قصة نجاة صياد شاهد عن قرب انفجار البركان و نشأة موجة التسونامي

Cerita Nelayan Lihat Erupsi Anak Krakatau & Tergulung Tsunami

0 340

جاكرتا، إندونيسيا اليوم– بوجي، صياد من قرية كينال، راجاباسا، بجنوب لامبونج. كان متواجدًا بالقرب من الجبل البركاني أناك كراكاتاو عندما ثار ونجم عن ذلك التسونامي.

يقول بوجي ثار أناك كراكاتاو وأخرج ما في جوفه وانهار جزء منه، و بعد لحظات من الثوران ظهرت موجة كبيرة هزت القارب الذي كان على متنه مع زملائه الصيادين.

قال بوجي أنه كان في رحلة صيد مع 14 زملائه الصيادين وقت وقوع الكارثة.

حكى بزجي عند لقائه يوم الثلاثاء (25/12) بميناء جانتي، منطقة راجاباسا، جنوب لامبونج: “نحن نصطاد الأسماك مستخدمين قوارب صغيرة، و نتخذ مواقع متقاربة”.

حاول بوجي وصف موقعه وقت ذاك، حيث كان يبعد  بحثه عن شاطئ أناك كراكاتاو بحوالي 2 كيلومتر، وفي ذلك الوقت ثار الجبل الذي كان في حالة تأهب و مصنف كبركان من المستوى الثاني. تم منع السكان من الاقتراب من الجبل على الأقل بمساحة دائرة نصف قطرها 2 كيلومتر.

في ذلك الوقت ثار أناك كراكاتاو واصدر صوت انفجار قوي، مصطحبًا معه الحمم.

قال بوجي: “رقد رأينا الجبل و قد انهار جزء منه، بعد ذلك مباشرة سالت منه الحمم متجهة إلى البحر”.

انهيار جزء من الجبل تسبب في موجة عالية، مما أثر على قارب بوجي الذي كان على متنه مع زملائه الصيادين وفقد توازنه.

قال: “عند ارتطام الموجة الثالثة بلغت ارتفاعها حوالي 10 إلى 12 مترا، وبتلك اللحظة جرت بنا الأمواج وتناثرنا حتى أننا لم نعد نعلم في أي اتجاه نذهب”.

بعد أن جرفتهم الأمواج في تلك الليلة حاول بوجي أن يبقى هادئا، وكان يبحث عن الخشب لكي يتمسك به ويطفو.

قال: ” الحمد لله عثرت على خشبة لكي أتمسك به”.

ثم بعد ذلك حاول السباحة متجهًا إلى أقرب جزيرة. وبعد ساعات من السباحة تمكن من الوصول لساحل جزيرة سينجكاراك.

وفي صباح اليوم الثاني، الأحد (23/12) التقى مع ثلاث من زملائه الذين حملهم البحر إلى نفس الجزيرة.

في حين بقى الـ11 الباقين من زملائه الصيادين لا يعرف ماذا حل بهم حتى الآن. مع أمله بنجاة زملائه الـ11 و إيجادهم بإحدى الجزر بمضيق سوندا.

تم انقاذ بوجي وزملائه الثلاث من قبل الصيادين المارين بهم بالمصادفة، و الذين اصطحبوهم إلى جزيرة سيبيسي، و من هذه الجزيرة تم إخلائه مع السكان الآخرين الذين تعرضوا للكارثة إلى منطقة راجاباسا بجنوب لامبونح.

 

 


Jakarta, — Puji, seorang nelayan asal Desa Kenali, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, Puji berada di sekitar Gunung Anak Krakatau saat gunung api itu erupsi dan memicu tsunami.

Puji menyebut Anak Krakatau meletus mengeluarkan material vulkanik dan longsor sebagian badannya. Sesaat setelah longsor itu, ombak besar muncul yang mengandaskan perahu yang ditumpangi Puji dan beberapa rekannya sesama nelayan.

Saat kejadian, Puji mengaku tengah mencari ikan bersama 14 orang sesama nelayan.

“Kami menangkap ikan menggunakan perahu jukung, dan posisinya juga saling berdekatan,” kata Puji, Selasa (25/12) Dermaga Canti, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan. 

Ia memperkirakan, lokasi tempatnya mencari ikan sekitar 2 km dari kaki Anak Krakatau. Saat itu gunung tersebut memang tengah erupsi dengan status waspada atau level 2. Warga dilarang mendekati gunung dalam radius 2 km.

Saat itulah Anak Krakatau meletus dengan mengeluarkan suara dentuman keras diiringi keluarnya lahar.

“Kami melihat Gunung Anak Krakatau seperti pecah, lalu api lahar langsung mencar turun ke laut,” ” kata Puji.

Longsoran badan gunung diikuti dengan gelombang tinggi. Gelombang itu yang membuat perahu jukung yang dinaiki Puji dan nelayan lain oleng. 

Tak lama kemudian, datang lagi hantam gelombang kedua dan saat itulah perahu terguling dan terbalik hingga semua nelayan tercebur ke laut.

“Saat hantaman gelombang yang ketiga itu, tinggi airnya mencapai 10 hingga 12 meter dan saat itulah kami semua langsung terbawa arus ombak dan terpencar hingga tak tahu lagi arahnya kemana,” kata Puji.

Setelah terseret arus ombak, kata Puji, malam itu ia berusaha mencoba untuk tetap tenang . Ia mencari kaya untuk pegangan agar bisa terapung.

“Alhamdulillah saya dapat pegangan kayu,” ujarnya.

Ia kemudian mencoba berenang ke arah pulau terdekat. Setelah beberapa jam berenang ia sampai di daratan di Pulau Singkarak.

Keesokan harinya, Minggu (23/12) ia bertemu dengan tiga orang rekannya yang juga terdampar di pulau tersebut. 

Sementara 11 rekannya yang lain belum diketahui nasibnya hingga kini. Puji hanya berharap, 11 rekannya yang lain selamat seperti dirinya terdampar di salah satu pulau di Selat Sunda.

Puji dan tiga orang rekannya diselamatkan oleh nelayan yang melintas. Ia kemudian dibawa ke Pulau Sebesi. Dari pulau ini, ia bersama penduduk lain yang jadi korban tsunami dievakuasi ke Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan.

اترك رد

لن يتم نشر عنوان بريدك الإلكتروني.