عروض الثقافة التقليدية المحلية والأجنبية في موكب إيراو كوتاي

Budaya Adat Lokal dan Asing Tumpah Ruah di Parade Erau Kutai

0 785

كوتاي ، إندونيسيا اليوم – في إطار الفعاليات الاستعراضية للتقاليد والثقافة في منطقة تينجارونج شرق كاليمنتان حظيت بالحيوية من قبل عدد من الوحدات من الخارج. احتشد الآلاف من الناس في الشوارع على طول موكب الثقافة و التقاليد الدولي في كوتاي ومهرجان الفن الشعبي الدولي عام 2018.

مدينة تينجارونج في منطقة كوتاي كارتانيكارا ، شرق كاليمنتان ، تبدو مختلفة عن الأيام المعتادة. الشوارع ممتلئة. الباعة مننشرون في الشوارع وعلى جنبات الطريق ، وتركز جميع الكاميرات على مشهد على الطريق بطول 2 كم. السعادة تغمر الجميع… بدءاً من أمام سكرتارية بوابة الملك وجسر ريبو ريبو وجسر الحديد إلى كيداتون كوتاي كارتانيغارا.

عروض الثقافة التقليدية المحلية والأجنبية في موكب إيراو كوتاي1

“نشاط الجماهير غير عادي، وشاهد الكل المعتقدات الثقافية لنوسانتارا التي امتزجت مع ثقافات العالم ،” قال رئيس تقويم الحدث من وزارة السياحة أستي ريكو أستوتي ، السبت (21/07/2018).

ونثمن بشدة حماسة المواطنين والسياح منذ الساعة 08.00 صباحا . الجانب الأيسر و الأيمن على طول الطريق الذي يمر به المشاركون في هذا المهرجان ، مزدحم بالفعل مع الجموع البشرية الهادرة. الجميع في هذا الكرنفال الثقافي منسجمون .

عروض الثقافة التقليدية المحلية والأجنبية في موكب إيراو كوتاي2

الزوار الذين يأتون شغوفين لمشاهدة الثقافات الرائعة. هناك داياك ، مينانج ، كوتاي ، توراجا ، شمال سولاويزي ، إنتيىتي ، جاوا ، بانيووانجي ، لومبوك إو ريوك بونوروكو .

من الخارج توجد المجر والهند وبولندا ورومانيا وتركيا التي تظهر المهارة. تحولت الشوارع المتقاطعة مليئة بالشرطة إلى بحر من الناس.

وأضاف أستي “اللجنة تقدر أن هناك الآلاف من الناس الذين حضروا لمشاهدة افتتاح معرض التراث و الثقافة ومهرجان الفنون الشعبية الدولي”.

و شارك أيضا مجموعة جيل سحر اندونيسيا في هذا الحدث. هناك فريق خاص لالتقاط الصور ، وهناك فريق للكتابة و التوثيق الفيديو ليتم فيها بث هذا البرنامج . هذه المجموعة من محبي السياحة لا عن توثيق كل اللحظات . و يتم مشاركة أفضل النتائج مباشرة في وسائل التواصل الاجتماعية .

عروض الثقافة التقليدية المحلية والأجنبية في موكب إيراو كوتاي3

وزير السياحة عارف يحيى قال إنه يقدر هذا البرنامج . و لم يتردد في التهنئة بنجاح تنفيذ هذا المعرض التراثي الثقاقي ومهرجان الفن الشعبي الدولي .

“هذا يدل على أن تينجارونج مدينة غنية بالثقافة ومتاحة للسياح ، والمزيد من الأحداث التي تخلق الرهبة العامة ، وكلما انتشرت في المطويات الترويجية، كان ذلك أفضل” ، كما أوضح عارف.

عروض الثقافة التقليدية المحلية والأجنبية في موكب إيراو كوتاي4

المترجمة : مايا يونياتي | المحرر : د . طلال الشايقي | المصدر: ديتيك


Kutai, Indonesiaalyoum.com –  Parade adat dan budaya di Tenggarong Kalimantan Timur dimeriahkan juga oleh sejumlah kontingen dari mancanegara. Ribuan orang memadati jalanan sepanjang Parade Budaya Internasional Erau Adat Kutai dan International Folk Art Festival (EIFAF) 2018.

Kota Tenggarong di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, berbeda dibandingkan hari-hari biasanya. Jalan-jalan penuh. Pedagang kaki lima membanjir di tepi jalan. Kamera handphone sampai video, fokus pada pemadangan di rute jalan sejauh 2 km. Mereka menyemut rata dari mulai depan Sekretariat Gerbang Raja, Jembatan Repo-Repo, Jembatan Besi sampai Kedaton Kutai Kartanegara.

“Animo masyarakat luar biasa. Semua antusias menyaksikan suguhan budaya nusantara yang dipadukan budaya dunia,” tutur Ketua Calendar of Event (CoE) Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuti, Sabtu (21/7/2018).

Antusiasme warga dan wisatawan memang sudah terlihat sejak pukul 08.00 WITA. Sisi kiri kanan di sepanjang rute yang dilalui peserta festival budaya Nusantara dan internasional ini, sudah disesaki lautan manusia. Semuanya menonton dengan tertib kirab budaya yang melintas sejauh 2 km.

Pengunjung yang datang dibuat bergairah dengan suguhan beragam budaya keren. Ada Dayak, Minang, Kutai, Toraja, Sulawesi Utara, NTT, Jawa, Banyuwangi, Lombok sampai Reog Ponorogo.

Dari mancanegara ada Hongaria Hongaria, India, Polandia, Rumania dan Turki yang unjuk kebolehan. Jalanan yang sudah disterilkan aparat kepolisian berubah jadi lautan manusia.

“Estimasi panitia ada ribuan orang yang datang menyaksikan pembukaan Kirab Budaya Erau Adat Kutai dan International Folk Art Festival,” tambah Esthy.

Generasi Pesona Indonesia (GenPI), juga ambil bagian dalam acara tersebut. Ada tim foto, penulis, video, dan sosial media yang diterjunkan ke Tenggarong. Komunitas pecinta pariwisata ini tak pernah berhenti mengabadikan semua momen. Merekamnya ke dalam gadget. Kamera. Video. Hasil-hasil terbaiknya langsung dishare ke dunia maya.

“Hobi traveling saya jadi lebih bermanfaat. Saya bisa nge-vlog, bikin tulisan, foto-foto. Dan semuanya bahkan dijadikan tranding topics. Keren kan,” timpal Yopie Pangkey, anggota GenPI asal Lampung.

Menpar Arief Yahya pun langsung mengapresiasi acara tersebut. Dia tak ragu mengucapkan selamat dan sukses atas pelaksanaan Erau Adat Kutai dan International Folk Art Festival (EIFAF) 2018.

“Ini semakin menunjukkan Tenggarong di Kutai Kartanegara sebagai kota yang kental budaya dan available buat wisatawan. Makin banyak events yang memgundang kekaguman publik, makin tersebar dalam kemasan promosi yang bagus, akan semakin bagus,” jelas Arief.

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Talal Al-Shaiqi | Sumber: Detik

تعليقات
Loading...