صورة بيت ليماس في ورقة نقدية 10 ألف روبية التي لها كامل الفلسفة

Rumah Limas di Uang 10 Rbu yang Penuh Filosofi

0 645

 

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  بيت ليماس في المال Rp 10 ألف مألوفة بالفعل. بالإضافة إلى التاريخ ، هذا البيت لديه فلسفة.

وقد زار ديتيك ترافيل منذ بعض الوقت منزل ليماس الذي كان يقف في المتحف الوطني جنوب سومطرة أو متحف بالابوترا الأكثر شهرة. تم بناء المنزل الخشبي منذ عام 1830 وتغير عدة مرات.

هناك العديد من الامتيازات لبيت ليماس تتم طباعتها بمبلغ 10 آلاف روبية. واحد منها، زينة التي توجد فوق السقف توضع على شكل  سيمبار (نوع نبات في إندونيسيا) وهذا سيمبار ليس مجرد زينة وإنما تكون كمانع الصواعق.

صورة بيت ليماس في ورقة نقدية 10 ألف روبية التي لها كامل الفلسفة
الصورة: ديتيك

عدد رموز سيمبار التي وضع على أطراف سقف البيت يختلف قصده عن البعض، فإن كان فيه رمزان فهو يقصد أو رمز لآدم و الهواء، فإن كان ثلاثة رموز فيقصد الشمس والقمر والنجوم، وإن كانت فيه أربعة يقصد خلفاء الأربع الراشدين، وإن كان فيه خمسة رموز فهي أركان الإسلام .

عند الدخول إلى داخل المبنى، لا تزال حالة المبنى مرئية وقوية. سيتم توجيه كل زائر يأتي من قبل دليل المتحف.

بالإضافة إلى الحفاظ على سلامة المبنى من الأضرار الناجمة عن الأيدي الطويلة وغير المسؤولة. أيضا لإعطاء تفسير لتاريخ وجود المنازل التقليدية على أرض سريويجايا للزائرين .

من خارج البيت ترى كوة الهواء، بالإضافة إلى العمل بمثابة الكوة  يخدم أيضا لرؤية الضيوف الذين يأتون. بدلاً من ذلك، لن يتمكن الضيوف من رؤية الشخص داخل المنزل.

صورة بيت ليماس في ورقة نقدية 10 ألف روبية التي لها كامل الفلسفة - hk
الصورة: ديتيك

يتكون منزل ليماس من طبقات مع عدة غرف ، وهذا ليس للتمييز بين طبقة من شاغلي المنزل. المستوى الأول هو جدار يمكن استخدامه أيضًا كحد أقصى إذا كان هناك حدث عائلي في ذلك الوقت.

“عدم التمييز بين الطبقات ، ولكن هذا يعني وجود عائلة كبيرة تعيش هنا. إذا نظرنا إلى هذا العدد من الغرف والمستويات، إذا جاء الضيوف مزدحمين ، فسيتم رفع الجدار إلى سطح البيت “، كما قال المؤرخ من سومطرة الشمالية

آخر من سكن هذا البيت هو الأمير باتون. وقد انتقل بالفعل عدة مرات من بامولوتان في أوغن إيلير، وانتقل بعد ذلك إلى خلف مكتب رئيس بلدية باليمبانج ثم وضع أخيرا في هذا المكان”، وقال مرة أخرى.

المترجمة :مايا يونياتي | المحرر: فارس البدر | المصدر: ديتيك

Jakarta، Indonesiaalyoum.com – Rumah Limas yang ada di uang Rp 10 ribu memang sudah tidak asing lagi. Selain penuh penuh sejarah، rumah ini punya filosofi.

detikTravel beberapa waktu lalu sempat mengunjungi rumah Limas yang berdiri di Museum Negeri Sumatra Selatan atau lebih dikenal Museum Balaputra Dewa. Rumah yang terbuat dari kayu itu sudah dibangun sejak tahun 1830 dan bebrapa kali berpindah tempat.

Ada banyak keistimewaan hingga rumah Limas ini dicetak di uang pecahan Rp 10 ribu. Salah satunya terdapat pada bagian atap dengan ornamen berbentuk Simbar. Simbar ini bukan hanya sebagai hiasan، tapi juga sebagai penangkal petir.

“Jumlah Simbar itu berbeda-beda، kalau ada dua itu melambangkan Adam Hawa. Tiga itu melambangkan matahari، bulan dan bintang. Empat itu sahabat nabi dan lima itu menggambarkan rukun islam،” kata Pamong Budaya Museum Balaputra Dewa، Meriati Saragih saat berbincang dengan detikTravel.

Saat memasuki bagian dalam bangunan، terlihat kondisi bangunan masih berdiri kokoh. Setiap pengunjung yang datang akan dipandu oleh pamong di museum.

Selain untuk menjaga keutuhan bagunan dari kerusakan akibat tangan usil dan tak bertanggungjawab. Juga untuk memberi penjelasan sejarah keberadaan rumah adat di Bumi Sriwijaya bagi pengunjung yang datang.

Dari luar terlihat fentilasi udara، selain sebagai fentilasi juga berfungsi melihat tamu yang datang. Sebaliknya، tamu tak akan bisa melihat orang di dalam rumah itu.

Rumah Limas memang dibuat berjenjang dengan beberapa kamar، ini bukan untuk membedakan kasta si penghuni rumah. Jenjang pertama terdapat dinding yang juga dapat dijadikan plafon jika sedang ada acara keluarga pada masa itu.

“Bukan untuk membedakan kasta-kasta، tapi ini artinya ada keluarga besar yang tinggal disini. Terlihat dari jumlah kamar dan jenjang، kalau tamu datang ramai maka dinding akan diangkat jadi palfon،” sambung sejarahwan asal Sumatera Utara ini.

“Rumah ini terakhir dihuni oleh Pangeran Batun. Sudah beberapa kali dipindahkan mulai dari Pamulutan di Ogan Ilir، lanjut ke belakang kantor Wali Kota Palembang hingga akhirnya diletakkan di sini،” katanya lagi.

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Fares alBadr | Sumber: Detik.com

 

تعليقات
Loading...