هذا هو السبب لماذا لم تتحرك الروبية

Ini Alasan Mengapa Rupiah Belum Bergerak Menguat

0 707

 

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – كشف نائب محافظ بنك إندونسيا (BI) دومي بودي والويو عن سبب عدم تقوية الروبية حاليا. مع أنه قامت وكالة موديز للتصنيف مؤخراً بتحديث دين إندونيسيا من با3 (إيجابية متدفقة) إلى با2 (توقعات مستقرة).

ويرى، لم تكن الروبية قوية جدا بسبب تأثير الظروف الخارجية التي لا تزال موجودة. أي أن توقعات زيادة سعر صندوق الاحتياطي الفيدرالي ثلاث مرات لا تزال موجودة. وقال دودي بعد أن أدى اليمين في منصب نائب محافظ بنك إندونيسيا في مبنى المحكمة العليا يوم الأربعاء (18/4) “يستمر السوق في حسابه”.

ومع ذلك ، يعتقد دودي أن هذا لا يعني أنه لا يوجد أي جانب إيجابي. والشيء التالي الذي يجب رؤيته هو كيف ستتحرك الروبية تدريجياً.

وأوضح دودي: “مع حصولنا أيضًا على ترقية التصنيف، ستساعد زيادة درجة واحدة في درجة الاستثمار الروبية على تعزيز بعض الشيء”.

وأكد أنه لا يرى على الفور أن الروبية ستتعزز بعد ارتفاع تصنيف ديون إندونيسيا. دودي متفائل، يمكن أن يظل سعر الروبية مستقرا عند مستوى 13.700 روبية ليصل إلى 13.750 روبية، الأمر الذي يمكن أن يكون إنجازا جيدا بالنسبة للاقتصاد الإندونيسي.

بالإضافة إلى ذلك، يمكن تصنيف الديون الإندونيسية التي رفعت يرى أنها يمكن أن تقلل من تكلفة الأموال. ويرى دودي، أن هذا الترتيب مما يسهل على المدين أو الشركة المطالبة بالدين بتكلفة أقل.

وقال دودي :”بل يجب أن تكون فرصة لأي شخص لتقديم القرض   للسوق المالية العالمية”.

المترجم : أحمد شكري  |المحرر : فارس البدر | المصدر: ريفوبليكا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo mengungkapkan alasan mengapa saat ini rupiah belum menguat. Padahal belum lama ini, Lembaga Pemeringkat Moodys baru saja menaikan peringkat utang Indonesia dari Baa3 (positive outlok) menjadi Baa2 (stable outlook).

Menurutnya, rupiah belum begitu menguat karena pengaruh kondisi eksternal masih ada. Artinya, ekspektasi kenaikan The Fed fund rate tiga kali masih ada.  “Pasar terus menghitung itu,” kata Dody usai dilantik menjadi DeputiGubernur BI di Gedung Mahkamah Agung, Rabu (18/4).

Meskipun begitu,Dody menganggap hal itu bukan berarti tidak ada sisi positif yang terjadi. Hal yang harus dilihat selanjutnya yaitu bagaimana rupiah secara bertahap akan bergerak menguat.

“Dengan kita juga menerima kenaikan peringkat, kenaikan satu note di investment grade itu membantu nanti secarabertahap rupiah menguat,” jelas Dody.

Dia menegaskan, saat ini jangan langsung melihat rupiah akan menguat setelah peringkat utang Indonesia naik. Dody justru optimis, rupiah bisa tertahan stabil di level Rp 13.700 sampai Rp 13.750 yang bisa menjadi prestasi baik bagi ekonomi Indonesia.

Selain itu, peringkat utang Indonesia yangdinaikan menurutnya bisa menurunkan cost of fund. Dody menilai, peringkattersebut jelas memudahkan debitur atau perusahaan untuk mengklaim suatu utangdengan biaya lebih murah.

“Itu seharusnya menjadi kesempatan bagisiapapun untuk melakukan pinjaman tap ini untuk pasar keuangan global,” tuturDody.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: ROL

 

تعليقات
Loading...