فيلمان قصيران إندونيسيان يفوزان في مسابقة الفيديوهات القصيرة في سنغافورة

Dua Film Pendek Indonesia Menang Kompetisi di Singapura

0 730

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – عقدت مسابقة فيديوهات قصيرة  بعنوان ” تحدي  فيديوهات 5 دقائق ” في سنغافورة في يوم الأربعاء (22/11)،. وإندونيسيا من إحدى الدول المشاركة في هذه المسابقة ، وهناك  اثنان من الأفلام القصيرة بعنوان “تشيك-تشيك” و “سوان” التي تم إرسالمها من إندونيسيا للتنافس مع المشاركين الآخرين على الجائزة.

والدول الأخرى المشاركة في هذه المسابقة هي سنغافورة وتايلاند والفلبين وأستراليا وغابون. وفوق المتوقع،  تمكن إندونيسي من الفوز بالمنافسة في المسابقة من كل الفئات.

“تشيك-تشيك” هو الفلم القصير أخرجه كيفن أندرسون و نجح الفلم  في الحصول على المركز الأول من قبل لجنة التحكيم، وحصل على جائزة قيمتها 30 ألف دولار (أي ما يعادل 405 مليون روبية) مع كاميرا سوني نوع آ7 سي إي إي(A7sii). وبالإضافة إلى ذلك، أصبح هذا الفيديو أيضا أخذ المركز الثاني لجائزة خيار الجمهور حتى يستحق بجوائز بقيمة ألفين دولار أمريكي (أي ما يعادل 27 مليون روبية)، وفاز أيضا بجائزة المواهب الناشئة من سوني التي تمنح  جائزة نوع آ7 سي إي إي(A7sii).

أما بالنسبة للفيديو الثاني “سوان”  من إخراج  ديستيان ريندرا فقد تمكن من حصد الجائزة الثانية في هذه المسابقة، وحصل على جوائز بقيمة 15 ألف دولار وكاميرا سوني نوآ6500( A6500). وبالإضافة إلى ذلك، حصل “سوان” أيضا على أكثر خيار التصويت من الجمهور  وخرج  في المركز الأول  بجوائز 3 آلاف دولار أمريكي (أي ما يعادل 40.5 مليون روبية).

هذا والفلم “تشيك-تشيك” يحكي عن قصة فتاة صغيرة اسمها  كارا التي تسكن في منزل جدتها لأن والديها لديهما مشاكل ولا يتحدثون مع بعضهم البعض. وفي ذات المرة كانت لها صديقة من الدجاج وحاولت التواصل مع الدجاج باستخدام الهاتف المصنوع من التنكة،و التي ألهمته بعد ذلك  في المحاولة للتحسين ولاصلاح  العلاقة بين والديه.

بينما الفلم “سوان” يحكي عن  رجل يسافر بدراجة نارية. وفي وسط الطريق، وجد مشكلة في أحد المناطق ، حيث كان هناك صراع بين المزارعين، والبائعين في السوق.

وجدير بالذكر أن مسابقة الفيديو 5 دقائق هي مسابقة فيديو إقليمية بدأت في عام 2016، وهي عمل تعاوني من شركات الاثصالات الخلوية تحت المجموعة سينغتيل وهم  سينغتيل (سنغافورة)، أوبتوس (أستراليا)، إيس (تايلاند)، ايرتل (الهند) و(أفريقيا)، وغلوبا (الفلبين)، وتيلكومسيل (إندونيسيا). هذه المسابقة مفتوحة لجميع المبدعين السينمائيين، سواء من ذوي الخبرة في صناعة السينما أو الجدد في مجال صناعة السينما.

المترجم : هان هان علوم الدين | المحرر: فارس البدر | المصدر : kumparan.com 


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Pada Rabu (22/11) lalu, sebuah kompetisi video bertajuk “The 5-Min Video Challenge” digelar di Singapura. Salah satu peserta dari kompetisi ini berasal dari Indonesia, di mana ada dua film pendek berjudul “Chick-Chick” dan “Sowan” yang dikirimkan untuk bersaing dengan peserta lain.

Negara lain yang ikut berpartisipasi dalam kompetisi ini adalah Singapura, Thailand, Filipina, Australia, dan Gabon. Dan hebatnya, perwakilan Indonesia itu berhasil menyapu bersih kompetisi tersebut dengan memenangi seluruh kategori.

“Chick-Chick” yang disutradarai oleh Kevin Anderson berhasil menjadi pilihan pertama para juri dan berhak mendapatkan hadiah sebesar 30 ribu dolar AS (setara Rp 405 juta) serta kamera Sony a7sii. Selain itu, video ini juga menjadi juara kedua People’s Choice Award yang berhadiah 2 ribu dolar AS (setara Rp 27 juta) dan meraih Sony’s Emerging Talent Award berhadiah Sony a7sii.

Sementara untuk video kedua “Sowan” yang dibesut Destian Rendra berhasil keluar sebagai juara kedua di kompetisi ini dan berhak menerima hadiah sebesar 15 ribu dolar AS (setara Rp 202 juta) dan kamera Sony a6500. Selain itu, “Sowan” juga mendapatkan voting publik terbanyak dan keluar menjadi pertama dalam People’S Choice Award berhadiah 3 ribu dolar AS (setara Rp 40,5 juta).

“Chick-Chick” bercerita tentang gadis kecil bernama Kara yang harus tinggal di rumah neneknya karena orangtuanya sedang bertengkar dan tidak berbicara satu sama lain. Di sana ia berteman dengan seekor ayam dan mencoba berkomunikasi dengan ayam tersebut dengan menggunakan telepon kaleng, yang menginspirasinya untuk mencoba memperbaiki hubungan kedua orangtuanya.

Sedangkan “Sowan” menghadirkan cerita pendek tentang seorang pria yang melakukan perjalanan dengan sepeda motor. Dalam perjalanannya, ia menemukan masalah di daerah setempat, di mana selama ini terjadi konflik antara petani, pengepul, dan penjual di pasar.

“The 5-Min Video Challenge” sendiri adalah kompetisi video regional yang mulai diadakan sejak tahun 2016 dan merupakan kolaborasi dari operator seluler yang tergabung dalam Singtel Group, yakni Singtel (Singapura), Optus (Australia), AIS (Thailand), Airtel (India dan Afrika), Globa (Filipina), dan Telkomsel (Indonesia). Kompetisi ini terbuka untuk seluruh kreator film, baik yang sudah berpengalaman di industri film maupun pendatang baru.

Penerjemah: Han Han Ulumuddin | Editor: Fares Albadr | Sumber: Kumparan.com

تعليقات
Loading...