جيل إندونيسي أكثر تقدما من الطائرات الأجنبية

هذا ويمكن استخدام طائرات N219 لنقل الركاب المدنيين، والنقل العسكري، ولنقل البضائع أو الشحن ، والإخلاء الطبي، حتى المساعدة في الكوارث الطبيعية.

الطائرات المماثلة الحالية لطائرة N219 هي طائرة تاوين أوترDHC-6 من كندا. وبالمقارنة مع الطائرة تاوين أوترDHC-6 ،، فإن طائرة N219 أكثر حداثة من جانب أنها أرخص ثمنا.

هذه الأفضلية نابعة من نظام الطائرة التي تستخدم أحدث الأنظمة مثل ما استخدمتها طائرات هذا العصر، ولذلك من السهل حصول قطع الغيار المخصص لها.

صناعة الطائرة "نورتانيو " N219 جيل إندونيسي أكثر تقدما من الطائرات الأجنبية

وفق ما نقله موقع ديتيكفينانس أن أقصى سرعة لطائرات N219   تصل إلى 210 عقدة، وبلغت أدنى سرعة إلى 59 عقدة. وهذا يعني أن سرعة الطائرات منخفضة إلى حد ما ولكن مع ذلك لا يزال إمكانية السيطرة عليها سهلة، وهذا مهم خاصة عند دخول المناطق المنحدرات والجبال.

وجدير بالذكر أن الطائرة N219 قادرة على حمل حمولات تصل إلى 7.030 كجم عند الإقلاع و6.940 كجم عند الهبوط. وسرعة الطائرات N219 يمكن أن تصل إلى 210 عقدة مع سرعة المتوسطة 190 عقدة.

و من المميزات الأخرى للطائرة N219 أيضا قدرتها على التعديل إلى طائرات النقل برمائية التي يمكن أن تهبط فوق البحر. وبهذا سيتوقع أن يدعم السياحة البحرية في إندونيسيا.

كما نقلت الصحيفة سيندو نيوز أن الرئيس جوكوي يأمل بعد مراسم الافتتاح التي سيتم تنفيذ عملية التجارة . قال جوكوى فى مطار حليم بيرداناكوسوما التابع للقوة الجوية فى جاكرتا يوم الجمعة 10/11/2017. “يجب ان تكون الطائرة قابلة للتسويق وقادرة على المنافسة في أعمال التجارة الدولية”،

المترجم : هان هان علوم الدين | المحرر: فارس البدر | المصدر : GNFI


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Pesawat N219 buatan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) diberi nama Nurtanio oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). N219 menyimpan kecanggihan luar biasa, bahkan lebih baik dari pesawat sejenis buatan asing.

N219 merupakan pesawat dengan kapasitas 19 seat dengan bermesin baling-baling (propeller) dengan jenis Hartzell 4-Blade Metal Propeller. Dengan jenis ini maka pesawat mampu mendarat di landasan (runway) yang hanya memiliki panjang 600 meter.

“Dengan begitu, maka memang pesawat ini diperuntukkan menjangkau wilayah terpencil di Indonesia,” kata Deputi Usaha Tambang, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno, beberapa waktu lalu pada Liputan 6.

Pesawat N219 bisa digunakan untuk mengangkut penumpang sipil, angkutan militer, angkutan barang atau kargo, evakuasi medis, hingga bantuan saat bencana alam.

Pesawat sejenis yang menjadi pesaing N219 saat ini adalah Twin Otter DHC-6 yang berasal dari Kanada. Dibandingkan Twin Otter, peseawat , pesawat N219 memiliki model lebih modern dan harganya lebih murah.

Efisiensi ini didapatkan karena sistem pesawat ini telah menggunakan sistem terbaru yang digunakan pesawat-pesawat saat ini, sehingga suku cadangnya juga mudah didapatkan.

Seperti yang dikutip dari dokumen detikFinance pesawat N219 memiliki kecepatan maksimum mencapai 210 knot, dan kecepatan terendah mencapai 59 knot. Artinya kecepatan cukup rendah namun pesawat masih bisa terkontrol, ini penting terutama saat memasuki wilayah tebing dan pegunungan.

Pesawat N219 mampu mengangkut beban hingga 7.030 kilogram (kg) saat take off dan 6.940 kg saat mendarat. Kecepatan pesawat N219 bisa mencapai 210 knot dengan kecepatan ekonomisnya 190 knot.

Kelebihan lain dari N219 ini juga mampu dimodifikasi menjadi pesawat angkut amfibi, dimana bisa mendarat di laut. Ini diklaim akan menopang wisata bahari di Indonesia.

Jokowi berharap, setelah diresmikan selanjutnya proses bisnis harus bisa dilaksanakan. “Harus bisa dipasarkan harus bisa masuk komersial dunia,” kata Jokowi di Pangkalan TNI-AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat 10/11/2017), seperit yang dikutip Sindo News.

Penerjemah: Han Han Ulumuddin | Editor: Fares Albadr | Sumber: GNFI

تعليقات
Loading...