إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

علماء أفغانستان و باكستان يجتمعون في جاكرتا

Ulama Afganistan dan Pakistan Berkumpul Maret di Jakarta

460

جاكرتا، إندونيسيا اليوم نائب الرئيس السيد يوسف كالا يجتمع بمجلس علماء إندونيسيا لبحث الاستعدادات اللازمة قبل اللقاء المزمع عقده في إندونيسيا مارس الجاري. حيث سيجتمع علماء ثلاثة دول هم أفغانستان و باكستان و إندونيسيا.

و يأمل كالا أن يصل هذا الاجتماع لاتفاق يساعد على إحلال السلام في أفغانستان. و سيمثل كل دولة من الدول الثلاث خمس عشرة عالمًا.

صرح كالا أثناء تواجده بمقر مجلس علماء إندونيسيا، الثلاثاء 6/3:” أفغانستان مثل إندونيسيا؛ صوت علماء الدين مهم جدًا و كلمتهم مسموعة. لذلك فإننا نأمل أن يكون هذا اللقاء بمثابة مظلة أو تمهيد للقاء قادم يهدف لإحلال السلام في أفغانستان”.

بالنظر لنتيجة الاجتماع الذي عقد في أفغانستان الأسبوع الماضي، فوفقًا لكالا فإن الحكومة هناك قد وافقت على الحوار و الحفاظ على السلام و تقبل مقاتلي طالبان.

أضاف كالا:” حكومة أفغانستان قد وافقت على الأهداف المبدئية التي عرضت عليها. و منها قبول دخول طالبان المعترك السياسي و لكن بدون سلاح هذه المرة”.

بخلاف مناقشة استعدادات لقاء علماء الثلاث دول، تمت مناقشة سبل تعزيز التعاون مع أفغانستان في مجال الاستيراد و التصدير.

قال وزير الخارجية السيد رينتو مرصودي أن التعاون هذا ضروري لتعزيز الاقصاد الأفغاني. حيث أن أفغانستان تعتبر من الدول القارية أو الدول التي يس لديها منفذ بحري.

قال رينتو:” إنهم يرغبون في تحسين القدرة التنافسية لمنتجاتهم؛ لذلك فإنهم يطلبون مساعدة إندونيسيا في تحسين قدرتهم التنافسية”.

و واصل:” الحكومة الإندونيسية من جانبها ستعطي أفغانستان منحًا دراسية في مجال التعدين، و كذلك فإن مجلس علماء إندونيسيا قد قام بتجهيز 135 منحة دراسية لأفغانستان”.

لقاء العلماء هذا يعتبر متابعة لزيارة نائب الرئيس الإندونيسي يوسف كالا إلى أفغانستان في آخر فبراير الماضي.

و كانت زيارة كالا في إطار متابعة إندونيسيا لجهودها في إحلال السلام في أفغانستان. و أثناء تواجده في أفغانستان شارك كالا في مؤتمر كابل للسلام كمتحدث ضيف.

و كان الرئيس الإندونيسي جوكوويدودو قد أكد التزام إندونيسيا بدعم السلام في أفغانستان خلال زيارته الدولة في 29 يناير الماضي.

 

 

 

المترجم : مؤمن مجدي | المصدر: CNN Indonesia

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) membahas persiapan pertemuan ulama tiga negara yakni Afghanistan, Pakistan, termasuk Indonesia yang akan digelar pada Maret ini di Jakarta.

Dari pertemuan ulama ketiga negara ini, kata JK, diharapkan dapat menghasilkan kesepakatan bersama untuk mendamaikan konflik di Afghanistan. Rencananya tiap negara akan diwakili masing-masing 15 ulama.

“Itu sangat penting karena Afghanistan seperti Indonesia juga, suara alim ulama sangat penting. Hasil pertemuan ulama ini diharapkan bisa jadi ‘payung’ sebelum ada pertemuan perdamaian yang lebih teknis,” ujar JK di gedung MUI, Jakarta, Selasa (6/3).

Dari hasil pertemuan di Afghanistan pekan lalu, menurut JK, pemerintah setempat telah sepakat untuk berdialog, menjaga perdamaian, termasuk menerima kelompok militan Taliban.

“Pemerintah Afghanistan sudah setuju dengan tujuh pasal yang diberikan, di antaranya termasuk menerima Taliban masuk dalam suatu perjuangan politik, tapi bukan dengan senjata lagi,” tuturnya.

Selain membahas persiapan pertemuan ulama tiga negara, pihaknya juga membahas kerja sama Afghanistan di bidang ekspor impor dengan MUI.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan kerja sama ini diperlukan untuk memperkuat kemampuan ekonomi Afghanistan, mengingat negara itu termasuk land locked country atau tak memiliki wilayah perairan.

“Mereka merasa perlu meningkatkan daya saing produk-produknya. Oleh karena itu mereka minta Indonesia bantu agar memiliki daya saing yang lebih baik,” ucap Retno.

Pemerintah, lanjutnya, juga akan memberikan beasiswa di bidang pertambangan untuk Afghanistan. Selain dari pemerintah, MUI juga telah menyiapkan 135 beasiswa bagi Afghanistan.

Pertemuan ulama tiga negara itu merupakan tindak lanjut dari kunjungan JK ke Afghanistan pada akhir Februari lalu.

JK bertolak ke Afghanistan sebagai tindak lanjut dukungan Indonesia bagi proses perdamaian di Afghanistan. JK juga menjadi pembicara tamu dan berbagi pengalaman dalam upaya perdamaian di Kabul Peace Process.

Komitmen dukungan perdamaian di Afghanistan juga telah dinyatakan Presiden Joko Widodo saat melakukan kunjungan kenegaraan pada 29 Januari 2018.

Translated by: Momen Magdy | Source: CNN Indonesia

 

(24)

تعليقات
Loading...
Click Me