عائدات الضرائب الإندونيسية تزيد بنسبة 14 بالمائة

Penerimaan Pajak Hingga Februari Tumbuh 14 Persen

0 598

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – وزيرة المالية الإندونيسية سري موليانا إندراواتي تقول أن إرادات الضرائب حتى فبراير2018 زادت بنسبة 14 بالمائة عن الفترة نفسها من العام الماضي. و إذا لم تحسب الأموال المعفاة من الضرائب يمكن أن تصل النسبة حتى 15 بالمائة.

بلغت ضرائب العام الماضي حتى فبراير 140.9 تريليون روبية. مكونه من 134.6 تريليون ضرائب، و 6.3 مليار جمارك. بينما ضرائب هذا العام حتى فبراير فإنها تقدر بحوالي 160.62 تريليون روبية.

و لم تفصل سري مولياني أكثر عن إسهام كل من الضرائب و الجمارك هذا العام، لكنها ذكرت أن ضرائب هذا العام زادت بنسبة 7 بالمائة عن زيادة العام الماضي، و قبل عامين كانت الزيادة أقل بثلاثة بالمائة.

صرحت سري في المجمع الرئاسي، الثلاثاء 6/3:”إذا نظرنا للنموالاقتصادي، فإنه يشهد زخم يمكن أن نلحظه من حاصلات الضرائب، التي هي واجهة للأنشطة الاقتصادية في المجتمع”.

وأضافت، هذا الوضع يعني أن الدخل في الميزان التجاري الإندونيسي في وضع جيد. و أن الاقتصاد الإندونيسي يصبح أكثرقوة مع الوقت، ليكون قادرًا على مواجهة التقلبات العالمية، و التي تأتي بشكل رئيسي من الولايات المتحدة.

و مع تحسن الإرادات الداخلية، فأن الحاجة إلى التمويل الخارجي ستقل. و ذلك فإن نسبة العجز في الموازنة العامة للدولة ستقل كذلك، وقد بلغت نسبة العجز في موازنة 2018 (2.19) بالمائة.

أضافت الوزيرة الإندونيسية:” نستطيع أن نقول أن حالة الموازنة العامة في أول شهرين جيدة للغاية. بالتأكيد إندونيسيا تستطيع الصمود إذا كانت هناك مشاكل اقتصادية عالمية”.

في ميزانة 2018، فإن الضرائب المستهدف جمعها تبلغ 1618 تريليون، و التي تتكون من 1323 تريليون ضرائب، و 194.1 تريليون جمارك. هذه الأرقام ترتفع بنسبة 16.08 بالمائة عن عام 2017، حيث دخلت خزينة الدولة 1393.8 تريليون روبية من الضرائب.

 

المترجم : مؤمن مجدي | المصدر CNN Indones

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut, penerimaan perpajakan hingga Februari 2018 tumbuh 14 persen dibanding periode yang sama tahun lalu (year-on-year/yoy). Jika tidak digabung dengan penerimaan dari kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty) di tahun lalu, pertumbuhan penerimaan perpajakan bahkan mencapai 15 persen.

Dengan mengambil angka penerimaan perpajakan hingga Februari tahun lalu sebesar Rp140,9 triliun yang terdiri dari pajak sebesar Rp134,6 triliun dan bea cukai sebesar Rp6,3 triliun, maka penerimaan perpajakan di Februari ini ditaksir sebesar Rp160,62 triliun.

Sri Mulyani memang tidak merinci lebih jauh ihwal masing-masing kontribusi penerimaan dari pajak dan bea cukai. Namun, ia menyebut, pertumbuhan ini lebih baik dibanding tahun lalu sebesar 7 persen dan dua tahun sebelumnya minus 3 persen.

“Kalau dilihat dari pertumbuhan ekonomi, artinya momentum meningkat. Terlihat dari sisi perpajakan yang menunjukkan aktivitas,” ujar Sri Mulyani di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (6/3).

Lebih lanjut, ia mengatakan, kondisi ini mengartikan bahwa pos penerimaan di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) terbilang positif. Dengan demikian, ketahanan ekonomi Indonesia kian tebal dalam menghadapi sentimen global, yang terutama berasal dari Amerika Serikat.

Semakin baik penerimaan pajak, maka kebutuhan pembiayaan eksternal pun bisa semakin ditekan. Rasio defisit APBN terhadap Produk Domestik Bruto pun dapat semakin ditekan dari target sebesar 2,19 persen dalam APBN 2018.

“Bisa dibilang kondisi APBN dalam dua bulan pertama sangat positif. Kalau pondasi dari APBN bisa dijaga, tentu saja Indonesia bisa menahan kalau ada arus dari luar,” ucap dia.

Pada APBN 2018, penerimaan perpajakan ditarget di angka Rp1.618 triliun yang terdiri dari penerimaan pajak sebesar Rp1.424 triliun dan bea cukai sebesar Rp194,1 triliun. Angka ini meningkat 16,08 persen dibanding realisasi tahun 2017 sebesar Rp1.393,8 triliun.

Translated by: Momen Magdy | Source: CNN Indones

 

 

تعليقات
Loading...