فعالية طلاب جامعة سيبيلاس ماريت تضامنا مع الشعب الفلسطيني

Peringatan Palestine Solidarity Day : Mahasiswa UNS Gelar Fun Run Solidarity for Palestine

0 1٬083

سوراكارتا، إندونيسيا اليوم – قام طلاب جامعة سيبيلاس ماريت الذين هم أعضاء في وحدة النشاط الطلابي في جامعة نور الهدى الإسلامية في دائرة الخدمات الاجتماعية بعمل تضامني  للشعب الفلسطيني بعنوان “التضامن مع فلسطين”: السلام ، الحب ، الإنسانية (02/12).

أقيم هذا النشاط في يوم خال من السيارات. وقد ركض المشاركون من أمام حانة “Richeese Factory” إلى تقاطع  في بنك إتش إس بي سي ((HSBC ، الذي يبعد مسافة 2.1 كيلو متر.

وبمشاركة 131 مجموعة من مختلف الثقافات والمناطق لإحياء هذا البرنامج  منذ الساعة السادسة صباحا. وقد حضروا فيه أيضًا من 14 منطقة للمشاركة في الالتزام بالدفاع عن فلسطين.

فعالية طلاب جامعة سيبيلاس ماريت تضامنا مع الشعب الفلسطيني 5 - إندونيسيا اليوم
فعالية طلاب جامعة سيبيلاس ماريت تضامنا مع الشعب الفلسطيني

أقيم هذا النشاط للتذكير بيوم التضامن مع الشعب الفلسطيني يوم 29 نوفمبر الذي قررته هيئة الأمم المتحدة وللتذكير بمسيرة العودة الكبرى ولبث روح التعاون والتكافل المجتمعي بمختلف قبائله وأذياله مع الفلسطينيين.

“الهدف من هذا البرنامج هو الاحتفال باليوم العالمي للتضامن مع الشعب الفلسطيني الذي تم إقراره وصدوره عن الجمعية العامة للأمم المتحدة. ونفيدكم علما بأن حركة مسيرة العودة الكبرى من شعب فلسطين لا تزال مستمرة، وتدخل الآن في أسبوعها الخامس والثلاثين. ندعو لمن لم يهتم بقضية فلسطين من قبل أن تكون هذه القضية من أولوياتهم، لأنهم لا زالوا في البداية، أخبروا الجاهلين عن هذه القضية، نرجو اتحاد المجتمع الدولي في الاهتمام بقضية فلسطين، نناضل تحت راية العدالة والإنسانية. ” قاله الرئيسي التنفيذي محمد عياش يحيى الحافظ.

علت صيحات تنادي “حرة حرة فلسطين!” وبصوت عال بدأ تشغيل الأنشطة في افتتاح هذا الحدث الكبير. واستخدم المشاركون شعارات مثل الأوشحة الإندونيسية-الفلسطينية، والأوشحة الفلسطينية، وحزام اليد، والأعلام الفلسطينية. وفي النهاية، رحب المشاركون بأداء المجموعة الصوتية  “The Halfwaydow”. وعلاوة على ذلك، كان هناك أداء بعض الرقصات الحديثة من مارا ماهيرسمي والشعر الموسيقي من ديني وحيو و ريزكا أيو حابساري . وفي نهاية الحدث، كان هناك توقيع على طلب لاستقلال فلسطين من قبل جميع المشاركين والمجتمع الذين انضموا إلى الفعالية. كما تم إجراء فحص صحي إلى جانب المرحلة الرئيسية من منظمة هلال الطلاب الأندونيسية التي قام بها طلاب كلية الطب جامعة سيبيلاس ماريت.

فعالية طلاب جامعة سيبيلاس ماريت تضامنا مع الشعب الفلسطيني 5 - إندونيسيا اليوم

و قالت مريم رحمياني، إحدى أعضاء المنظمة غير الحكومية ” ادارا رليف الدولية ” ، التي انضمت إلى هذا البرنامج ، أنها تقدر أولئك الشباب الذين يهتمون بالفلسطينيين من خلال عقدهم لحركة التضامن مع الشعب الفلسطيني.

“أنا وكيلة المنظمة غير الحكومية “اداره” ،فِعلا أدعم هذا النشاط لأنه صادر من الشباب، وهذا  أمر نادر. من حيث حقوق الإنسان، لقد عرفنا أن القضية الفلسطينية قد تناولتها جميع وسائل الإعلام في العالم، لكن نضيف ما يلزم معرفته، بأن فلسطين هي قضية إيمانية كذلك ، لوجود المسجد الأقصى فيها.” قالته مريم رحمياني مشرفة المنظمة غير الحكومية ” اداره”

و تأمل اللجنة من هذا النشاط أن ينمي اهتمام المجتمع بأحوال الشعب الفلسطيني وما أصابهم من العذاب و ترجو من كل الأفراد أن يتعاونوا تحت راية العدالة و الإنسانية للاهتمام بما حدث في فلسطين.


Surakarta, Indonesiaalyoum.com – Mahasiswa Universitas Sebelas Maret yang tergabung dalam Jamaah Nurul Huda Unit Kegiatan Mahasiswa Islam UNS mengadakan aksi solidaritas untuk Palestina yang bertema Palestine Solidarity Run : Peace, Love, Humanity (02/12). Kegiatan berlangsung di Car Free Day Solo. Peserta berlari dari depan Kedai “Richeese Factory” hingga pertigaan Bank HSBC yang berjarak sejauh 2,1 KM. Sebanyak 131 pelari dari berbagai latar belakang meramaikan acara sejak pukul 06.00 WIB. Acara dihadiri pula 14 komunitas di antaranya Bakti Nusa Dompet Duafa, Rumah Kepemimpinan, The Yukha, LPR Kriya Mandiri, dan lain-lain untuk bersama membangun komitmen membela Palestina.

Acara ini diselenggarakan untuk memperingati Hari Solidaritas Palestina yang jatuh pada tanggal 29 November atas penetapan PBB. Juga, mengangkat aksi kepulangan akbar atau Great Return March dan mengingatkan masyarakat umum mengenai esensi kemanusiaan Palestina untuk saling berulur tangan membantu tanpa memandang golongan suku, ras, dan agama tertentu.

“Tujuan kami adalah untuk memperingati Palestine Solidarity Day atau Hari Solidaritas Palestina yang ditetapkan PBB jatuh pada 29 November. Juga, ingin memberitahukan bahwasanya great return march atau yang disebut mashiro ‘audha masih berlangsung hingga saat ini. Terhitung saat ini telah masuk pekan ke-35. Kami ingin mengajak orang yang semula belum peduli pada isu Palestina menjadi peduli. Yang belum tahu menjadi tahu. Kami berharap bersama seluruh masyarakat dunia dari berbagai golongan dan agama dapat berdiri bersama-sama atas nama kemanusiaan dan keadilan.” ujar Muhammad Ayyasy Yahya Alhaafiz selaku Ketua Pelaksana.

Teriakan “Free free Palestine!” terdengar lantang mengiringi kegiatan lari di pembukaan acara. Peserta berlari mengenakan atribut Palestina seperti syal bendera Indonesia-Palestina, jaket motif bendera Palestina, handband, dan bendera Palestina. Di garis finish, peserta disambut dengan penampilan langsung dari grup akustik The Halfwaydow. Selanjutnya, ada pertunjukkan tari modern dari Mara Maheresmi, musikalisasi puisi oleh Dhini Wahyu dan Riska Ayu Hapsari. Di akhir acara, ada kegiatan penandatanganan petisi untuk kemerdekaan Palestina oleh seluruh peserta dan komunitas yang bergabung. Terselenggara pula cek kesehatan di samping panggung utama dari Organisasi Bulan Sabit Mahasiswa Indonesia besutan Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNS.

Salah satu perwakilan NGO Adara Relief International yang bergabung, Maryam Rahmayani, mengaku sangat menghargai anak-anak muda yang masih peduli terhadap warga Palestina dengan mengadakan aksi solidaritas untuk Palestina.

“Saya mewakili Adara, benar-benar mendukung sepenuhnya kegiatan ini (Palestine Solidarity Run) karena pertama, dari segmen para pemuda jarang yang bisa mengadakan acara. Nah, kita tahu isu Palestina memang secara HAM sudah bergulir di internasional tapi kita harus menambahkan ya, bahwa Palestina adalah isu akidah juga, disitu ada Masjid Al Aqsha.” tutur Maryam Rahmayani selaku pembina Adara Relief International.

Panitia berharap rangkaian kegiatan “Palestine Solidarity Run” dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat umum mengenai penderitaan dan penindasan kemanusiaan yang dialami warga Palestina. Seluruh kalangan diharapkan dapat bahu-membahu atas nama kemanusiaan dan keadilan untuk peduli pada kondisi yang terjadi di Palestina. (Zalfa/Fatiha)

تعليقات
Loading...