نائب محافظ جاكرتا: حال الطبقات الدنيا في جاكرتا يزداد سوءًا

Sandiaga Akui Ekonomi Kelas Bawah di Jakarta Makin Terpuruk

0 685

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – نائب محافظ جاكرتا، ساندياجا أونو، يقول أن عدم المساواة الإقتصادية بالمجتمع تمثل المشكلة الأكبر في جاكرتا.

وأشار إلى أن الحالة الاقتصادية للطبقة الدنيا من المجتمع تزداد سوءًا.

ساندي ذكر ذلك أثناء لقاءه أعضاء برنامج الرعاية الاجتماعية و الذين كانوا ينتظرون الحصول على (angpau ) – و هو ظرف أحمر به هدية نقدية يوزع في الأعياد الصينية – وقت الاحتفال برأس السنة الصينية في معبد دارما باكتي بمنطقة بيتاك سيمبيلان – جاكرتا، الجمعة 16/2.

قال ساندي:” بحق لقد أصبحت عدم المساواة الاجتماعية هي المشكلة الأكبر في جاكرتا”.

استنادًا لتصريح أحد ضباط الأمن فإن عدد الناس المنتظرة أن تعطي المظروف الأحمر من 700 إلى 800 شخص.

ويستأنف ساندي بأن النمو الاقتصادي وارتفاع مستوى رفاهية سكان جاكرتا واضح للعيان، لكن هذا النمو ينعكس على جزء من المجتمع، ويوجد جزء آخر من المجتمع في جاكرتا لم ينعكس هذا النمو عليه بعد.

صرح ساندي:”الجزء الأدنى من المجتمع حاله إلى الأسوء دائمًا.

هذا الخلل في التوزيع يجب أن يختفي، هذا هو واجب حكومة جاكرتا.

حكومة جاكرتا سوف تصدر مجموعة من السياسات التي ستساعد على تقليل الفجوة بين الدوائر العليا من المجتمع الجاكرتي، و الدوائر الدنيا التي ما تزال مكبلة بالفقر”.

يرى ساندي أن هذا واجب حكومة جاكرتا و عليها القيام به.

يقول ساندي:”هذا واجبنا نحن حكومة جاكرتا، أن نطبق السياسات التي تستطيع مد جسر التنمية إلى الطبقات الدنيا حتى يتمكنوا من العيش بكرامة”.

واستأنف ساندي بأن السياسات المزمع إصدارها تستهدف بالطبع الطبقات التي ماتزال تعاني من صعوبات اقتصادية.

وكمثال، ذكر ساندي برنامج (منطقة واحدة، مركز واحد)، حيث يرى أن هذا البرنامج سيساهم في رفع معنويات المواطنيين وسيحسن من مستواهم الاقتصادي.

ويقول ساندي بأن هناك حاليًا سبعة آلاف عضو قد سجلوا بالبرنامج و جاري تدريبهم الآن، وقد تم إدراج 300 عضو ضمن القوائم المالية.

المترجم : مؤمن مجدي | المصدر: سي ان ان اندونيسية

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menyebut ketimpangan ekonomi di masyarakat merupakan masalah terbesar di Jakarta.

Dia juga menyebutkan ekonomi bagi sebagian masyarakat kelas bawah juga kian terpuruk.

Sandi menyampaikan hal tersebut terkait kehadiran warga penyandang masalah kesejahteraan sosial yang menunggu diberi angpau saat perayaan Imlek di Wihara Dharma Bakti, kawasan petak sembilan, Jakarta, Jumat (16/2).

“Itu sangat tepat bahwa jelas ketimpangan jadi PR yang terbesar di Jakarta,” ucap Sandi.
Berdasarkan keterangan salah satu petugas keamanan, jumlah warga yang menunggu diberi angpau di wihara itu mencapai 700- 800 orang.

Sandi melanjutkan, pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan warga Jakarta memang tampak jelas di permukaan yakni peningkatan ekonomi bagi sebagian warga. Meski demikian, ada kelompok yang luput tersorot dari tumbuhnya perekonomian di Jakarta.

“Yang ada di bawah semakin terpuruk,” kata Sandi.

Sandi mengatakan ketimpangan ekonomi tersebut mesti dihilangkan. Pemprov DKI Jakarta yang berkewajiban untuk melakukan hal tersebut.

Sandi menyampaikan bahwa Pemprov DKI Jakarta bakal menerbitkan kebijakan untuk meminimalisir jurang antara kalangan atas yang telah mapan dan kelompok yang masih terbelenggu kemiskinan.

Menurutnya, itu tugas Pemprov DKI Jakarta yang harus diemban.

“Ini tugas kita di pemprov DKI untuk menghadirkan kebijakan yang akan membangun jembatan kesejahteraan agar mereka yang di bawah ini bisa naik kelas,” katanya.

Kebijakan yang akan dikeluarkan, lanjut Sandi, tentu ditujukan untuk mereka yang masih kesulitan dari segi ekonomi.

Program OK OCE

Salah satunya, Sandi akan mengoptimalkan program one kecamatan one center.enterprenership (OK OCE). Dia menganggap program tersebut dapat memupuk semangat warga untuk meningkatkan taraf ekonominya.

Dia mengklaim telah ada 7 ribu anggota OK OCE yang telah mendaftar dan tengah menjalani pelatihan. Kemudian, telah ada 300 anggota yang masuk dalam laporan keuangan.

Penerjemah: Momen Magdy | Sumber: CNN Indonesia

 

تعليقات
Loading...