قفزة كبيرة في معايير سلامة الطيران إندونيسيا

Big Jump! Keselamatan Penerbangan Indonesia di Atas Rata-Rata

0 619

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – حققت رحلات طيران اندونيسيا قفزة كبيرة في تطبيق معايير السلامة هذا العام. فحلت إندونيسيا المرتبة 55 من أصل 191 دولة في منظمة الطيران المدني الدولي (ICAO)، والتي كانت رحلات الطيران الإندونيسية سابقا في المرتبة 151 في عام 2016، بقيمة عملية 81.15 %. (اقرأ أيضا: صناعة الطائرات في اندونيسيا)

وبناء على نتائج البرنامج العالمي للمراقبة وتدقيق السلامة الجوية (USOAP) أو المحاسبة لسلامة الطيران التي تقوم بها منظمة الطيران المدني الدولي (ICAO) , فإن نتيجة معايير السلامة الإندونيسية للطيران تتحقق بشكل جيد, بل تجاوزت نتيجة المعايير  التي تم وضعها من قبل منظمة الطيران المدني الدولي بمقدار 64.71 %.

قفزة كبيرة في معايير سلامة الطيران إندونيسيا

وجدير بالذكر أن المشاركة في برنامج المراجعة و تدقيق سلامة الطيران التي فعلتها منظمة الطيران المدني الدولي شيء إلزامي لإندونيسيا .وذلك أن إندونبسيا لديها  أكثر من 600 مطار، سواء التجارية أوغير تجارية.

هذا وتشمل مراجعة التدقيق ثمانية مجالات من مجالات التقييم منها  تخص المؤهل للعاملين (PEL)، وصلاحية الطائرات للطيران (AIR) والتشريع (LEG)، والمطارات (AGA)، والتنظيم (ORG)، والتنفيذ (OPS)، الملاحة الجوية (ANS)، وفحص الطائرات (AIG ). ومن بين النقاط الثمان للتقييم، تأتي أعلى النتيجة: صلاحية الطائرات للطيران التي  تصل إلى 91 %.

ووفق ما نشره الموقع “بيسنيس ليبوتان6دوت كوم” أن مدير عام النقل والطيران المدني في وزارة الاتصال، أغوس سوسانتو في الندوة  بعنوان: “العمل معا نحو التفوق العالمي”، في مكتب ماركبلوس، جاكرتا، 16 نوفمبر 2017 قال: ” وصلني اليوم بريد إلكتروني من منظمة الطيران المدني الدولي مونتريال الذي يذكر أن نتيجة عملية التدقيق والمراجعة في إندونسيا من سبتمبر إلى أكتوبر هي جيد للغاية”

قفزة كبيرة في معايير سلامة الطيران إندونيسيا

وبهذا التحسين التي تحققه إندونيسيا الآن فهذا يتيح فرصا متعددة لعقد رحلات إضافية إلى الدول التي كانت تمنع شركات الطيران الإندونيسية من الذهاب إليها. وبهذا الإنجازأيضا  وبالتأكيد ستزيد الثقة من الطيران الدولي كما أنها تتعلق بشأن زيادة الربط بين إندونيسيا والعديد من الدول الكبيرة.

و أعرب رئيس شركة أنجكاسا بورا “دانانج باسكورو” عن تقديره لجميع الأطراف ، سواء من العاملين أو المنظمين في شركات الطيران الإندونيسية، الذين عملوا جنبا إلى جنب حتى يتحقق هذا الانجاز الرائع. وللحفاظ على هذا الإنجاز يحتاج إلى التعاون والتآزر بين العاملين والهيئات التنظيمية بما في ذلك المطارات وشركات الطيران والملاحة الجوية وتصنيع الطائرات للتطبيق على القوانين المقررة لدى منظمة الطيران المدني الدولي.

قفزة كبيرة في معايير سلامة الطيران إندونيسيا

المترجم : هان هان علوم الدين | المحرر: فارس البدر | المصدر:  GNFI


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Penerbangan Indonesia membuat loncatan besar dalam pemenuhan standar keselamatan. Dari 191 negara yang tergabung dalam Internasional Civil Aviation Organization (ICAO), tahun ini Indonesia menempati peringkat 55 dari yang sebelumnya berada pada posisi ke 151 pada tahun 2016, dengan nilai pemenuhan sebesar 81,15 persen.

Berdasar pada hasil Universal Safety Oversight Audit Programme (USOAP) atau audit keselamatan penerbangan yang dilakukan oleh Organisasi Penerbangan Sipil Internasional atau ICAO, keselamatan penerbangan Indonesia telah sesuai (compliance), bahkan melebihi standar yang ditetapkan ICAO sebesar 64,71 persen.

Program audit yang dilakukan oleh organisasi penerbangan sipil internasional ini memang wajib diikuti oleh Indonesia. Mengingat terdapat 600-an lebih bandara, baik yang komersil maupun yang tidak.

Audit mencakup delapan area  penilaian, antara lain menyangkut Personel Licensing (PEL), Airworthiness (AIR), Legislation (LEG), Aerodromes (AGA), Organization (ORG), Operations (OPS), Air Navigation (ANS), Aircraft Investigation (AIG). Dari delapan komponen tersebut, nilai tertinggi berasal dari Airworthiness atau kelaikan udara mencapai 91 persen.

“Hari ini saya sudah mendapatkan surat secara tertulis dari ICAO Montreal bahwa hasil yang di dapat selama audit mulai September-Oktober, hasil yang didapat Indonesia sangat menggembirakan,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Agus Susanto dalam diskusi bertema Kerja Bersama Menuju Kelas Dunia, di kantor Markplus, Jakarta, pada 16 November 2017, dilansir dari bisnis.liputan6.com.

Perbaikan peringkat keselamatan yang diraih Indonesia saat ini juga memberikan peluang adanya penambahan penerbangan ke negara-negara yang sebelumnya melarang maskapai Indonesia mengudara ke sana. Rating ini tentu menambah kepercayaan dunia penerbangan internasional pada Indonesia. Juga berkaitan dengan konektivitas antara Indonesia dengan beberapa negara besar.

Terkait dengan hal ini, Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Danang S Baskoro menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak, baik operator dan regulator penerbangan di Indonesia, yang telah bekerja sama dan bersinegi sehingga prestasi ini dapat dicapai. Untuk menjaga prestasi ini, diperlukan kerja sama dan sinergi dari para operator dan regulator terkait, yakni bandara (airport), maskapai penerbangan (airline), pemandu lalu lintas udara (air navigation), dan manufaktur pesawat (aircraft manufacture) untuk patuh terhadap regulasi yang ditetapkan.

Penerjemah: Han Han Ulumuddin | Editor: Fares Albadr | Sumber: GNFI

تعليقات
Loading...