إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

وزيرة خارجية إندونيسيا تؤكد الحاجة إلى تنفيذ ملموس للشراكة الاستراتيجية الشاملة بين إندونيسيا والصين

Menlu RI Tegaskan Perlunya Implementasi Konkret Kemitraan

- الإعلانات -

0 126

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  ويمثل هذا العام السنة الخامسة للشراكة الاستراتيجية بين إندونيسيا والصين. وفي الاجتماع الثالث بين اندونيسيا والصين “اللجنة المشتركة للتعاون الثنائي” الذي عقد في بكين، في 9 فبراير 2018، تشجع وزيرة الشؤون الخارجية التنفيذ الملموس للشراكة الاستراتيجية في مختلف المجالات، خاصة التعاون الاقتصادي والاستثمار والتجارة، فضلا عن البنية التحتية، بما فيه برنامج تطوير أربع مناطق متكاملة.

وأضافت وزيرة الخارجية الإندونيسية أن الاجتماع مهم فى محاولة لتقييم التقدم والعقبات فى التعاون بين البلدين. وخلال اللقاء، تشجع وزيرة الخارجية مواصلة بذل المزيد من الجهود المشتركة بين اندونيسيا والصين لضمان تنفيذ خطة العمل 2017 – 2021 من الشراكة الاستراتيجية الشاملة بين جمهورية إندونيسية وجميهورية الصين الشعبية.

ومن القضايا الهامة التي أثارتها وزيرة الخارجية الإندونيسية في هذا الاجتماع هي ضرورة بذل جهود مشتركة لتحسين الميزان التجاري لكلا البلدين. وتشجع وزيرة الخارجية الإندونيسية مواصلة تعزيز جهود التجارة الثنائية بين البلدين، بما في ذلك زيادة صادرات زيت النخيل، وقود الديزل الحيوي، والكاكاو، والقهوة إلى الصين، وكذلك لإعادة إنشاء مجموعة عمل مشتركة بين إندونيسيا والصين في مجال زيت النخيل. وعلاوة على ذلك متابعة رؤية اندونيسيا لتصبح مركزا للتجارة الإلكترونية في جنوب شرق آسيا، وتشجع وزيرة الخارجية أيضا زيادة التعاون في مجال الاقتصاد الرقمي.

وبالنسبة لإندونيسيا، تعد الصين أكبر شريك تجاري بقيمة تجارية تزيد عن 52,7 مليار دولار أمريكي (يناير – نوفمبر 2017). بينما في مجال الاستثمار، فإن الصين هي ثالث أكبر مستثمر أجنبي، بقيمة إجمالية تبلغ 3.4 مليار دولار أمريكي. وفى العام الماضى، وصل عدد السياح من الصين إلى ما يقرب من 2 مليون شخص، فى المرتبة الاولى لعدد السياح الأجانب إلى اندونيسيا.

وبالاضافة إلى مناقشة التعاون الاقتصادى، بحث وزيرا الخارجية أيضا مختلف القضايا الاقليمية والعالمية. وذكرت وزيرة الخارجية الاندونيسية أن اندونيسيا والصين هما الدولتان الرئيسيتان فى المنطقة من حيث المنطقة والسكان والاقتصاد. إن العلاقات بين إندونيسيا والصين مهمة، ليست فقط على الصعيد الثنائي بل أيضا للمنطقة والعالم. ولذلك، اتفق الوزيران على مواصلة تطوير مجموعة متنوعة من فرص جديدة للتعاون، وخاصة في ضوء القضايا الأمنية التي لديها امكانيات في زعزعة الاستقرار في المنطقة والعالم.

وفي هذا الصدد، أكدت وزيرة الخارجية الإندونيسية الأفكار حول مفهوم المحيطين الهندي والهادئ الشامل والمفتوح والشفاف كجزء من محاولات لتحقيق الأمن والازدهار في المحيط الهندي والمحيط الهادئ.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: فارس البدر | المصدر:  الوزارة الخارجية

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Strategis Komprehensif Indonesia – Tiongkok. Tahun ini menandai lima tahun Kemitraan Strategis Indonesia – Tiongkok. Dalam pertemuan ke-3 Indonesia – China Joint Commission for Bilateral Cooperation yang diadakan di Beijing, tanggal 9 Februari 2018, Menlu RI mendorong implementasi konkret Kemitraan Strategis Komprehensif  di berbagai bidang khususnya kerja sama ekonomi, investasi dan perdagangan, serta infrastruktur, termasuk program pembangunan empat kawasan terpadu.

Pada bagian lain, Menlu RI juga menambahkan bahwa pertemuan ini penting sebagai upaya untuk mengevaluasi berbagai kemajuan dan hambatan dalam kerja sama kedua negara. Dalam pertemuan tersebut, Menlu RI mendorong agar Indonesia dan RRT terus meningkatkan upaya bersama untuk memastikan implementasi Plan of Action 2017 – 2021 Kemitraan Strategis Komprehensif RI – RRT.

Salah satu isu penting yang diangkat oleh Menlu RI dalam pertemuan ini adalah perlunya upaya bersama untuk memperbaiki neraca perdagangan kedua negara. Menlu RI mendorong agar kedua negara terus memperkuat upaya perdagangan dua arah, termasuk peningkatan ekspor minyak sawit, biodiesel, cokelat, dan kopi ke RRT, serta untuk dibentuknya kembali sebuah Kelompok Kerja Bersama RI-RRT di bidang minyak sawit. Selanjutnya menindaklanuti visi Indonesia untuk menjadi e-commerce hub di Asia Tenggara, Menlu RI juga mendorong peningkatan kerja sama di bidang digital economy.

Bagi Indonesia, RRT adalah mitra dagang terbesar dengan nilai perdagangan mencapai lebih dari USD 52,7 miliar (Januari-November 2017). Sementara di bidang investasi, RRT adalah investor asing terbesar ke-3, dengan nilai investasi total USD 3,4 miliar. Tahun lalu, wisatawan asal RRT juga mencapai hampir 2 juta orang, menempati peringkat pertama jumlah wisatawan asing ke Indonesia.

Selain membahas kerja sama ekonomi, kedua Menlu juga membahas berbagai isu regional dan global. Menlu RI menyampaikan bahwa Indonesia dan RRT merupakan dua negara besar di kawasan, baik dari sisi wilayah, penduduk maupun ekonomi. Hubungan RI dan RRT sangatlah penting, bukan saja secara bilateral, namun juga bagi kawasan dan dunia. Karena itu, kedua Menlu sepakat untuk terus mengembangkan berbagai peluang kerja sama yang baru, terlebih mengingat masih adanya isu-isu keamanan yang berpotensi untuk mengganggu stabilitas kawasan dan dunia.

Terkait hal ini, Menlu RI kembali menyampaikan pemikiran mengenai konsep Indo-Pasifik yang bersifat inklusif, terbuka dan transparan sebagai bagian dari upaya untuk menciptakan keamanan dan kesejahteraan di lingkar Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Translated by: Lalu Abdul Razzak | Editor: Fares alBadr | Source:   Kemlu

 

(8)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

تعليقات
Loading...
Click Me