معوقات تنمية الطاقات الجديدة والمتجددة في إندونيسيا

HAMBATAN PENGEMBANGAN EBT DI INDONESIA

0 643

جاكرتا- إندونيسيا اليوم , يرى بعض الناس أن الحكومة الإندونيسية ستواجه صعوبات في تحقيق هدف 23% من الطاقة الجديدة والمتجددة (EBT) في خليط الطاقة الكلي الوطني بحلول عام 2025 إلا إذا وجدت تغييرات كبيرة في السياسات واللوائح.

وبحسب التقارير الأخيرة من غلوبال العالمية للمبادرة (GSI)، جزء من المعهد الدولي للتنمية المستدامة (IISD)، بأن هناك بعض العوائق الرئيسية لتطوير الطاقة المتجددة في إندونيسيا. أولا، سعر الشراء للطاقة المتجددة يقتصر في أعداد منخفضة حتى لا يجذب المطورين للطاقة الجديدة بل في بعض المناطق انخفض سعرها أقل من سعر محطات الفحم. ثانيا،  التغيرات في السياسات والأنظمة التي قد تؤدي إلى عدم اليقين والتأخير، فضلا عن زيادة المخاطر بالنسبة للمستثمرين. وبالإضافة إلى ذلك، فإن الإعانات والدعم المالي للوقود الأحفوري وخاصة الفحم، تتعارض مع الرغبة في الانتقال إلى الطاقة المتجددة.

وبالفعل يظهر هناك غموض فيمن يكون مدافعا رئيسيا عن الطاقة المتجددة في إندونيسيا, وبدون التوجه العام للسياسة موالي للطاقة المتجددة في الحكومة، ما نمت الطاقة المتجددة إلا يشكل بطيئ.

وقال كبير مستشاري غلوبال العالمية للمبادرة، ريتشارد بريدلي، في تقريره يوم الأربعاء (3/4) إن لدى إندونيسيا الفرص الصغيرة للوصول إلى الهدف المتمثل في 23% من الطاقة المتجددة قبل عام 2025، إلا بعد وضع السياسة الجديدة التي تثير رغبة أكبر في تنمية الطاقة المتجددة.

وأوضح أن غلوبال العالمية للمبادرة أجرت مقابلات على العديد من أصحاب المصلحة حيث أعربوا عن قلقهم من أن السياسة الحالية لا توفر حوافز كافية لتشجيع الطاقة المتجددة. إذا كان نظام الاستثمار سهلاً، فيكون أول خطوة مهمة لتسريع تطوير الطاقة المتجددة في إندونيسيا و”يجلب الاستثمار”.

وكما هو معلوم، أثبت هدف الطاقة الجديدة والمتجددة الذي وضعته الحكومة أنه أصبح جزءاً من سلسلات السياسات المذكورة في مساهمة المحدودة الوطنية الإندونيسية (NDC) تحت اتفاق المناخ في باريس عام 2015، وهو من أهم الأهداف لتحقيق هدف الحد من انبعاثات غازات الاحتباس الحراري. وتعتبر الطاقة المتجددة أيضا عنصرًا هامًّا لتحقيق الهدف المتمثل في إمدادات الطاقة، ولدعم طموح الحكومة الاندونيسية لتحقيق أهداف التنمية المستدامة (SDGs).

وعلى المدى الطويل، ومن المتوقع أن تكون الطاقة المتجددة بأسعار معقولة، وصديقة للبيئة، لا تضرّ الصحة، وتصل إليها المجتمعات المحلية أكثر سهولة في المناطق النائية من مشاريع الطاقة الكبيرة والمركزة ذات الوقود الأحفوري. وفي الوقت الراهن، تبلغ مساهمة الطاقة المتجددة في إندونيسيا ما لا تقل عن 10% من إجمالي مزيج الطاقة الأولية.

 

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر : فارس البدر | المصدر: Republika

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Pemerintah dinilai akan sulit mencapai target 23 persen energi baru dan terbarukan (EBT) dalam total bauran energi nasional pada tahun 2025. Kecuali, ada perubahan signifikan dalam kebijakan dan peraturan.

Berdasarkan laporan terbaru Global Subsides Initiative (GSI) yang merupakan bagian dari International Institute for Sustainable Development (IISD), ada beberapa hambatan besar pengembangan energi terbarukan di Indonesia. Pertama, harga pembelian untuk energi terbarukan dibatasi di angka yang terlalu rendah sehingga tidak menarik bagi pengembang pembangkit baru. Bahkan di beberapa daerah lebih rendah daripada harga pembangkit batubara.

Kemudian, perubahan kebijakan dan peraturan yang cukup sering dilakukan berujung pada ketidakpastian dan penundaan, serta meningkatkan risiko bagi para investor. Selain itu, subsidi dan dukungan finansial untuk bahan bakar fosil khususnya batu bara bertentangan dengan keinginan untuk melakukan transisi ke energi terbarukan.

Secara fundamental, terdapat ketidakjelasan siapa pejuang utama untuk energi terbarukan di Indonesia. Tanpa dorongan yang luas terhadap kebijakan proenergi terbarukan di dalam pemerintahan, pertumbuhan energi terbarukan diperkirakan masih akan berjalan lambat.

Penasehat Senior Kebijakan GSI Richard Bridle menyebut kecil kemungkinan Indonesia untuk mencapai target 23 persen EBT sebelum 2025. “Kecuali dibuat kebijakan baru yang menciptakan kemauan yang lebih besar untuk menumbuhkan energi terbarukan, kata Bridle dalam laporannya yang diterima //Republika//, Rabu (3/4).

Dia menjelaskan, banyak pihak berkepentingan yang diwawancarai GSI mengemukakan kekhawatiran bahwa kebijakan saat ini karena tak  menyediakan insentif yang cukup untuk menumbuhkan eكnergi terbarukan. Jika regulasi investasi dipermudah, maka akan menjadi langkah pertama yang penting untuk melesatkan pembangunan energi terbarukan di Indonesia. “Serta mendatangkan investasi,” ujar dia.

Seperti diketahui, target EBT yang dipasang pemerintah ditetapkan sebagai bagian dari serangkaian kebijakan yang dituangkan dalam Nationally Determined Contributions (NDC) Indonesia di bawah Perjanjian Iklim Paris (Paris Climate Agreement) pada tahun 2015, dan merupakan target yang sangat penting untuk mencapai tujuan pengurangan emisi gas rumah kaca. Energi terbarukan juga merupakan elemen penting untuk meraih target ketersediaan energi, serta untuk mendukung ambisi pemerintah Indonesia dalam meraih tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

Dalam jangka panjang, energi terbarukan diharapkan lebih terjangkau, ramah lingkungan, tidak membahayakan kesehatan, dan lebih mudah diakses bagi masyarakat di pedalaman dibandingkan proyek energi berskala besar dan terpusat yang berbahan bakar fosil. Saat ini, kontribusi energi terbarukan di Indonesia kurang dari 10 persen dari total bauran energi primer.

Penerjemah: Sairul Nafsahu I Editor: Fares alBadr I Sumber: Republika

 

تعليقات
Loading...