نوبل بمؤمن يرد على طلب مجلس علماء إندونيسيا لقبول اعتذار سوكماواتي

Diminta Ketum MUI Maafkan Sukmawati, Ini Kata Novel Bamukmin

0 599
جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  طلب كياي حاج معروف أمين، رئيس مجلس علماء إندونيسيا، من المسلمين أن يقبلوا اعتذار سوكماواتي سوكارنو بوتري عن قصيدتها “أم اندونيسيا”. فما هو رد فعل نوبل بمؤمن، قسم العلاقة العامة لحركة 212.
“أنا أقدر رئيس مجلس علماء إندونيسيا، ومع ذلك يجب أن يكون عادلا من أجل الدفاع عن أولئك الذين تم تجريمهم من العلماء والناشطين الذين يدافعون عن دينهم.” قال نوبل في بيانه، الجمعة  (2018/06/04).
وطلب نوبل من معروف أمين على أن يحث جميع الأطراف لإلغاء تقاريرهم من الشرطة ضد العلماء. “نطلب رئيس مجلس علماء إندونيسيا على أن يدعو إلى إلغاء التقرير الذي يجرم العلماء والناشطين، وإطلاق سراحهم على الفور من السجن” قال.
ويأمل نوبل من معروف أمين أن يكون هناك حل متساو لتحقيق العدالة للمسلمين الذين تعرضوا لسوء المعاملة. “الحد الأدنى، مساعدة رئيس مجلس علماء إندونيسيا ليكون وسيطا في إطلاق سراح المعتقلين ونفتح صفحة جديدة، وهذا هو العدل.”بحسب نوبل.
وعلى الرغم من نداء معروف أمين، أكد نوبل أن تقريره بشأن سوكماواتي لا يمكن أن يلغى. إن اعتذار سوكماواتي بحسبه لا يمكن أن يلغي الجريمة.
“أنا من قسم العلاقات العامة لخريجي حركة 212، وباسم نائب رئيس أكتا (مجموعة المحافين لحب الوطن) وقسم العلاقات العامة إكامي (اتحاد الطلبة الإندونيسيين)، ونائب رئيس فريق الدفاع عن العلماء (تبؤأ)، والأمين العام لكورلابي (منسق التقرير للدفاع عن الإسلام) والأمين العام لتام، أننا لا نلغي تقاريرنا لأنها من حقوق الله ودينه الذي تعرض للإهانة و قانونيا لا يمكن إلغاءه بكلمة اعتذار.” قال نوبل.
وأكد نوبل أنه سيعقد مظاهرة ضدقصيدة سوكماواتي. وقام بتوزيع أجندة المظاهرة التي بعنوان “دعوة الجهاد عادت”.
المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر:  صحيفة ديتيك

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin meminta umat Islam memaafkan Sukmawati Soekarnoputri soal puisi ‘Ibu Indonesia’. Lalu apa tanggapan Novel Bamukmin selaku Humas Perdaudaraan Aksi (PA) 212?
“Saya menghargai Ketua MUI, namun Ketua MUI harus adil juga dong membela mereka yang dikriminalisasi yaitu ulama dan aktivis yang membela agamanya,” ujar Novel dalam keterangannya, Jumat (4/6/2018).

Novel meminta agar Ma’ruf Amin juga menghimbau pihak-pihak untuk mencabut laporan polisi terhadap para ulama. “(Meminta) Ketua MUI (agar) menghimbau tarik laporan yang mengkriminalisasi ulama dan aktivis dan segera membebaskan mereka dari penjara,” ungkapnya.

Novel berharap ada upaya dari Ma’ruf Amin agar ada win-win solution sehingga ada keadilan bagi umat islam yang merasa dilecehkan. “Minimal Ketua MUI untuk membantu mediasi agar bisa barter agar posisinya kosong-kosong kembali, nah itu baru adil,” imbuh Novel.

Meski sudah ada imbauan dari Ma’ruf Amin, namun Novel menegaskan laporan pihaknya terhadap Sukmawati tidak akan dicabut. Permintaan maaf Sukmawati dinilainya todak bisa menggugurkan sebuah pidana.

“Saya Humas Persaudaraan alumni 212 , Wakil Ketua ACTA, Humas IKAMI, Wakil Ketua TPUA , Sekjen KORLABI, Anggota LDF DPP FPI, Sekjen TAM mewakili semuanya itu tidak akan menarik laporan itu karena itu haknya Allah yang agamanya dihina dan tindak pidana tidak bisa dihapus oleh maaf,” tegas Novel.
Novel juga memastikan aksi protes atas puisi Sukmawati itu tetap akan digelar. Dia pun membagikan agenda aksi itu dengan tajuk “Panggilan Jihad Kembali Datang”.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSahiqi | Sumber: Detik

تعليقات
Loading...