هل تعرف أن الجزيرة الأكثر هدوء اً في آسيان تقع في إندونيسيا؟

Sudah Tahukah Anda Pulau Terdamai Se ASEAN Ini Ada Di Indonesia?

0 794

جزر رياو,  إندونسيا اليوم – بعد أن تقرأ عنوان المقال و تخمن ماهي الجزيرة  أكثر هدوءا في آسيا بالتأكيد نعني بالي ،فلترم هذه الفكرة بعيدا  لأن هذه الجزيرة التي تعد أكثر هدوءا في اسيا  تبعد 2500 كم من جزيرة بالي.

هل تعرف أين موقع هذه  الجزيرة؟ تقع الجزيرة في جزر رياو. وبالتحديد في طرف جزيرة سوجي ، حيث منتجعات تيلوناس .  ففي داخلها  شاطئ  تيلوناس مع اجزيرة الخاصة  تلوناس الصغيرة. يقع المنتجع في منطقة معزولة من  الضوضاء ، وتحيط به غابات المانغروف الخضراء والبحر الأزرق. وهي مناسبة لأولئك الذين يحتاجون إلى عطلات نهاية الأسبوع من المتاعب وصخب الحياة في العاصمة.

قد يهمك : بالي تحتل المرتبة الرابعة في الوجهة أكثر شهرة في العالم

بنيت شاطئ تيلوناس  في عام 2004 و تشبه منازله التقليدية المصنوعة من الخشب التي تقع على الشاطئ عادة ويستخدمه الصيادون المحيطة وهم يسموها “كيلونج” (kelong). معظم المنتجع تبنى فوق الماء و كل غرفة منفصلة  بأسقف من القش مثل الكوخ ، مواصلة كل غرفة بالخشب لتي هي بمثابة الطريق مع المنطقة لتناول الطعام المشتركة والميناء على رصيف.

قد يهمك : قانون بانجسامورو يفضل أن يسلط الضوء عليه للإقرار بعد تحول الحكومة إلى الفيدرالية

والغرفة الموجودة في الشاطئ  تيلوناس على الرغم من أنها تبدو صغيرة من الخارج ولكنها في الحقيقة واسعة  لأنها بنيت لتكون قادرة على استيعاب عائلات أو مجموعات من الأصدقاء صغيرة، مع سرير بحجم كوين الذي يتميزبشرفة وزاوية صغيرة مع فراش متدرج . والمثير للدهشة هو الحمام الذي صنع بهندسة حديثة إلى حدما ، مبلطة ومجهزة بالماء الساخن. ليس ذلك فحسب ، كما أنها جهزت الغرفة بالأرجوحة  للاسترخاء – فهي مناسبة جدا للاستمتاع بأجواء غروب الشمس.

و منتجعات  تياوناس تهتم بامحافظة البيئة فلا تستخدم تكييف الهواء في كل غرفة ، ولكن استخدام مروحة ووضع الغرفة فوق الماء لذلك على الرغم من أنها  تقع في المناطق المدارية رطبة جداً ولكن الجو لا يكون حرا. أدوات الاستحام وضعت في حاوية خزفية مصنوعة اليد من السكان المحلي ويتم تخزين مياه الشرب في زجاجات التي يمكن أن تستخدم مرة أخرى.

قد يهمك : مسابقة الأمير سلطان بن عبدالعزيز لحفظ القرآن الكريم والسنة النبوية تختتم فعالياتها اليوم بجاكرتا

يقع الشاطئ بجوار المنتجع ومركز الترفيه. يمكنك استئجار قوارب الكاياك ولعب الكرة الطائرة الشاطئية أو كرة الطاولة الفريدة لأنها لا تستخدم الطاولة ولكن ترامبولين صغير بديلاً  من الطاولة. وللذين يفضلون الاسترخاء ، يمكن استخدام  الأراجيح في الغرفة ، أو الجلوس على الكراسي الموجودة في شرفة غرفتك ، حتى السباحة أو العوم لمشاهدة الماء الصافي على طول الشاطئ.

المترجم : هان هان علوم الدين | المصدر : GNFI

KEPRI, Indonesiaalyoum.com- Setelah membaca judul artikel tersebut dan anda menebak bahwa pulau terdamai tersebut ada di Pulau Bali, buang jauh-jauh pikiran tersebut. Karena pulau ini berada 2.500KM jauhnya dari Pulau Bali.

Sudah bisakah anda menebak dimana Pulau Terdamai tersebut berada? Pulau tersebut berada di Kepulauan Riau. Tepatnya berada di ujung Pulau Sugi, dimana anda akan menemukan Telunas Resorts. Di dalamnya berisi Pantai Telunas beserta Pulau Private Telunas kecil yang berada di atas perairan. Resort tersebut terletak di kawasan terpencil dari ramainya kota, dikelilingi oleh hijaunya hutan mangrove dan birunya laut. Sangat cocok bagi anda yang membutuhkan weekend getaway dari hiruk-pikuk kehidupan ibu kota.

Pantai Telunas mulai dibangun pada tahun 2004 dan dibuat menyerupai rumah tradisional terbuat dari kayu yang biasanya berada di bibir pantai yang digunakan oleh nelayan sekitar yang disebut dengan kelong. Hampir keseluruhan dari resort ini dibangun di atas air -setiap ruangan atau chalet dibangun terpisah dengan atap jerami seperti pondokan, dihubungkan dengan papan kayu yang berfungsi sebagai jalan dengan sebuah area makan bersama dan pelabuhan untuk jetty.

Chalet yang ada di Pantai Telunas meskipun terlihat kecil dari luar namun dalamnya ternyata lebih luas karena dibangun untuk mampu mengakomodasi keluarga kecil atau kelompok-kelompok pertemanan, dengan sebuah kasur berukuran queen yang menghadap ke balkon dan sebuah sudut kecil dengan kasur bertingkat. Yang cukup mengejutkan adalah bagian kamar mandi yang cukup modern, berkeramik dan dilengkapi dengan air panas. Tidak hanya itu, sebagai pelengkap disediakan juga hammock – sangat cocok untuk menikmati suasana matahari terbenam.

Ternyata, Telunas Resorts memainkan peran penting dalam usaha pemeliharaan lingkungan. Resorts ini tidak menggunakan AC di setiap kamarnya, melainkan menggunakan kipas angin serta peletakan ruangan yang berada di atas air sehingga meskipun berada di wilayah tropis yang cukup lembab tetapi tidak kepanasan. Fasilitas mandipun disimpan di sebuah wadah keramik yang dibuat oleh warga lokal serta air minum disimpan dalam gelas-gelas botol yang dapat digunakan kembali serta dispenser.

Pantainya terletak tepat berdekatan dengan resort serta pusat rekreasi. Anda dapat menyewa kayak, bermain voli pantai atau pingpong meja yang unik tanpa meja melainkan trampolin kecil sebagai pengganti meja. Bagi anda yang hanya ingin bersantai, anda dapat berayun di atas hammock yang ada di kamar, atau duduk-duduk kursi yang ada di balkon kamar anda, bahkan berenang santai atau mengapung di atas air jernih sepanjang garis pantai.

Penerjemah : Han han Ulumuddin | Sumber : GNFI

Editor : Talal Syaiqi

 

تعليقات
Loading...