مجموعة جديدة في متحف الطائرات ديركانتارا يوجياكارتا

Koleksi Baru di Museum Pesawat Dirgantara Yogyakarta

0 687

 

يوجياكارتا، إندونيسيا اليوم– زيارة يوجياكارتا ، بالطبع ، ليس مجرد ماليوبورو و معبد برامبانان بل هو مكان مغرٍ. وهناك مكان واحد ليس أقل إثارة للاهتمام والزيارة , وهو المتحف المركزي للجيش الوطني الإندونيسي في سلاح الجو من ديركانتارا ماندالا الذي يقع في مجمع الجيش الوطني الاندونيسي في سلاح الجوي في مدرج الجو أدي سوتشيبتو ، شارع سولو ، سليمان ، يوجياكارتا.

يضم هذا المتحف الذي تبلغ مساحته 4.2 هكتار أكثر من 60 مجموعة تاريخية من الطائرات الاندونيسية. ليس الطائرات فقط، بدءا من الثلاثاء 24 أبريل 2018، متحف يوجيا للطيران لديه عضو جديد وهو متحف المحرك و يسمى متحف أحمد إيمانله , و سيتم افتتاح رسمي للمتحف من قبل قائد الجيش الوطني الاندونيسي المارشال هادي تشاهيانتو.

الجولة حول المتحف الواسع والبارد مع كثير من الأشجار الظليلة ، فيه عديد من المجموعات التاريخية المذهلة.

تم العثور على عدد من الطائرات الحربية والنماذج المقلدة في هذا المتحف، ومعظمها من الحرب العالمية الثانية والفترة التي ما قبل استقلال إندونيسيا.

مجموعة جديدة في متحف الطائرات ديركانتارا يوجياكارتا-إندونيسيا اليوم2

بدءا بالطائرات Ki-43 التي صنعت في اليابان، وطائرة PBY-5A (كاتالينا) ، إكس نسخة طبق الأصل من طائرة WEL-I RI-X (أول طائرة إنتاج في إندونيسيا) ، وطائرة يابانية A6M5 زيرو سين ، إلى قاذفات B-25 ميتشل.

ثم المشي باتجاه الجانب الشمالي من المتحف الذي يستهدف أن يكون الأكبر في جنوب شرق آسيا، هناك مجموعة من ثلاث ( مروحية ) طائرات هليكوبتر فريدة من نوعها ورائعة الشكل. بدءا من مروحية أمريكية الصنع هيلير 360 , مروحية S-58 T التوأم حزمة , وكذلك مروحية MIL MI-1.

بينما في الحظيرة الغربية هناك مجموعة من الأسلحة مثل الصواريخ SA-75. منذ 24 أبريل 2018 ، يضيف المتحف أيضًا إلى المجموعة من خلال إحضار أربع طائرات أسطورية أعادها سلاح الجو بنجاح. ومن مجموعات الطائرات الأربع هي c-130 هيركوليس و IL-14 آفيا و فوكير 27 TS و F-4 هوكير هانتير.

وفي متحف المحرك ، يمكن للزوار العثور على أنواع مختلفة من نماذج محركات الطائرات المصنوعة في بلدان مختلفة مثل الاتحاد السوفيتي وأمريكا وكندا التي كانت من المحركات الداخلية لطائرات ديركانتارا.

وقال رئيس المتحف “إن المجموعة الكاملة من الطائرات في هذا المتحف هي وثيقة مهمة كحقيقة تاريخية لكبار القوات الجوية للحفاظ على سيادة إندونيسيا”.

ساعات زيارة هذا المتحف تبدأ كل يوم من 08.30 صباحا إلى 03.00 عصرا

المترجمة :مايا يونياتي | المحرر: فارس البدر | المصدر: تيمبو

Yogyakarta, Indonesiaalyoum.comBerkunjung ke Yogyakarta, tentu bukan hanya Malioboro dan Candi Prambanan saja yang tempatnya memikat. Ada satu objek yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Yaitu Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala yang lokasinya berada di Komplek TNI AU Landasan Udara Adi Sucipto, Jalan Raya Solo, Sleman, Yogyakarta.

Museum seluas kurang lebih 4,2 hektare ini menyimpan 60 lebih koleksi pesawat bersejarah Indonesia. Tak hanya pesawat, mulai Selasa 24 April 2018, Museum Dirgantara Yogya memiliki anggota baru berupa Museum Engine atau mesin bernama Museum Ahmad Imanullah yang peresmiannya dilakukan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Menyusuri Museum Dirgantara yang luas namun sejuk dengan banyaknya pepohonan rindang itu, banyak koleksi yang membuat decak kagum.

Sejumlah pesawat tempur dan replikanya terdapat di museum ini yang kebanyakan berasal dari masa Perang Dunia II dan perjuangan kemerdekaan. Mulai dari Pesawat Ki-43 buatan Jepang, Pesawat PBY-5A (Catalina), Replika pesawat WEL-I RI-X (pesawat pertama hasil produksi Indonesia), Pesawat A6M5 Zero Sen buatan Jepang, sampai pesawat pembom B-25 Mitchell ada.

Ada pula pesawat tempur legendaries Indonesia Mig-15, MiG-17 dan MiG-21 buatan Rusia.

Tak ketinggalan pesawat tempur seperti B-26 Invader dan TU-16 Badger juga mejeng di museum ini dengan gagah.

Berjalan ke arah sisi utara museum yang ditarget menjadi terbesar di Asia Tenggara itu ada pula koleksi setidaknya tiga helikopter berbentuk unik dan gagah. Mulai helikopter Hillier 360 buatan Amerika, helikopter S-58 T Twin Pack, serta helikopter MIL MI-1.

Sedangkan di hangar sebelah barat ada koleksi senjata seperti Rudal SA-75.

Sejak 24 April 2018, Museum Dirgantara ini juga menambah koleksi dengan mendatangkan empat pesawat legendaris yang berhasil direstorasi TNI Angkatan Udara.

Keempat koleksi pesawat itu yakni C-130 Hercules, IL-14 Avia, Fokker 27 TS, dan F-4 Hawker Hunter.

Sedangkan di Museum Engine yang mulai diresmikan bersamaan empat koleksi pesawat baru itu, pengunjung bisa menemukan berbagai tipe model mesin pesawat buatan berbagai negara seperti Uni Soviet, Amerika, dan Kanada yang pernah menjadi jeroan koleksi pesawat museum Dirgantara.

“Seluruh koleksi pesawat di museum ini merupakan dokumen penting sebagai fakta sejarah para senior Angkatan Udara menegakkan kedaulatan RI,” ujar Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Kolonel Dede Nasrudin di sela peresmian empat koleksi pesawat itu.

Jam kunjungan museum ini mulai setiap hari dari pukul 08.30 hingga 15.00 WIB.

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Fares alBadr | Sumber: Tempo

 

تعليقات
Loading...