جديد الصناعة الإندونيسية: قطار التفتيش ترانس سولاويزي

Kereta Inspeksi Trans Sulawesi Buatan Anak Negeri

0 811

 

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – بعد اختبارات مسبقة لخط السكك الحديدية (KA) ترانس سولاويزي باستخدام القطارات المساعدة التي كانت في آتشيه، تم اختبار قطارالتفتيش ترانس المملوك لوزارة النقل في منطقة عمل شركة الصناعات القطارات (INKA) في ماديون.

وأصدرت شركة صناعات القطارات (INKA) من خلال حسابها في الانستغرام فيديو يظهر عملية اختبار قطار التفتيش ترانس سولاويزي. ويختلف عن قطارات التفتيش الأخرى في وزارة النقل فإن قطار التفتيش ترانس سولاويزي يتميز بتفوق صارخ في الشكل الأمامي.

إقرأ أيضا: صناعة الطائرة “نورتانيو ” N219 جيل إندونيسي أكثر تقدما من الطائرات الأجنبية

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Setelah sebelumnya jalur kereta api (KA) Trans Sulawesi diuji coba menggunakan kereta penolong yang sebelumnya berada di Aceh, kali ini Kereta inspeksi Trans Sulawesi milik Kementerian Perhubungan sudah diuji coba di area kerja PT Industri Kereta Api (INKA) di Madiun.

Melalui akun instagramnya, PT INKA merilis video menunjukkan proses uji coba kereta inspeksi Trans Sulawesi. Berbeda dengan kereta inspeksi milik Kemenhub lainnya, kereta inspeksi Trans Sulawesi memiliki bentuk bagian depan kereta yang mencolok perbedaannya. Bentuk bagian depan kereta inspeksi ini tampak lebih melengkung dan aerodinamis. Meskipun tetap mempertahankan liveri dengan warna utama kuning dengan garis berwarna merah putih di bagian depan kabin.

 

جديد الصناعة الإندونيسية قطار التفتيش ترانس سولاويزي - اندونيسيا اليوم

 

فهو يبدو أكثر إنحناء والديناميكية الهوائية. وان كان هذا القطار لا يزال يحافظ على ليفيري مع اللون الرئيسي الأصفر مع الخطوط الحمراء والبيضاء على الجزء الأمامي من الكابينة .

وليس فقط يختلف في نقطة التصميم، خط ترانس سولاويسي نفسه بل يختلف عند مقارنته مع خط السكك الحديدية في جاوى وسومطرة. وعرض مسارات السكك الحديدية في جاوى وسومطرة تستخدم كيب بمقياس 1067 ملم أوما يعادلها. في حين أن مسار ترانس سولاويسي باستخدام معيار قياس مع عرض السكك الحديدية 1435 ملم. فيجعله أوسع، مع ضغط المحور يصل إلى 25 طن أكبر مما في جاوى وسومطرة، حتى يستطيع القطار على استيعاب حمل أكثر وسرعة أعلى. ويمكن أن تصل إلى المسافة المستهدفة من 917كيلو متر من ماكاسار الى مانادو في وقت أسرع.

Tidak hanya berbeda dari segi desain, jalur Trans Sulawesi sendiri berbeda jika dibandingkan jalur KA di Jawa dan Sumatera. Lebar rel jalur KA di Jawa dan Sumatera menggunakan Cape Gauge atau setara dengan 1067 mm.

Sedangkan jalur Trans Sulawesi menggunakan Standard Gauge dengan lebar rel 1435 mm. Membuatnya lebih lebar, dengan tekanan gandar mencapai 25 ton, lebih besar dibandingkan di Jawa dan Sumatera, sehingga mampu mengakomodir kereta dengan beban dan kecepatan lebih tinggi. Memungkinkan untuk menempuh jarak yang ditargetkan 917km dari Makassar hingga Manado ditempuh dengan waktu yang cepat.

 

Pengujian Kereta Inspeksi spoor 1435 mm untuk Sulawesi @kemenhub151

A post shared by PT INKA (Persero) (@pt_inka) on

 

ومما زاد الصناعة فخرا، أن معظم مكونات قطار التفتيش ترانس سولاويسي صناعة إندونيسيا باستثناء قضبان السكك الحديدية فإنه لا تزال تستورد من الخارج لأن الصناعة المحلية غير قادرة في هذا الوقت على إنتاج الصلب لمواد القضيب. فالباطونة ملموسة ترانس سولاويسي من صناعة شركة ويجايا كاريا (WIKA)، نظام الإشارات من شركة لين إندستري (LEN)، وقضبان اصطناعية أو باندرول من شركة بينداد (PINDAD).

المترجم : هان هان علوم الدين | المحرر: فارس البدر | المصدر : GNFI

Lebih membanggakannya, jalur Trans Sulawesi ini hampir seluruhnya menggunakan komponen buatan lokal kecuali batang rel yang masih mengimpor dari luar negeri karena industri dalam negeri masih belum mampu memproduksi baja untuk bahan batang rel. Bantalan beton jalur Trans Sulawesi merupakan buatan PT Wijaya Karya (WIKA), sistem persinyalan buatan PT LEN Industri (LEN), dan penambat rel atau pandrol buatan PT PINDAD.

Penerjemah: Han Han Ulumuddin | Editor: Fares albadr | Sumber: GNFI

 

تعليقات
Loading...