إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

مركز البحث والتطوير للخدمات الدينية و الاجتماعية في وزارة الشؤون الدينية: لازالت الانسجام الديني في إندونيسيا جيدة

Pustiltbang Kemenag: Kerukunan di Indonesia Tetap Baik

0 360

جاكارتا, إندونسيا اليوم أشارت تقارير البحث من قبل مركز مركز البحث والتطوير للخدمات الدينية والاجتماعية من وكالة البحث والتدريب في وزارة الشؤون الدينية  أن الانسجام الديني في عام 2017 لا يزال في حالة جيدة. وجاء ذلك البيان عند “اطلاق التقريرالسنوي عن الحياة الدينية لعام 2017” في فندق ساري بان باسيفيك يوم الاثنين (5/3).

وقال رئيس مركز البحث والتطوير للخدمات الدينية الاجتماعية  في وزارة الشؤون الدينية محرم مرزوقي إنه لا يستطيع التعليق على مؤشر النسبة المئوية للانسجام الديني في إندونيسياو لأن مؤشر النسبة المئوية لم يصدر بعد وإن هذه التقرير السنوي لعام 2017 للحياة الدينية هو مجرد معلومات قصيرة  ةمتفرقة .

قد يهمك : تيراس تشيكابوندونج المشهور

وقال محرم إلى موقع ريبوبليكا فى فندق سارى بان باسيفيك فى جاكرتا يوم الاثنين “ان نسبة الانسجام يمكن ان ترتفع وتنخفض، ولكن  الانسجام الديني في اندونسيا اجمالا لازال جيدا”.

قد يهمك : رئيس الشرطة الإندونيسية يدعو الأستاذ عبد الصمد لاسداء النصح حول الوحدة الإندونيسية

وأكد انه لم يكن هناك أي مشكلة تتعلق بلانسجام فى اندونيسيا. وقد تكون هناك قضايا سياسية أثناء الانتخابات المحلية في المناطق المختلفة، ولكن هذا لا يغير الانسجام الديني في المجتمع و إن كان هناك شائعات التي تقول بأن اندونسيا لم تكن منسجمة فإن هذا غير صحيح.

ومن قبل قال رئيس وكالة  البحث والتدريب في وزارة الشؤون الدينية الاستاذ عبد الرحمن مسعود أنه بشكل عام الانسجام بين الطوائف الدينية في اندونيسيا جيدة، لأن مؤشر النسبة المئوية لا يزال فوق 70 %. ويمكن أن نقيس مستوى الانسجام من خلال ثلاثة مؤشرات وهم التسامح والمساواة والتعاون بين الأديان.

قد يهمك : لابوان باجو مستمرة في بناء الفندقان الدوليان

كما أخبر بأن نسبة المئوية  للانسجام الديني لم يصدر بعد حتى لا يمكن توضيحها تفصيلا. ومن المخطط في ان تظهر في الاسبوع القادم سيكون هناك حوارات خاصة حول انسجام الطوائف الدينية فى اندونيسيا فى عام 2017. ولكن اذا كانت النسبة المئوية او نتيجة الانسجام الديني فوق 70 فى المائة فهذا معناه أن الانسجام لازال جيدة.

المترجم : هان هان علوم الدين | المصدر ريبوبليكا

المحرر : تلال الشايقي

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Kementerian Agama (Kemenag) melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Bimas Agama dan Layanan Keagamaan dari Badan Litbang dan Diklat melaporkan, kerukunan umat beragama pada 2017 masih dalam kondisi baik. Hal tersebut disampaikan saat “Launching Laporan Tahunan Kehidupan Keagamaan Tahun 2017” di Hotel Sari Pan Pacific, Senin (5/3).

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Bimas Agama dan Layanan Keagamaan dari Kemenag Muharam Marzuki mengatakan belum bisa berkomentar tentang indeks persentase kerukunan umat beragama di Indonesia sebab indeks persentasenya belum dirilis, Laporan Tahunan Kehidupan Keagamaan Tahun 2017 hanya sekadar informasi singkat.

“Kerukunan bisa naik dan bisa turun, posisi kerukunan Indonesia pada intinya tetap positif, tetap baik,” kata Muharam kepada Republika.co.id di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Senin (5/3).

Ia menegaskan, kerukunan di Indonesia tidak bermasalah. Boleh saja ada kasus-kasus politik saat pilkada di berbagai daerah, tapi kerukunan umat beragama tetap berjalan. Kalau ada orang yang menyebarkan informasi Indonesia sudah tidak rukun, hal tersebut tidak benar.

Sebelumnya, Kepala Badan Litbang dan Diklat dari Kemenag Prof Abdurrahman Mas’ud menyampaikan, secara garis besar kesimpulannya kerukunan umat beragama di Indonesia baik, karena indeks persentasenya masih di atas 70 persen. Tingkat kerukunan diukur melalui tiga indikator yaitu tingkat toleransi, kesetaraan dan kerja sama antarumat beragama.

“Kerukunan baik, kerukunan kategorinya baik, meskipun nanti harus nunggu launching tapi hasilnya ini 2017 kerukunan umat beragama masih tinggi, yaitu 72,27 persen,” ujarnya.

Ia juga menginformasikan, persentase kerukunan umat beragama belum dilaunching, sehingga belum bisa dijelaskan secara detail. Insyaallah pekan depan akan dilakukan launching yang khusus berbicara tentang kerukunan umat beragama di Indonesia tahun 2017. Tapi kalau persentase atau nilai kerukunan umat beragama masih di atas angka 70 persen artinya baik.

Penerjemah : Han han ulumuddin | Sumber : Republika

Editor : Talal Syaiqi

 

تعليقات
Loading...
Click Me