إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

وزيرة الخارجية: إندونسيا تلتزم بالنضال من أجل استقلال فلسطين

Menlu Retno: Indonesia komitmen terhadap Kemerdekaan Palestina

0 396

 

عمان، إندونيسيا اليوم – أكد وزيرة الخارجية الإندونيسي ريتنو مارسودي عن التزام إندونيسيا بالنضال من أجل استقلال فلسطين، جاء ذلك خلال اللقاء مع العاهل الأردني الملك عبد الله الثاني بن الحسين الذي عقد في قصر الحسينية بمدينة عمان، يوم الخميس (10/5/2017).

 

وأفادت اوكي زون نيوز أن وزيرة الخارجية بحث مع العاهل الأردني الملك عبد الله آخر التطورات الإقليمية، خاصة التحديات التي يواجهها المسلمون.

 

وقالت ريتنو “إن التحديات التي يواجهها المسلمون اليوم تطلب التوحد والعمل معا من البلدان الإسلامية للتغلب عليها،” حسب البيان الصادرة من وزارة الشؤون الخارجية.

 

وعند مناقشة التحديات التي يواجهها المسلمون حاليا، أصبح الإرهاب والتطرف آفة، كما أصبح ذلك جدول أعمال المناقشة بين وزير الخارجية والملك عبد الله، وكذلك قضية مراوي على حد سواء.

 

وفيما يتعلق بمكافحة الإرهاب، قدم ملك الأردن ردا إيجابيا على الالتزام والخطوات التي اتخذتها إندونيسيا. أعرب العاهل الأردني عن استعداد بلاده للتعاون مع إندونيسيا فيما يتعلق بتبادل المعلومات والاستخبارات وبرامج اجتثاث التطرف وبناء القدرات للموظفين المكلفين بإنفاذ القانون.

 

Amman, Indonesiaalyoum.com – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi, menyampaikan komitmen Indonesia terhadap perjuangan kemerdekaan Palestina. Hal itu disampaikan Menlu Retno saat bertemu dengan pemimpin Yordania, Raja Abdullah II bin Al-Hussein,  di Istana Al-Husseiniyah, Kota Amman.

Seperti dikutip Okezone.com, Pada kunjungan tersebut, Menlu Retno berdialog mengenai berbagai hal dengan Raja Abdullah, khususnya mengenai tantangan yang dihadapi oleh umat islam.

“Berbagai tantangan yang dihadapi umat Islam saat ini memerlukan negara-negara Islam untuk bersatu dan bekerja sama dalam mengatasinya,” tutur Menlu Retno kepada Raja Yordania, sebagaimana rilis yang diterima dari Kementerian Luar Negeri RI, Kamis (5/10/2017).

Bila membicarakan mengenai tantangan yang saat ini dihadapi oleh umat Islam maka terorisme dan radikalisme pun menjadi momok. Hal tersebut juga menjadi agenda pembahasan antara Menlu Retno dan Raja Abdullah, isu Marawi juga menjadi bahan dialog keduanya.

Terkait penanggulangan terorisme, Raja Yordania memberikan respon positif terhadap komitmen serta langkah yang selama ini dilakukan oleh Indonesia. Pemimpin Yordania itu bahkan menyampaikan kesiapan negaranya untuk bekerjasama dengan Indonesia terkait pertukaran informasi serta intelijen, program de-radikalisasi dan peningkatan kapasitas aparat penegak hukum

 

من جانبه قال العاهل الأردني الملك عبد الله إن قضية فلسطين تحظى باهتمام أقل من المجتمع الدولي. لذا فهي تتطلب جهدا متضافرا لإعادتها إلى جدول المجتمع الدولي.

 

فيما أكدت ريتنو مجددة التزام إندونيسيا بالنضال من أجل فلسطين.

 

كما قدم وزير الخارجية دعوة الرئيس جوكو ويدودو للملك عبد الله ليحضر كمتحدث رئيسي في منتدى بالي للدمقراطية في بالي في 7-8 ديسمبير 2017. وقد منحت الدعوة إلى الملك عبد الله نظرا لدوره الهام في تعزيز التعددية والتسامح والديمقراطية.

 

والجدير بالذكر أن العلاقات الدبلوماسية الإندونيسية – الأردنية بدأت في عام 1950، حيث تم افتتاح سفارة إندونيسيا في عمان منذ عام 1985، بينما فتحت الأردن سفارتها في جاكرتا في عام 1986.

وبلغ عدد السياح الأردنيين الذين يزورن إلى إندونيسيا في عام 2016 4806 شخصا، في حين أن عدد السياح الإندونيسين الذين يزورون الأردن يصل إلى 70 ألف شخص. وحاليا يوجد 4157 إندونيسيا في الأردن.

مترجم: جيمي هينديكو

 Raja Abdullah juga menyampaikan bahwa isu Palestina semakin kurang mendapat perhatian masyarakat internasional, sehingga membutuhkan upaya bersama untuk menempatkannya kembali di agenda masyarakat internasional.

Perihal itu Menlu Rertno kembali menegaskan komitmen Indonesia dalam memperjuangkan Palestina.

Pada pertemuan itu, Menlu Retno juga menyampaikan undangan Presiden Joko Widodo untuk Raja Abdullah agar ia hadir sebagai pembicara utama di Bali Democracy Forum, di Bali 7-8 Desember 2017. Undangan tersebut diberikan kepada Raja Abdullah mengingat perannya yang dipandang penting dalam dalam memajukan pluralisme, toleransi dan demokrasi.

Sekadar informasi, hubungan diplomatik Indonesia-Yordania dimulai pada 1950. Kedutaan besar Indonesia di Amman, Yordania dibuka sejak 1985 sementara Yordania membuka kedutaannya di Jakarta pada November 1986. Jumlah wisatawan Yordania yang berkunjung ke Indonesia pada 2016 tercatat 4.806 orang. Sedangkan jumlah WNI yang berkunjung ke Yordania pada 2016 sebanyak 70 ribu orang. Saat ini ada 4.157 WNI di Yordania. (Okezone/Jemmy)

 

 

تعليقات
Loading...
Click Me