إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

في دورة الالعاب الاولمبية عام 2020 باليابان سيمتلئ مطار طوكيو بالبروبوت

Bandara Tokyo akan "bertabur" robot saat Olimpiade 2020

0 453

 

طوكيو، اندونيسيا اليوم – قال أحد مسؤولي المطار يوم الثلاثاء (1/12) أنه سيستقبل زوار دورة الالعاب الاولمبية في طوكيو لعام 2020 عدد من الروبوت الذي سيساعد الزوار عندما يصلون الى المطار، جاء ذلك البيان عند ما تم عرض سبعة روبوتات جديدة للقيام بمهام مختلفة تتراوح بين رفع البضائع والترجمة.

وواحد من سبعة روبوتات التي تم عرضها هو روبوت القط الريشي الذي يمكن أن يترجم بشكل فوري باستخدام أربع لغات مختلفة. فالزائر يمكنه أن يتكلم على الميكروفون الريشي في الروبوت، وستظهر الترجمة على الشاشة فورا.

وهناك الروبوت الانساني صغير الحجم ولونه أبيض ويسمى “تشنامون” وسيقترب من الزوار ليسألهم عما إذا كانوا بحاجة إلى مساعدة. وهذا الروبوت الأبيض قادر على التواصل مع الزوار من خلال نظام الذكاء الاصطناعي وقادر على إعطاء التوجيهات.

و هناك روبوت آخر يستطيع أن يحمل البضائع في جميع أنحاء المطار ويمشي بجوار الزوار.

وقال يوتاكا كوراتومي أحد موظفي مطار اليابان، أنه يأمل بحلول عام 2020 جاهزية المطار بالروبوتات” وسيعتاد الزوار على رؤية ذلك الروبوت .

ووجود الروبوتات يهدف في المقام الأول لخدمة الزوار الأجانب، الذين لديهم آمال كبيرة في أن اليابان ستعرض التكنولوجيا المتطورة خلال دورة الالعاب الاولمبية القادمة في طوكيو.

وقال كوراتومي لوكالة فرانس برس “نريد ان نلفت انتباه السياح الاجانب في حال مجيئهم الى هنا”.

وتم إطلاق الروبوتات بسبب انخفاض في عدد العمال بسبب الشيخوخة.

هذا ومن المقرر أن طوكيو ستستضيف دورة الالعاب الاوليمبية لعام 2020، وسيواجه مطار هانيدا ارتفاعا حادا فى عدد الزوار الاجانب ومن المتوقع أن وجود الروبوتات سيعمل على التوازن في نقص الموظفين. وسيتم اختبار الروبوتات من 9 يناير لمدة شهر في هانيدا .

المترجم : هان هان علوم الدين المحرر: فارس البدر | المصدر : وكالة انتارا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Pengunjung Olimpiade Tokyo 2020 akan disambut banyak robot yang akan membantu mereka saat tiba di bandara, kata seorang pejabat pada Selasa (12/12), saat mereka memamerkan tujuh mesin baru untuk melakukan berbagai tugas mulai dari mengangkat barang sampai memberikan bantuan bahasa.

Satu dari tujuh robot yang dipamerkan adalah robot kucing berbulu yang bisa melakukan interpretasi simultan menggunakan empat bahasa berbeda. Ketika pengunjung berbicara di mikrofon yang berbulu, terjemahannya akan langsung muncul di layar.

Pelancong mungkin juga akan didekati robot humanoid putih kecil, Cinnamon, yang akan menanyakan apakah mereka memerlukan bantuannya. Robot putih itu dapat berkomunikasi dengan pengunjung melalui sistem kecerdasan artifisialnya dan memberikan arahan.

Satu robot lainnya yang dipamerkan bisa mengangkat barang di sekitar bandara di samping para pelancong.

Yutaka Kuratomi, seorang perwakilan dari Terminal Bandara Jepang, berharap pada 2020 terminal tersebut akan “penuh dengan robot” dan akan “lumrah” melihat pengunjung berkomunikasi dengan mesin-mesin itu.

Robot-robot tersebut terutama ditujukan bagi para pelancong asing, yang memiliki harapan tinggi bahwa Jepang akan memamerkan teknologi mutakhir saat Olimpiade Tokyo mendatang.

“Kami ingin turis asing berpikir bahwa orang Jepang keren saat mereka datang ke sini,” kata Kuratomi kepada AFP.

Peluncuran robot-robot itu dilakukan saat Jepang menghadapi penurunan jumlah tenaga kerja karena populasinya menua.

Ketika Tokyo menjadi tuan rumah Olimpiade 2020, Bandara Haneda akan menghadapi peningkatan tajam pengunjung dari luar negeri dan robot-robot itu bisa mengimbangi kekurangan staf. Robot-robot itu akan diujicoba selama sebulan di Haneda mulai 9 Januari.(mr)

Penerjemah: Han Han Ulumuddin | Editor: Fares albadr | Sumber: Antara

 

تعليقات
Loading...
Click Me