إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

مهاتير محمد في عيد مولده الـ 93: ندرس تغير عملة ماليزيا

Ulang Tahun, Mahathir Mohamad Berusia 93 Tahun Hari Ini

- الإعلانات -

0 312

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – رئيس الوزراء الماليزي مهاتير محمد يبدأ عامًا جديدًا اليوم 10 يوليو. قائد ماليزيا الحالي أتم 93 عامًا من العمر.

فما هي آمال مهاتير في عامه الجديد؟

قال مهاتير: “آمل أن تساعنا الصحافة في الحد من الفساد.”

ويعد مهاتير بمحاربة الفساد الذي يقول عنه أنه يستشري في ماليزيا، و يؤكد على أنه سيدعم اللجنة الماليزية لمكافحة الفساد.

كان مهاتير قد وعد في بداية فترة حكمه بإجراء محاكمات شاملة في قضية شركة Malaysia Development Berhad ، و التي تحمل اسم رئيس الوزراء السابق نجيب رزاق.

عبر مهاتير في أثناء محادثته مع قناة نيوز آسيا أنه يسعى لمجابهة الفساد بعدة طرق، من بينها تغير الرينجت الماليزي. يمكن أن يتم استبدال الرينجت بعملة جديدة أو تطبيق نظام (cashless) غير نقدي لمكافحة الفساد.

كان مهاتير قد صرح الأربعاء 27/6/2018: “هذا ليس أمرًا سهلاً؛ لأنه إذا أردت تغير العملة، فعليك أولاً أن تعرف حجم المتداول. نحن نريد أن نستبدل كمية كبيرة جدًا من النقود المتداولة.”

و أضاف: “فإذا أردت أن تقوم بتغير عملة البلد، عليك أن تقوم بطباعة كميات مهولة من النقود الورقية. يجب أن تدرس أولاً تأثير ذلك على الاقتصاد.”

لدى مهاتير خبرة و تجربة في الأعمال الاقتصادية الثورية، ذلك عندما أوقف تداول فئتي 500 رينجت و ألف رينجت في سبتمبر 1998 أثناء الأزمة الاقتصادية. حيث أعلن وقتها بنك ماليزيا، الذي يعتبر هو البنك المركزي الماليزي، عن أن الفئات المذكورة سوف يتم إتلافها و سيتوقف التداول بها بداية من 1 يوليو 1999.

مثل هذه الخطوة كانت الهند قد قامت بمثلها عندما بدأت تطبيق سياسات اقتصادية تهدف لمحو الأموال السوداء من الاقتصاد و محاربة الفساد و الإرهاب، و ذلك في نوفمبر 2016.

حيث قامت الحكومة الهندية برئاسة رئيس الوزراء ناريندرا مودي بإعدام فئتي 500 و ألف روبية، و استبدلتها بفئتي 500 و ألفين روبية لكن في شكل ورقي.

و رغم ذلك فقد أظهرت البيانات الصادرة عن بنك الاحتياطي الهندي أن هذه العملية لم تنجح في تصفية الأموال السوداء.

المترجم : مؤمن مجدي | المصدر: CNBC Indonesia


Jakarta, Indonesiaalyoum.com Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad memasuki usia baru tepat pada hari ini 10 Juli 2018. Pemimpin Malaysia tersebut kini berusia 93 tahun

Apa harapan Mahathir di usia 93 tahun ini?

“Saya harap pers bisa membantu kami untuk memerangi korupsi. Terima kasih,” kata Mahathir.

Mahathir berjanji akan memerangi korupsi yang menurutnya kian menjamur di Malaysia. Ia menegaskan siap untuk memperkuat KPK-nya Malaysia yakni Malaysian Anti-Corruption Commission (MACC). 

Mahathir dalam masa awal kepemimpinannya telah berjanji untuk mengusut tuntas kasus 1MDB yang membawa nama PM sebelumnya Najib Razak. 

Mahathir Mohamad dalam perbincangannya dengan Channel NewsAsia seperti dilansir media Malaysia, The Star juga berupaya memerangi korupsi dengan beberapa cara. Salah satunya pergantian mata uang Ringgit. Pergantian mata uang bisa dilakukan atau menerapkan sistem cashless atau non tunai untuk memerangi korupsi.

“Itu bukan hal mudah, karena ketika anda mau mengganti mata uang, maka anda harus mengetahui berapa besar sirkualsinya. Karena kita ingin mengganti dalam jumlah besar sirkulasinya,” demikian kutipan Mahathir, Rabu (27/6/2018).

“Jika anda ingin menggantinya, anda juga harus memerlukan percetakan dalam jumlah besar uang kertas. Anda juga harus mempelajari efek ke ekonominya,” imbuh Mahathir.

Mahathir sendiri punya pengalaman melakukan demonetisasi. Atau menghentikan peredaran uang pada September 1998 selama periode krisis keuangan. Pada tahun itu, Bank Negara Malaysia yang notabene bank sentral mengumumkan bahwa denominasi RM500 dan RM1.000 akan dihancurkan dan akan berhenti menjadi alat pembayaran yang sah sejak 1 Juli 1999.

Langkah seperti itu terjadi di India pada November 2016 ketika memulai latihan demonetisation untuk menghilangkan uang hitam dari ekonomi dalam upaya untuk memerangi terorisme dan korupsi.

Pemerintah India, yang dipimpin oleh Perdana Menteri Narendra Modi, mengebiri semua uang pecahan 500 dan 1.000 rupee atau menukarnya dengan uang kertas 500 dan 2.000 rupee yang baru diperkenalkan.

Data yang dirilis oleh Reserve Bank of India, bagaimanapun, menunjukkan bahwa demonetisation gagal mengeluarkan uang hitam.

Penerjemah: Momen Magdy | Sumber: CNBC Indonesia

(28)

تعليقات
Loading...
Click Me