استثنائية فعاليات الدفاع عن فلسطين في موناس اندونيسيا

0 670

 

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – في استطلاع للرأي للمشاركين في فعالية للدفاع عن فلسطين: من باندونج، أتجو أرداولغا، تكثر الفعاليات ضد قرار الرئيس دونالد ترامب. امتلأت موناس بالمسلمين من الصباح الباكر. لا يأتون من جاكرتا فقط وإنما يأتون من مختلف المناطق.

“فعالية في موانس الآن هي فعالية استثنائية ولا يمكن مقارنتها بأي مكان أخر. لا أشعر بالرهبة التي انتابتني عند حضور فعالية ٢١٢ سنة الماضي، ممكن بسبب اختلاف الغاية. فقد كانت فعالية ٢١٢ تعبيراً الرفض لإهانة الدين والآن عن الاستعمار”، قال أتجو لما قوبل في عودته من مشاركة فعالية للدفاع عن فلسطين في جاكرتا، يوم الأحد (١٧/١٢).

إقرأ أيضا: وزيرة الخارجية للاتحاد الاوروبي: لاتتخذوا قرارات مستفزة كما يفعل ترامب

قال أتجو أن هذه فعالية تختلف عن فعالية ٢١٢، لأن المشاركين الآن يحملون معهم عائلتهم ولا سيما الأولاد غير فعالية ٢١٢ التي لا يشاركه إلا الكبار والأولاد غير موجودين.

قال، “لما كنت في فعالية ٢١٢ اقشعرّ جلدي لحضور بين أناس كُثُر وسماع الخطاب الرسمي. أما الآن فالعاطفة ليست قوية كما كانت.”

ومن ناحية أخرى، كانت الأطعمة والمشروبات كثيرة في فعالية ٢١٢،. قال،”انتشرت الأطعمة والشراب في أماكن كثيرة ولم أرها الآن كما كان.”

إقرأ أيضا: الشرطة تثمن عاليا المظاهرات السلمية دفاعا عن فلسطين في موناس

بحسب كلامه أنّ وجود هذه الفعالية من علامات اتحاد المسلمين في إندونيسيا. ومن الواضح بأنها تمثّل السلام حيث اجتمع الناس بدون هياج ولا شغب وضربوا المثل بالنظافة حيث يحافظون على نظافة البيئة حولهم.

“ما يعجبني في المسلمين الذين يتمثّل أدبهم دائما حينما يجتمع أناس كثر. لا تنتشر فيه القمامة أو لا يفسدون عشب الحدائق كما في فعالية ٢١٢، بعض المتطوّعين ينظّفون ملعب موناس مباشرة. أتعجب!” قال أتجو الذي حضر في موناس من الصباح.

إقرأ أيضا: رئيس المجلس الاستشاري الشعبي: الدفاع عن الشعب الفلسطيني واجب على كل الإندونيسيين

المترجم : صلة رحمة الله محبوب | المحرر: طلال الشيقي | المصدر: صحيفة ريفوبليكا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com — Peserta aksi ‘Bela Palestina’ asal Bandung, Otje Ardawilaga, secara jumlah aksi aksi menentang keputusan Presiden Donald Trump memang fenomenal. Kaum Muslim tumpah ruah dilapangan Monas semenjak pagi buta. Mereka tak datang dari Jakarta, tapi juga datang dari berbagai elemen masa dari wilayah lain.

“Meski tak bisa dibandingkan, aksi di Monas kali ini cukup fenomenal. Saya memang merasa tak sekusyu seperti ketika menghadari aksi 212 setahun silam. Ini Mungkin karena tujuannnya beda. Dahulu soal sikap atas penodaan ajaran agama, kini soal perlawanan atas penjajahan,’’ kata Otje di temui dalam perjalanan pulang selepas mengikuti aksi ‘Bela Palestina’, di Jakarta, Ahad (17/12).

Menurut Otje berbeda dengan aksi 212, para pesereta aksi kali ini banyak membawa anggota keluarganya, seperti anak-anak juga ikut diajak. Dan ini berbeda dengan aksi 212 yang hanya diikuti oleh orang dewasa. Saat itu anak-anak tak terlihat.

“Kalau 212 dahulu, bulu kuduk saya merinding ketika hadir di tengah masa dan mendengarkan orasi. Kini lebih cair. Emosinya tak sekental dulu. Itu menurut saya,” ujarnya.

Selain itu, bila pada aksi 212 setahun silam itu, makanan dan minuman sangat melimpah, pada aksi kali ini tak sesemarak itu.”Makanan dan minuman serta sikap relawan pada 212 begitu meluas. Bahan makanan menumpuk-numpuk. Kini saya lihat lebih kurang,’’ katanya.

Meski begitu, lanjut Otje, adanya aksi ini menandankan bahwa umat Islam Indonesia bisa bersatu. Dan ini jelas memberikan pesan damai dan memberi contoh meski begitu banyak masa berkumpul tak ada keributan yang terjadi.Selain itu kerapihan dan kebersihan lapangan Monas juga tak terjaga.

“Saya salut umat Islam selalu memberikan contoh bagaimana adabnya ketika lautan manusia berkumpul. Tak ada sampah berserakan atau rumput taman yang rusak. Setelah itu, sama dengan aksi 212, sekelompk relawan juga segera membersihkan arena lapangan Monas. Sekali lagi saya salut,’’ kata Otje yang mengaku datang ke Monas selepas Subuh.

Penerjemah: Cella | Editor: Talal alSaiqi | Sumber: ROL

 

تعليقات
Loading...