إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

وزارة المالية: نواجه تأخير في مرتبات المعلمين

Gaji Ribuan Guru Honorer Tertunda, Begini Penjelasan Kemenkeu

0 196

- Advertisement -

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – قال أستيرا بريمانتو –المدير العام للموازنة المالية في وزارة المالية- في مؤتمر صحفي عقد يوم الأربعاء (20/2/2019) أن الوزارة تواجه تأخير في مرتبات المعلمين الفخريين في بعض المناطق.

قال أستيرا: “نواجه الآن تأخير في تحويل مبلغ 77.7 مليار روبية إندونيسية إلى حسابات الموازنة العامة لبعض المناطق في إندونيسيا مثل ديبوك وجاوا الغربية وتينجرانج وبانتين ، ويمكن للمعلمين أن يأخذوا جزء من مرتباتهم من المساعدات التشغيلية (BOS) للمدراس التي يعملون بها”.

رُصد هذا المبلغ لدفع مرتبات المعلمين الفخريين وأيضًا للقيام ببعض الأنشطة الأخرى ، وسوف تواجه بعض المدارس هذا التأخير بدفع المرتبات من المساعدات التشغيلية (BOS) التي رصدتها الحكومة الإندونيسية لبعض المناطق.

في حين أن المناطق التي حصلت على تلك المساعدات ليست كثيرة ، هم عشرة مناطق فقط ، ويرجع ذلك أن شرط الحصول عليها هو إستيفاء متطلبات الحكومة.

قال أستيرا: “لا يمكننا صرف الموال التي خصصات للمساعدات التشغيلية لندفع مرتبات المعلمين ولكننا نشجع بقية المناطق على إستيفاء الشروط لتحصل عليها”.

المترجم : محمد علي | المصدر: وكالة تريب نيوز الإخبارية


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Guru-guru honorer harus mengalami keterlambatan pembayaran gaji dibeberapa daerah pada awal 2019.

Di antaranya yang mencuat ke publik yakni terjadi di Depok, Jawa Barat dan Tangerang, Banten.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pun buka suara soal keterlambatan pembayaran gaji guru honorer diperkirakan jumlahnya sampai ribuan orang di beberapa daerah.

“Anggaran gaji guru honorer ada APBD,” ujar Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu Astera Primanto Bhakti dalam konferensi pers APBN KITa, Jakarta, Rabu (20/2/2019).

“Tetapi ada juga yang sebagian bisa digunakan dari BOS (Bantuan Operasional Sekolah) dan memang jumlahnya ini sangat terbatas,” sambung dia.

Prima melanjutkan, Kemenkeu sudah menggelontorkan anggaran Rp 77,7 triliun anggaran transfer ke daerah.

Dana itu kata dia, bisa dimanfaatkan oleh Pemda untuk berbagai kebutuhan termasuk untuk gaji guru honorer.

Sementara itu untuk dana BOS, Prima mengakui bahwa belum semua dana BOS disalurkan.

Hingga Januari 2019, baru 10 provinsi yang dana BOS-nya sudah disalurkan.

Keberadaan dana BOS bagi guru honorer sangat penting.

Sebab selama ini, meskipun dana operasional, dana itu kerap dimanfaatkan oleh sekolah untuk membayar gaji guru honorer.

Prima mengatakan, belum semua provinsi mendapatkan dana BOS lantaran ada syarat yang harus dipenuhi.

“Hal ini terkait dengan yang disampaikan oleh Bu Menteri Keuangan, karena BOS ini kan masuk ke DAK (Dana Alokasi Khusus) Non Fisik dimana syarat penyalurannya adalah kinerja. Kalau kinerjanya belum, nah ini tentunya kami belum bisa salurkan,” ucap Prima.

Terkait persoalan ini, pemerintah pusat kata dia, akan terus mendorong agar dinas pendidikan hingga sekolah bisa patuh dan sesegera mungkin mengurus hal-hal teknis agar dana BOS bisa di segara dicairkan.

Penerjemah: Mohamed Ali | Sumber: tribunnews.com

(30)

تعليقات
Loading...
Click Me