فيديو عملية بطولية لطالب متوسطة حكومية في نوسا تنجارا الشرقية

Viral Aksi Anak SMP di NTT Panjat Tiang karena Tali Bendera Putus

0 760

نوسا تنجارا الشرقية، إندونيسيا اليوم – ذلك الفيديو يصور الطالب وهو يتسلق سارية العلم الإندونيسي أثناء الاحتفال بذكرى استقلال إندونيسيا الـ73 يثير ضجة في وسائل التواصل. الطالب الذي يدعى يوحنا غاما مارشال لاو (مكتوب قبله جوني كالا) تسلق سارية العلم بسبب انقطاع الحبل.

بدا يوحنا يتسلق السارية المرتفعة. كان يتسلق بشكل رائع عندما اصطف المشاركون في الاحتفال.

وقال رئيس قرية سيلاوان فيردي مونيس إن الحفل أقيم في هذا الصباح.على مستوى محافظة بيلو. انقطع الحبل عند رفرفة العلم.

“أولا، سيرفرف العلم. وتم ربط العلم بالحبل. وعند رفرفة العلم انقطع الحبل الذي في زاويته، فعلق الحبل في ذروة السارية”، قال فيردي عندما تحدث مع صحيفة ديتيك دوت كوم، يوم الجمعة (2018/8/17).

بعد ذلك، بشكل مفاجئ، قام يوحنا وهو أحد المشاركين في الحفل بالتقدم وتسلق سارية العلم. وهو طالب في المدرسة المتوسطة الحكومية سيوالان، محافظة بيلو. وهذه المنطقة حدودية بين إندونيسيا وتيمور الشرقية.

يذكر أن الفيديو سجل في أتامبوا، أحد بلديات محافظة بيلو. والحقيقة أنه في قرية سيلاوان، بلدية تاسيفيتو، محافظة بيلو حوالي 14 كيلومتر من أتامبوا.

وأضاف: “أقيم الحفل ثلاث مرات هنا. وقرية سيوالان الحدودية بين إندونيسيا وتيمور الشرقية”.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشايقي | المصدر: ديتيك


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Video aksi heroik siswa SMP yang memanjat tiang bendera saat upacara peringatan HUT ke-73 RI jadi viral di media sosial. Bocah bernama Yohanis Gama Marschal Lau (sebelumnya ditulis Joni Kala) itu memanjat tiang bendera karena tali lepas.

Dari video yang beredar, terlihat Yohanis memanjat tiang yang cukup tinggi. Dia memanjat dengan cekatan di saat peserta upacara masih berbaris rapi.

Kepala Desa Silawan Ferdi Mones mengatakan upacara itu digelar pada pagi tadi. Upacara itu digelar di tingkat Kabupaten Belu. Tali terputus saat pengibar bendera hendak mengerek bendera.

“Pertama, bendera itu akan dikibarkan Paskibra. Sudah diikat talinya semua, saat Paskibra akan menarik bendera untuk dikibarkan, tali yang ada di ujung bendera itu putus. Sehingga tali itu langsung tersangkut di ujung tiang,” kata Ferdi saat berbincang dengan detikcom, Jumat (17/8/2018).

Setelah itu, secara spontan, Yohanis, yang merupakan peserta upacara, maju dan langsung memanjat tiang bendera. Ia merupakan siswa SMPN Silawan, Kabupaten Belu. Daerah ini merupakan perbatasan antara Indonesia dan Timor Leste.

Sebelumnya video viral itu disebut terjadi di Atambua, salah satu kecamatan di Kabupaten Belu. Tapi sebenarnya TKP ada di desa Silawan, kecamatan Tasifeto, kabupaten Belu, sekitar 14 kilometer dari Atambua.
“Upacara sudah tiga kali dilakukan di sini. Silawan ini merupakan beranda depan perbatasan Indonesia-RTL (Republik Timor Leste),” ujar Ferdi.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal Al-Shaigi | Sumber: Detik

تعليقات
Loading...