مصادرة 8 مليار روبية أعدت كرشاوي انتخابية

Serangan Fajar Rp8 M Dipecah di Amplop Rp20 Ribu & Rp50 Ribu

0 580

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – لجنة مكافحة الفساد تتهم عضو مجلس النواب الإندونيسي عن حزب جولكار بوو صديق بانغارسو بالتورط في قضية الرشوة المتعلقة بالتعاون بين شركة أسمد إندونيسيا PILOG و شركة هومبوس لنقل الكيماويات HTK ف مجال النقل البحري.

قال باساريا بانجايتان، نائب رئيس لجنة مكافحة الفساد، بأن صديق متهم بجمع الأموال من عدد من المستقبلين بخصوص المناصب المتعلقة بهجوم الفجر في الانتخابات الرئاسية 2019.

و قد صادرت لجنة مكافحة الفساد من أحد المكاتب في جاكرتا مبلغ قدره 8 مليار روبية قد قسم على أظرف في كل ظرف خمسين أو عشرين ألف روبية.

قال باساريان: “الأموال من فئة خمسين و عشرين روبية قد تم وضعها داخل أظرف ملئت 84 صندوق”. الخميس 28/3.

وقد تم تعين بوو صديق كمشتبه به في القضية مع شخصين آخرين، هما أستي ويناستي مدير التسويق بشركة هومبوس لنقل الكيماويات، و الآخر هو إندوجا من إحدى الشركات الخاصة.

إندوجا متهم بالاشتراك صديق في تلقي أموال بقيمة 89.4 مليون روبية من أستي ويناستي في مكتب بشركة HTK. و كانت الأموال قد وضعت في ظرف بني اللون.

و اتهم بوو صديق بطلبه 2 دولار على الطن من شركة HTK زيادة على تكلفة النقل.

و كان صديق المسئول السابق عن الحملة الانتخابية لحزب جولكار في جاوا الوسطى، قد اتهم من قبل بتلقيه رشوة لست مرات في عدد من الأماكن، ليصل ما اتهم بتلقيه إلى 221 مليون روبية و 85130 دولار أمريكي.

المترجم : مؤمن السيفي | المصدر: سي ان ان إندونيسيا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari fraksi Partai Golkar, Bowo Sidik Pangarso (BSP) sebagai tersangka dalam dugaan suap pelaksanaan kerja sama pengangkutan di bidang pelayaran antara PT Pupuk Indonesia Logistik (PILOG) dengan PT Humpuss Transportasi Kimia (HTK).

Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan mengatakan KPK menyebut Bowo diduga mengumpulkan uang dari sejumlah sejumlah penerimaan-penerimaan terkait jabatan yang dipersiapkan untuk ‘serangan fajar’ pada pemilu 2019.

Dalam penindakan yang dilakukan, KPK mengamankan uang sekitar Rp8 miliar dalam pecahan Rp20 ribu dan Rp50 ribu yang telah dimasukkan dalam amplop-amplop di sebuah kantor di Jakarta.

“Pecahan Rp20 ribu dan Rp50 ribu itu dimasukkan ke dalam amplop-amplop pada 84 kardus,” kata Basaria di kantornya, Jakarta, Kamis (28/3).

Bowo Sidik Pangarso ditetapkan tersangka bersama dua orang lainnya, Asty Winasti yang merupakan Marketing Manager PT Humpuss Transportasi Kimia (HTK) dan Indung dari pihak swasta.

Indung diduga merupakan rekan Bowo Sidik yang menerima uang dari Asty Winasti senilai Rp89,4 juta di kantor PT HTK yang disimpan dalam amplop coklat.

Bowo diduga meminta fee kepada PT HTK atas biaya angkut yang diterima sejumlah USD2 per metric ton.

Sebelumnya diduga telah terjadi enam kali penerimaan yang melibatkan mantan Ketua Badan Pemenangan Pemilu Jawa Tengah 1 Partai Golkar itu di sejumlah tempat sebesar Rp221 juta dan USD85.130.

Penerjemah: Momen Alsayfi | Siumber: CNN Indonesia

تعليقات
Loading...