سوروتو،مخترع مكينة لمعالجة الكسافا المحمولة والمرشح النهائي في مسابقة المخترعين

Suroto, Pemuda Lamongan Finalis Penemu Muda Alat Pengolah Singkong

0 643

لامونغان، اندونيسيا اليوم – سوروتو شاب من لامونغان أحد المرشحين في المرحلة النهائية في مسابقة المخترعين الشباب في التكنولوجيا الزراعية، وهذا الشاب الذي أصله من قرية نوغو جاتيساري، منطقة سامبنغ قد قدم اختراعه  في مجال التكنولوجيا الزراعية الكسافا.

وصنع هو وثلاثة شباب آخرين المكينة ؛ لمعالجة الكسافا المحمولة التي يمكن نقلها بسهولة. وهذه المكينة قادرة على القشر، أي فصل محتوى الماء من الكسافا وحتى معالجته إلى أن يتكون طحين التابيوكا.

وقال :(سوروتو) خريج جامعة براويجايا مالانج قسم التكنولوجيا الزراعية في اتصال هاتفي يوم الاثنين (2017/11/27) وقال”لدي  فكرة ؛ لصنع مكينة محمولة، حتى يكون في المستقبل المجتمع  يبيعون منتجاتهم بسهولة” .

كما انه يرى الاتي :

هذه المكينة المحمولة، تقدر ان تنتج ما يصل إلى 1 طن من دقيق التابيوكا وسهلة الاستخدام ويمكن نقلها. وسبب صنعه لهذه المكينة المحمولة انه يرى أن المكائن الموجودة حاليا قد استخدمتها الشركات الكبيرة وتم براءة اختراعها.

سوروتو مخترع مكينة لمعالجة الكسافا المحمولة

هذه المكينة المحمولة، تقدر ان تنتج ما يصل إلى 1 طن من دقيق التابيوكا وسهلة الاستخدام ويمكن نقلها. وسبب صنعه لهذه المكينة المحمولة انه يرى أن المكائن الموجودة حاليا قد استخدمتها الشركات الكبيرة وتم براءة اختراعها.

وأضاف (سوروتو): إن المكينة  الموجودة الان لا يمكن حملها إلى أي مكان ويحتاج إلى مبلغ كبير ويثقل هذ على المجتمع. وواصل قائلا :”لقد اختبرنا سابقا، ووجدنا رئيس القرية في ولاية كوتاي الشرقية الذين لهم ترخيص للشركات العمل في القرية (BUMDes) يتعجبون مما صنعت وسيتم استخدامها”.

في حين أنهم يرون أن الفرصة المربحة للكسافا في السوق لا زالت مفتوحة، وخاصة دقيق التابيوكا، وقال :(سوروتو): “الطلب كثير في الوقت الذي لم يتم توفيره كاملا هو دقيق التابيوكا المصنوع من الكسافا”.

وبعض الناس يعتقدون أن الكسافا هو النبات الذي ليس له قيمة اقتصادية عالية. وفي الحقيقة ، الكسافا عند ما تم معالجته إلى أن يصبح دقيق التابيوكا  جاهزا سيزيد قيمتها الاقتصادية.

“بالإضافة إلى ذلك يمكن استخدام نفاية الكسافا في اشياء أخرى كالأعلاف للحيوانات على شكل عجينة، ونفايات المياه , والسماد السائل، وحتى أوراق الكسافا ونفاياتها الصلبة في شكل الكومة  تعد موادا غذائية جيدة للأبقار”.

و في الحقيقة فإن اهتمام (سوروتو) بنبات الكسافا قد بدأ منذ فترة طويلة. بل إنه كان يؤلف كتابا بعنوان “ثورة الكسافا” للتعبير عن ما يراه بأن الكسافا إذا لم تستغل بطريقة جيدة فإن مصيرها لن يكون جيدا مثل المنتجات الزراعية أخرى.

والان بهذا الاختراع في مجال التكنولوجيا الزراعية  نجح (سوروتو) في أن يكون المرشح للمرحلة النهائية في مسابقة المخترعين الشباب في التكنولوجيا الزراعية  2017 وفي ديسمبر هو وثلاثة من أصدقائه سيعرضون المعلومات حول اختراعه في جاكرتا. “و سيتم تسليم الجوائز مباشرة من قبل الرئيس”.

المترجم : هان هان علوم الدين | المحرر: فارس البدر | المصدر : ديتيك كوم


Lamongan, Indonesiaalyoum.com – Seorang pemuda di Lamongan menjadi finalis dalam kompetisi penemu muda teknologi pertanian. Suroto, warga Desa Nogo Jatisari, Kecamatan Sambeng, ini berinovasi di bidang teknologi pertanian singkong.

Bersama tiga rekannya, membuat sebuah alat pengolah singkong portabel yang bisa dipindah-pindahkan dengan mudah. Mesin tersebut, menurut Suroto, bisa mengupas, memarut, memisahkan kadar air singkong hingga memproses tepung tapioka.

“Tercetuslah ide membuat mesin portable, sehingga ke depan masyarakat tak kebingungan menjual produknya,” kata Suroto, pemuda lulusan Fakultas Teknologi Pertanian Unibraw Malang, saat dihubungi, Senin (27/11/2017).

Mesin portabel ini, menurut Suroto, mampu menghasilkan hingga 1 ton tepung tapioka dan mudah digunakan dan bisa dipindah-pindah. Suroto membuat alat portabel ini karena selama ini mesin-mesin yang digunakan sudah dipatenkan dan digunakan oleh perusahaan besar.

Mesin portabel ini, menurut Suroto, mampu menghasilkan hingga 1 ton tepung tapioka dan mudah digunakan dan bisa dipindah-pindah. Suroto membuat alat portabel ini karena selama ini mesin-mesin yang digunakan sudah dipatenkan dan digunakan oleh perusahaan besar.

Suroto Penemu alat pengolah singkong portabel

Mesin yang ada, tutur Suroto, tak bisa dibawa kemana-mana dan membutuhkan modal besar dan memberatkan masyarakat. “Kami sudah uji coba dan ternyata para kades di Kutai Timur yang sudah memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tertarik dengan alat saya ini dan akan menggunakannya,” ujar Suroto yang mengaku kalau Januari nanti alat ini akan digunakan di Kutai Timur.

Sementara mereka melihat pangsa pasar singkong, terutama tepung tapioka, masih terbuka lebar. “Permintaan di pasaran terhadap tepung tapioka, yang belum bisa dipenuhi skala produsen besar adalah tepung tapioka berbahan singkong,” terang Suroto.

Suroto mengaku, sebagian orang menganggap tanaman singkong adalah tanaman yang tidak memiliki nilai ekonomi tinggi. Padahal, tegas Suroto, singkong ketika diolah menjadi produk turunan seperti tepung tapioka akan menambah nilai ekonomi singkong tersebut.

“Selain itu limbah singkong berupa ampas bisa diolah menjadi pakan ternak, limbah cair pengolahan singkong bisa digunakan sebagai pupuk cair. Bahkan daun singkong dan limbah padat berupa onggok yang sudah diolah menjadi pakan jika diberikan pada sapi akan memberikan nutrisi pada sapi,” papar Suroto.

Ketertarikan Suroto terhadap singkong sudah sejak lama. Bahkan, Suroto juga sudah menerbitkan sebuah buku yang berjudul ‘Revolusi Singkong’ untuk menyuarakan tentang singkong yang nasibnya tak sebaik produk pertanian lainnya.

Berkat inovasi di bidang teknologi pertanian ini, Suroto pun lolos sebagai finalis Kompetisi Penemu Muda Teknologi Pertanian 2017. Desember ini, aku Suroto, ia bersama 3 orang rekannya akan presentasi di Jakarta. “Penganugerahan pemenang langsung diberikan oleh Presiden,” pungkasnya.

Penerjemah: Han Han Ulumuddin | Editor: Fares Albadr | Sumber: Detik.com

تعليقات
Loading...